Perhatikan 7 Hal Ini, Apabila Ingin Menulis Surat Rekomendasi Kerja untuk Temanmu

Menulis Surat Rekomendasi Kerja

Jobnas.com – Dalam Dunia Kerja, mungkin di suatu waktu kamu akan menemukan seorang teman yang memintamu untuk memberikan surat rekomendasi kerja secara pribadi untuknya. Tentu saja, hal ini sangat berbeda dengan  surat rekomendasi kerja yang diturunkan oleh mantan atasan.  Surat rekomendasi ini merupakan surat dari seseorang yang kamu kenal secara pribadi. 

Lantas, bagaimana sih cara membuatnya ? Nah, di artikel ini Jobnas.com akan memberikan tujuh tipsnya untuk kamu. Yuk, simak sampai tuntas!

1. Perhatikan Syarat dan Kualifikasi dari Pekerjaan yang Akan Dilamar

Syarat dan kualifikasi dari pekerjaan yang akan dilamar oleh temanmu merupakan hal pertama yang perlu kamu ketahui sebelum Menulis Surat Rekomendasi Kerja untuk teman kamu. Tentu saja, kamu harus mencoba berdiskusi dengan temanmu terlebih dahulu, sebelum menulisnya. Cari tahu informasi selengkap-lengkapnya mengenai pekerjaan yang akan ia lamar.

Baca Juga: Process Mining, Pengertian, Jenis, Manfaat, dan 7 Contoh Penggunaannya

2. Tanyakan Temanmu Mengenai Tujuan Karirnya

Bicarakan dengan temanmu tentang tujuan dan rencana kariernya sebelum menulis surat rekomendasi. Kamu bisa menanyakan ihwal rencana karirnya hingga  5 atau 10 tahun ke depan serta apa yang ingin dicapai selama kariernya.

Cari tahu bagaimana posisi baru ini akan membantunya mencapai tujuan tersebut. Seperti menanyakan  apakah ada potensi yang kuat untuk kariernya dan apakah ia tertarik untuk mengembangkan karier di perusahan tersebut. 

Untuk menyusun surat rekomendasi, kamu bisa menggunakan informasi ini dan informasi yang telah kamu ketahui tentang kualifikasinya.

3. Patuhi Aturan yang Diberikan Oleh Rekruter

Saat melakukan rekrutmen, setiap perusahaan tentu memiliki aturan tersendiri. Hal ini termasuk aturan yang berhubungan dengan surat rekomendasi. Kamu bisa menanyakan sama temanmu tentang ketentuan yang disyaratkan di tempat kerja yang dilamar. Kemudian, kamu bisa menulis surat rekomendasi tersebut apabila sudah mengetahui ketentuan yang sudah diberikan. 

4. Sebutkan Latar Belakang Hubunganmu dengan Temanmu

Menulis latar belakang hubunganmu dan temanmu bisa kamu tulis di awal surat. Menurut Indeed, informasi  ini akan berguna untuk membantu recruiter memahami kualifikasimu sebagai pemberi rekomendasi.

Kamu bisa menjelaskan berapa lama kalian sudah saling mengenal, bagaimana kalian bertemu, dan situasi di mana hubungan kalian berkembang secara singkat. Tidak perlu kamu menyebutkan detail tentang bagaimana kalian bertemu. Kamu dapat dengan mengatakan bahwa kamu telah mengenal temanmu secara pribadi selama sekian tahun.

5. Sebutkan Contoh Skills dan Kualifikasi

Melansir The Balance Career, hal lain yang harus dituliskan dalam surat rekomendasi kerja untuk teman kamu  adalah skills kualifikasi yang dimiliki oleh temanmu. Kamu bisa mencoba menggunakan contoh yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar orang tersebut. Dengan menyebutkan acara atau lara, kamu bisa menjelaskan situasinya, kemudian identifikasi peran yang diberikan temanmu. 

Di samping itu, kamu juga dapat menyoroti keterampilan dan kualitas yang dimiliki temanmu saat dihadapkan pada situasi tersebut. Informasi ini akan memberikan gambaran bagaimana kemampuan temanmu saat bekerja nanti.

6. Fokus pada Perkembangan Karier Temanmu

Kamu bisa merangkai surat referensi mu untuk menyoroti perkembangan karir temanmu. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah memulainya dengan menjelaskan situasi teman kamu saat pertama kali bertemu.

Setelah itu, untuk meningkatkan keterampilan dan mendapatkan pengalaman selama berhubungan denganmu,  jelaskan berbagai langkah yang diambil teman kamu. Contohnya, untuk mengembangkan karirnya kamu bisa menyebut sertifikasi dan gelar yang diperoleh temanmu atau kegiatan sukarela yang telah dilakukan. 

7. Sertakan Informasi Kontakmu

Kamu bisa menutup surat rekomendasi kamu dengan menyatakan kesediaanmu mendiskusikan kualifikasi temanmu lebih lanjut. Selain alamat email, kamu bisa memberikan nomor telepon yang dapat dihubungi. Langkah tersebut tentu saja akan memberi kesan bahwa rekruter mengajukan pertanyaan kepadamu tentang temanmu sebagai pemberi rekomendasi kerja.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Jenis-jenis Hoax, Tips Menghidari Hoax, dan Dampaknya pada Karier

Itulah penjelasan Jobnas.com mengenai tujuh hal yang perlu kamu ketahui sebelum menulis surat rekomendasi kerja untuk teman kamu. Hal yang perlu kamu ingat adalah bahwa memberikan rekomendasi kepada temanmu juga berarti mempertaruhkan reputasimu.

Dengan demikian, kamu harus berhati-hati saat memberikan rekomendasi kerja untuk temanmu. Apabila kamu yakin dengan kemampuan temanmu tersebut, maka kamu dapat memberikan surat rekomendasi kerja kepadanya. 

0
28