Menguasai Algoritma dan Fitur Terbaru Instagram!

Menguasai Algoritma dan Fitur Terbaru Instagram!

Jobnas.com – Jika kalian menggunakan Instagram sebagai media sosial utama untuk periklanan dan pemasaran, memahami dan memperbarui algoritma dan itur terbarunya sangatlah penting.

Seperti jejaring sosial pada umumnya, algoritma Instagram akan terus disesuaikan dengan versi terbaru. Di tahun 2021, keadaan akan berbeda. Contohnya adalah meluncurkan fitur baru, atau setidaknya memperbarui fitur lama agar algoritma mengikuti perubahan tersebut.

Di bawah ini, kami akan menjelaskan algoritma dan fitur terbaru Instagram, yang sudah dikelompokkan berdasarkan kategori (Feed, Stories, dan explore). Yuk, lihat selengkapnya!

Algoritma Terbaru Instagram untuk Feed

Sebelumnya, feed beranda Instagram memuat unggahan dari orang-orang yang kalian ikuti secara berurutan. Karena fitur ini telah dihapus dan apa yang muncul di umpan tampak acak, menjadi cukup sulit untuk melihat pesan yang Anda inginkan.

Algoritma Instagram yang sebelumnya fokus pada beberapa hal saja, versi terbaru kini fokus pada 6 faktor, berikut penjelasannya.

1. Tepat Waktu / Time Liness

Meski fitur penyortiran postingan sudah hilang, algoritma terbaru Instagram masih memikirkan kecepatan atau kekinian. Posting yang paling baru diunggah akan selalu muncul di bagian atas feed.

Sadarilah bahwa sering, kan? Bagian atas adalah postingan baru, bagian bawah adalah beberapa jam yang lalu, jadi ada juga postingan dari beberapa hari yang lalu.

2. Hubungan / Relationship

Seberapa sering kalian berinteraksi dengan seseorang di Instagram? Kemungkinan besar, postingan mereka juga akan muncul secara rutin di feed.

3. Frekuensi / Frequency

Seberapa sering kalian membuka Instagram memengaruhi algoritma. Lebih seringnya, urutan feed kalian juga akan lebih teratur dan kronologis.

4. Pemakaian / Usage

Penggunaan atau durasi penggunaan. Semakin lama kalian menggunakan dan menjelajahi Instagram, semakin luas jangkauan postingan yang akan kalian temukan.

Padahal, terlepas dari algoritma terbaru yang dirilis oleh Instagram, sebagai pembuat konten intinya adalah kalian hanya perlu fokus untuk membuat konten yang semenarik mungkin.

Pastikan untuk memilih foto terbaik, gunakan keterangan yang menarik, dan jangan lupa memberi tag berdasarkan kategori foto yang akan membantu kalian menarik lebih banyak orang.

5. Following / Ikuti

Jika kalian banyak mengikuti, Instagram akan memilih jangkauan yang lebih luas, sehingga kalian jarang melihat orang tertentu.

Kecuali keterlibatan kalian masih cukup tinggi (seperti posting, komentar, atau hanya diberi tag di foto yang sama).

6. Kesenangan / Interest

Instagram menawarkan beberapa pilihan di Feed tergantung apakah kalian ingin memposting atau tidak. Pilihan ini ditentukan dari kebiasaan lama dan antisipasi terhadap apa yang akan kalian sukai.

Misalnya, kalian mengikuti akun Instagram “The Dodo” dengan konten binatang. Karena kalian sering mengklik tombol suka lalu mengomentari atau membagikan postingan The Dodo, kemungkinan besar kalian akan melihat lebih banyak postingannya di feed kalian.

Algoritma Instagram untuk Cerita

Algoritma Instagram Stories terbaru lebih berfokus pada kecepatan dan hubungan. Kalian akan sering melihat cerita terbaru dari akun yang paling sering berinteraksi dengan kalian, diikuti oleh cerita lainnya.

Karena itu, penting untuk terus memperbarui cerita dan berinteraksi dengan pengikut kalian. Metode? Misalnya, beberapa pengikut Anda mengomentari postingan terakhir Anda atau mungkin membalas utas Cerita Anda. Usahakan untuk selalu merespon agar engagement tinggi dan mereka lebih sering melihat Anda.

Baca juga: Supaya Videomu Dilihat Banyak Orang, Pelajari Rahasia Algoritma YouTube

Algoritma Instagram untuk Halaman Penemuan

Bagian dari Instagram yang terus berkembang adalah halaman Explore. Selalu miliki versi terbaru dari algoritma fitur Instagram ini. Sekarang kalian dapat melihat rangkaian postingan dengan tagar serupa, atau bahkan memilih kategori dari kolom Pencarian.

Ingin foto atau video kalian muncul di halaman Jelajahi? Caranya ternyata sangat mudah. Yang harus kalian lakukan adalah memastikan kalian membuat konten yang paling relevan, menggunakan teks yang paling menarik, lalu memilih tagar yang umum dan sesuai.

Ceruk yang disebutkan di sini adalah tagar khusus, sehingga menargetkan orang-orang yang secara khusus mencarinya.

Algoritma Instagram untuk IGTV dan Reels

Algoritme baru untuk fitur Instagram IGTV dan Reels sebenarnya kurang lebih sama dengan algoritma untuk Streams. Konten umumnya akan diprioritaskan berdasarkan akun dan jenis postingan yang Anda sukai atau jelajahi lebih dalam.

Sejauh ini, belum lagi tingkat perayapan, penayangan, dan keterlibatan pelanggan sangat rendah. Untuk mengubahnya, salah satu tips yang dapat ditawarkan adalah “membantu” orang menemukan konten IGTV atau Reels kalian.

Metode? Saat mendownload, jangan lupa klik “post preview”. Dengan cara ini, pengikut kalian dapat dengan mudah melihat konten kalian di profil kalian dan mudah-mudahan di umpan kalian. Berikut penjelasan lengkap algoritma Instagram terbaru yang bisa memandu kalian dalam perencanaan konten untuk tahun 2021.

Baca juga: Startup Game Indonesia, dari Game Lokal Hingga Kancah Internasional

Saya harap kalian mengerti dan dapat membuat pekerjaan kalian lebih efisien di masa depan, oke?

Jika kalian menginginkan lebih banyak tip tentang media sosial dan pemasaran secara umum, kalian dapat membaca artikel Jobnas. Dan ada lagi alternatif lain yaitu kalian mendaftar di Jobnas, di sana banyak tips bermanfaat akan dikirimkan langsung ke kotak masuk kalian.

0
10380