Melakukan Mock Interview Bisa Membuatmu PD Saat Wawancara

Google News
Mock Interview Bisa Membuatmu PD Saat Wawancara
Mock Interview Bisa Membuatmu PD Saat Wawancara

Jobnas.com – Wawancara kerja bisa jadi sulit dan membuat stres bagi para lulusan baru Fresh graduate. Dengan Mock Interview terlebih dahulu akan mempersiapkan para lulusan baru untuk wawancara kerja yang penting.

Sebutlah Wawancara tiruan Mock Interview, seperti namanya, sebuah latihan dalam proses melakukan wawancara. Dengan melakukan wawancara tiruan dengan para ahli bisa membantu pencari kerja menjawab pertanyaan dengan percaya diri.

Selain itu, ada berbagai keuntungan lain dari mencoba hal yang satu ini. Kalian bisa temukan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Wawancara Tiruan?

Wawancara tiruan adalah semacam praktik wawancara yang dilakukan pra wawancara kerja. Apa yang membedakan wawancara tiruan dari wawancara praktik lainnya? jelas, kalian bisa mengundang orang yang ahli untuk berlatih.

Dalam wawancara tiruan, biasanya konselor karir profesional yang menemani kalian ke wawancara. Wawancara tiruan bisa membantu kalian menjawab pertanyaan sulit yang sering diajukan perekrut. Misalnya, pertanyaan tentang kekuatan dan kelemahan atau mengapa kalian melamar ke perusahaan.

Oleh karena itu, wawancara tiruan bisa dibilang sebagai cara yang berguna untuk mempersiapkan wawancara kerja yang sebenarnya. Alasannya, ketika melakukan muck interview saya merasakan suasana yang sama dengan wawancara kerja yang sebenarnya. Konsultan karir biasanya menanyakan pertanyaan yang sama dengan perekrut.

Oleh karena itu, sebelum memulai wawancara tiruan, perlu mempersiapkan berbagai informasi yang diperlukan. Misalnya, untuk mencari tahu informasi rinci tentang posisi atau perusahaan yang akan kalian lamar.

Sangat membantu bagi kalian penasihat karir untuk mengajukan pertanyaan rinci tentang pekerjaan atau perusahaan yang kalian lamar.

Keuntungan Wawancara Tiruan

Melakukan wawancara palsu memiliki beberapa keuntungan: Yang Pertama, Tingkatkan keterampilan berbicara Anda di depan perekrut.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi banyak kandidat saat wawancara adalah kesulitan menjawab pertanyaan dari manajer perekrutan. Jika kalian memiliki pengalaman serupa, kalian mungkin ingin mencoba wawancara tiruan.

Berlatih wawancara kerja dengan para profesional adalah cara yang bagus untuk melatih keterampilan berbicara kalian. Yaitu di sana diajarkan untuk melatih nada suara saat menjawab pertanyaan agar tidak gugup di depan perekrut yang digambarkan sebagai proses mengirim dan menerima pesan tanpa menggunakannya.

Baca juga: Harus Menghadiri Wawancara Kelompok? Ikuti Tips Suksesnya di Sini!

Kedua, kalian akan dilatih untuk mengetahui bagaimana cara komunikasi non-verbal, yang disebut dengan komunikasi non-verbal ialah ekspresi wajah, gerak tubuh dan sentuhan.

Dalam sebuah wawancara, perekrut tidak hanya menilai kelancaran tanggapan kita. Tapi mereka juga memperhatikan ekspresi wajah dan gerakan tubuh kita. Ini membuat perekrut tahu jika kami gugup atau tidak serius melakukan wawancara.

Biasanya  dalam melakukan wawancara tiruan sebelum melakukan wawancara asli Pertanyaan yang diajukan oleh penasihat karir biasanya serupa dengan yang ditanyakan oleh perekrut. Dengan mengetahui contoh pertanyaan yang mungkin diajukan perekrut pasti akan meningkatkan kepercayaan diri kalian saat melakukan wawancara kerja yang sebenarnya.

Baca juga: Kunci Menghadapi Wawancara Kerja untuk Posisi Marketing

Apa yang Harus Dipersiapkan Saat melakukan wawancara tiruan, kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk melakukan wawancara yang sebenarnya. Pada wawancara yang sesungguhnya ada hal penting yang perlu kalian persiapkan di antaranya:

  1. Pakaian dinilai bahkan dalam wawancara tiruan.
  2. Bawa Resume Anda dan Dokumen Lain yang Diperlukan
  3. Jawab Pertanyaan dengan Hati-hati
  4. Merekam seluruh wawancara tiruan

Deskripsi Wawancara Tiruan

Wawancara tiruan adalah cara untuk mempersiapkan diri sebelum menghadiri wawancara kerja yang sesungguhnya. Prlu dicatat dan Jangan sampai lupa bahwa wawancara menentukan yang akan menentukan apakah kalian mendapatkan pekerjaan itu atau tidak.

Baca juga: Mengungkap Rahasia-rahasia Penting saat Melakukan Wawancara

Jika kalian saat melakukan interview atau wawancara tidak serius, maka jelas kalian tidak akan dilirik oleh sang prekrut kerja. alasan mengapa di saat melakukan wawancara harus dengan persiapan yang sangat matang, jawabannya simple. Supaya kalian bisa diterima saat melamar suatu pekerjaan.

Jika kalian sudah mengetahui ini, maka mulai dari jauh hari kalian bisa mempersiapkan segala kebutuhan-kebutuhan penting pra wawancara dimulai. Untuk mengetahui cara-cara lain atau rahasia lain saat melakukan wawancara kalian bisa ikuti dan baca terus artikel-artikel Jobnas. Kalian bisa memulai dan membacanya kapan saja dan di mana saja.