Meninggalkan Kesalahan Demi Meningkatkan Karir

Meninggalkan Kesalahan Demi Meningkatkan Karir

Ketika kita bekerja tanpa disadari kita pernah melakukan kesalahan. Padahal kesalahan itu bukan dari kemauan kita pribadi. Hal seperti itu adalah perilaku wajar, pasti semua orang pernah mengalaminya. Akan tetapi ketika seringkali kita mengulanginya maka dampak dari perilaku kesalahan kita akan berdampak negatif terhadap karir kita.

Untuk menanggulanginya supaya tidak terus terusan terjadi kepada kita. Bisa melakukannya dan menghindarinya dengan cara memperhatikan dan mempertimbangkan sesuatu sebelum bertindak. Karena pada dasarnya apabila sering kali kita melakukan kesalahan dalam bekerja. Karier kita akan mendeg atau tidak akan berkembang.

Adapun kesalahan yang wajib kalian tinggalkan bisa terjadi karena kalian sering terlalu menghindari resiko. Setiap kali kita sering lalai terhadap resiko maka kita akan selalu merasa nyaman tanpa ada beban sedikit pun. Menghindari resiko betul tidak salah. akan tetapi jika sering kali enggan mengambil resiko dengan senak-enaknya maka sebuah kesalahan besar bagi seorang pekerja dan harus meninggalkannya.

Mengapa saya katakan begitu? Bisa dibayangkan apabila suatu resiko terlalu sering dihindari maka dengan pasti kita akan terjebak pada zona nyaman. Akibat dari zona nyaman itu kalian tidak akan berkembang. Caranya kalian harus mencoba berani mengambil sejumlah resiko dalam bekerja. Misalkan ketika bos kalian menawarkan pekerjaan yang agak sulit maka kalian harus mencoba memberanikan diri menerimanya. Dengan percobaan itu kalian bisa mengembangkan karir kalian sebaik dan semaksimal mungkin.

Kesalahan ke dua dalam bekerja sering terjadi ketika kalian tidak mau belajar perihal ilmu atau pengalaman baru. Sangat salah ketika kalian terus-terusan merasa nyaman dengan pekerjaan yang sudah ada sehingga tidak mau mengambil pekerjaan lain. Sangat disayangkan kembali  ketika kita tidak mau belajar perihal ilmu baru, karena kesempatan sering kali datang dan biasanya tidak datang dua kali. Dengan begitu konsekuensi yang harus diterima ketika sudah ada kesempatan maka kalian tidak ada peluang untuk mengerjakannya. Padahal dengan ilmu baru penghasilan pun akan bertambah dari pendapatan sebelumnya.

Biasanya yang sering dihindari oleh seseorang ketika tidak mau belajar dengan ilmu mereka menganggap pekerjaan tidak sesuai dengan keahlian bakat dalam dirinya juga merasa tidak tertarik akan hal itu. Tapi jika kita mempelajarinya dengan sendirinya akan tahu di mana letak kekurangan dalam diri kita.

Yang harus ditinggalkan pula dalam melakukan pekerjaan adalah di sini bertitik pada “mental”. Sering kali dialami sekian banyak orang ketika melakukan pekerjaan mereka sering merasakan kepanikan yang berlebihan dan mudah stres. Dalam suatu kondisi kita akan mendapatkan tugas kerja dengan durasi waktunya sangat sedikit. Pekerjaan itu seringkali membuat kita panik dan berujung pada stres apabila tidak selesai pada waktu yang telah ditentukan.

Untuk mengatasinya sebaiknya jauh sebelum itu, kalian harus terlebih dahulu melatih diri akan menghilangkan stres. Cara ini kalian bisa langsung berkonsultasi dengan psikiater, memang cara menghilangkan kepanikan beserta kestresan ini tidak begitu mudah. Apabila kalian sering kali melatih dan konsisten datang kepada seseorang yang memang ahlinya maka hal itu akan sembuh dengan sendirinya.

Selanjutnya, pada kesalahan yang harus ditinggalkan saat bekerja di poin ini kalian harus berhenti mengabaikan koneksi yang dimiliki. Karena salah satu kunci sukses dalam berkarir adalah bisa kita dapatkan dalam koneksi yang kita miliki. Sebab relasi yang kita punya kelak akan memberikan manfaat terhadap karirmu.

Untuk selanjutnya setelah kalian tahu perihal koneksi itu penting. Kiranya ke belakang mulailah dari sekarang untuk memulai komunikasi yang baik dengan koneksimu. Misalkan kalian mulai dengan menanyakan kabar terbaru tentang mereka melalui telepon, via Whatshapp, Gmail dan semacamnya. Lalu kalian ajak mereka bertemu siapa tahu pada pertemuan itu mereka menawarkan tentang pekerjaan yang cocok dengan kemampuan yang kalian punya.

Adapun kesalahan yang terakhir kalian tidak memberanikan diri untuk menegosiasi perihal kenaikan gaji. Poin ini adalah kesalahan besar ketika kalian tidak berani menanyakan kenaikan gaji kepada bos kalian. Karena pertanyaan seputar tentang gaji tidak dianggap salah ketika kalian mencoba menanyakannya.

Sebenarnya kesalahan itu ada dalam diri kalian. Kita sering merasa sungkan dan merasa tidak sopan, tak ada salahnya ketika kalian menanyakan perihal kenaikan gaji, apalagi kamu sudah dianggap merasa performa dalam bekerja kian meningkat. Maka hal itulah yang harus ditinggalkan dan mulailah memberanikan diri dengan menegosiasinya.

Baca juga: Mengungkap Rahasia-rahasia Penting saat Melakukan Wawancara

Dalam menegosiasi kenaikan gaji tidak serta merta dilakukan dengan sembarangan. Kamu bisa melakukannya dengan memahami betul terlebih dahulu situasi dan kondisi. Setelah itu kalian harus menerangkan alasan-alasan yang sangat tepat ketika mulai bernegosiasi. Dengan begitu apabila alasan kalian diterima dan masuk akal maka tidak akan menutup kemungkinan gajimu akan bertambah.

0
630