Sender Reputation, Sebuah Gambaran atas Kualitas di Mata Pelanggan

Sender Reputation, Gambaran Kualitas Pelanggan

Jobnas.com – Dalam dunia pemasaran email, reputasi pengirim adalah metrik yang digunakan pemasar untuk menggambarkan kualitas kampanye mereka. Untuk memperhitungkan nilai setiap kampanye pemasaran email, reputasi pengirim adalah prioritas yang harus dipertahankan pemasar. Jadi apa sebenarnya reputasi pengirim, dan faktor apa yang mempengaruhinya? Jangan khawatir. Baca selengkapnya artikel ini kamu pasti akan menemukan jawabannya.

Definisi Reputasi Pengirim Dipinjam dari Mailtrap, Reputasi Pengirim adalah kumpulan skor yang diberikan kepada pengirim email berdasarkan kualitas, frekuensi, ukuran, dan keterlibatan pengguna dalam kampanye pemasaran. Umumnya, hasil benchmark ini menentukan apakah penyedia layanan email mengirimkan kampanye email pengirim ke kotak masuk pengguna.

Namun, dalam praktiknya, tidak ada metrik tunggal yang mengukur reputasi pengirim. Sebenarnya, memilih layanan pemasaran email yang andal membebaskan perusahaan dari tanggung jawab untuk menjaga reputasi pengirim.

Namun, menurut beberapa sumber, reputasi pengirim adalah hasil dari kombinasi skor reputasi IP perusahaan dengan domainnya. Setiap penyedia layanan email (ESP) menawarkan satu set alamat IP yang digunakan untuk mengirim email.

IP pribadi juga dapat dibeli, tetapi sebagian besar alamat IP dibagikan di antara ribuan akun. Masing-masing alamat ini sekarang memiliki reputasi tertentu di Internet dan memberitahu server email apakah akan mempercayai email dari sumber ini.

Nilai Reputasi IP atau Skor Pengirim dievaluasi berdasarkan jumlah keluhan yang diterima pelanggan terkait email perusahaan. Server biasanya menganggap reputasi IP mereka dengan sangat serius, dan 83% pengiriman email yang gagal dapat dikaitkan dengan reputasi IP yang buruk. Reputasi IP juga erat kaitannya dengan reputasi domain suatu perusahaan.

Bahkan jika pemasar menggunakan IP terbukti dari ESP terbaik, itu tidak akan berhasil jika domain perusahaan terkenal. Demikian pula, riwayat pengiriman yang baik di belakang domain tidak menjamin hasil yang memuaskan. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Reputasi Pengirim. Reputasi pengirim tidak terbentuk dalam waktu singkat. Sebelum bisnis menyadari nilai reputasi pengirim, Penyedia Layanan Internet (ISP) mengevaluasi beberapa faktor dari kampanye pemasaran email mereka.

Faktor-faktor apa saja yang kira-kira mempengaruhi reputasi pengirim menurut Sendpulse, yaitu:

Interaksi Pengguna

Interaksi pengguna dengan email pengirim menunjukkan betapa berharganya kampanye perusahaan bagi audiensnya. Tingkat pembukaan, penerusan, dan pembagian yang tinggi di media sosial menunjukkan bahwa orang lebih menyukai email dari bisnis. Di sisi lain, tingkat buka yang rendah dan jumlah berbagi menunjukkan bahwa pelanggan mungkin dengan sengaja mengabaikan email perusahaan Anda dan kemudian menghapusnya.

Volume dan Frekuensi Email

Faktor utama yang mempengaruhi skor reputasi pengirim adalah volume atau frekuensi email. Oleh karena itu, penting untuk melacak berapa banyak email yang dikirim perusahaan setiap kali kampanye pemasaran dijalankan.

Jika alamat IP perusahaan baru, reputasi pengirim biasanya masih relatif rendah. Dalam hal ini, jika sebuah perusahaan mengirimkan banyak email, ISP kemungkinan akan menganggap inisiatif tersebut mencurigakan dan memasukkan email perusahaan tersebut ke daftar hitam.

Bounces

Faktor berikutnya yang mempengaruhi reputasi pengirim adalah bouncing. Soft bounce adalah masalah sementara yang tidak terkait dengan tindakan pengirim. Namun, pantulan keras menunjukkan bahwa pengirim memiliki alamat email kosong di milis mereka, yang berdampak negatif pada reputasi pengirim.

Keluhan terkait spamming

Berikutnya merupakan analisis mendalam tentang jumlah keluhan pelanggan terkait spamming. Pengukuran ini menghitung email yg ditandai pelanggan menjadi spam. Tahukah kamu? Bahwa email yg masuk ke kotak spam merupakan galat satu skenario terburuk pada email marketing?

Mengapa reputasi pengirim penting?

Salah satu aspek yang harus diprioritaskan pemasar adalah reputasi pengirim. Kenapa begitu? Reputasi pengirim memiliki manfaat lain dan lebih dari sekadar ukuran keberhasilan kampanye pemasaran perusahaan.

Jadi apa manfaat reputasi pengirim yang begitu penting bagi pemasar?

  1. Meningkatkan pendapatan situs web
  2. Meningkatkan lalu lintas situs web dan kampanye pemasaran email
  3. Melindungi penerima email dari risiko penipuan
  4. Meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan
  5. Kemampuan mengomunikasikan detail pelanggan dan transaksi bisnis
  6. Kemampuan membangun kesadaran merek yang sangat baik

Itu beliau serba-serbi Sender Reputation yg sudah Jobnas.com rangkum spesifik buat kamu. Singkatnya, sender reputation merupakan sebuah aspek krusial yg bisa dipakai menjadi tolak ukur keberhasilan email marketing perusahaan.

Jika marketer bisa menjaga kualitas sender reputation perusahaan, dijamin kampanye pemasaran email mereka akan berakibat output yg baik. Bagaimana?

Baca juga: Metode Lihai Dalam Memilih Warna Ketika Mendesain

Masih bertanya-tanya menggunakan ilmu lainnya seputar global pemasaran? Pada kelas kategori marketing, para profesional & ahli pemasaran siap menunjukkan ilmu dan pengalaman mereka untukmu. Maka berdasarkan itu, jangan hingga ketinggalan, ya. Yuk, daftarkan akunmu pada Jobnas.com sekarang!

0
31