Alasan dan Kunci Penting Magang Menuju Sukses

Kunci Penting Magang

Jobnas.com Sebagian oknum banyak yang menganggap dan bilang bahwa magang hanya saja buang-buang waktu dan tidak ada gunanya. Anggapan seperti itu sangat salah, justru magang sangat penting untuk mahasiswa dan sampai saat ini juga banyak perusahaan-perusahaan masih tetap terbuka menerima dan menawarkan kesempatan untuk para mahasiswa juga para lulusan baru untuk melakukan magang.

Adapun alasan-alasan bahwa magang atau internship itu penting dan bisa membuat kita sukses setidaknya ada lima alasan. Di antaranya:

1. Mempunyai Pengalaman

Karena pada dasarnya para perekrut kerja cenderung memilih kandidat yang sudah mempunyai pengalaman yang relevan. Dengan mempunyai pengalaman magang tentu sangat besar peluang bagi kita untuk diterima kerja setelah lulus kuliah.

2. Menambah Relasi

Dengan bertambahnya relasi secara tidak sadar kita akan menemukan orang baru dari berbagai macam latar belakang. Di saat kita melakukan intrenship atau magang kita akan bertemu dengan orang baru dan kita tidak tahu siapa orang baru yang kita temui. bisa saja kita bertemu dengan orang yang akan menawarkan pekerjaan full-time dan lain semacamnya. Bisa juga secara tidak sadar kita bertemu dengan orang yang bisa menjadi mentor atau bahkan calon co-founder start-up sukses kaya lazada yang sangat mendukung bagi kita.

Dengan banyaknya relasi pula sewaktu-waktu kita bisa jadi dibutuhkan dan akan membutuhkan orang yang mempunyai profesi yang sama dengan kita. Dan kita bisa temukan jalan itu dengan melakukan magang. Itulah alasan mengapa magang dianggap begitu penting.

3. Menguasai keterampilan baru

Sebenarnya banyak sekali jalan agar kita memperoleh keterampilan baru. Salah satu peluang untuk bisa mengaplisakan keterampilan kita yang sudah diperoleh bisa ditemukan saat kita melakukan magang. Misal pada suatu kesempatan Bos kita menawarkan pekerjaan kepada karyawannya perihal editing video. Dengan mempunyai skil atau keterampilan di bidang itu yang kita miliki justru akan membuka jalan pekerjaan baru.

4. Pengalaman Magang

Dengan modal pengalaman pernah melakukan magang kita akan mudah mendapatkan pekerjaan dan menambah penghasilan yang lebih besar. Dengan magang kita akan mempunyai nilai plus karena di CV pekerjaan yang kita setorkan dengan menyertakan pengalaman-pengalaman yang pernah kita jalani sangat besar peluang untuk kita mudah diterima saat melamar pekerjaan. Karena magang termasuk pada pengalaman profesional dan tak heran jika orang yang pernah melakukan magang jauh lebih gampang diterima dibandingkan dengan pencari kerja lain yang sama sekali belum pernah mempunyai pengalaman magang.

5. Mudah Beradaptasi

Biasanya ketika melakukan magang kita berada di suatu perusahaan tempat kita magang kurang lebih satu bulan penuh. Maka maksimalkanlah waktu tersebut sebaik mungkin, karena pada saat kita hendak meninggalkan tempat tersebut kita bisa meninggalkan kesan positif di mata perusahaan ketika magang. Dengan demikian sangat berpotensi kita untuk diterima setelah lulus dan menjadi pertimbangan. Sebab perusahaan tersebut sudah banyak mengetahui kompetensi dan etos kerja kita dan pasti perusahaan itu setidaknya menyimpan ketertarikan atas kerja kita. Secara otomatis kita akan menjadi pertimbangan saat hendak melamar kerja di tempat atau perusahaan tersebut.

Menurut fakta banyak perekrut kerja lebih condong menerima orang yang pernah magang di perusahaan yang pernah kita singgahi. Alasannya selain mereka sudah mengenali kinerja kita saat magang poin plusnya lagi kita bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja tanpa perlu memakan banyak waktu pastinya dengan begitu kita lebih maksimal dalam mengerjakan pekerjaan apapun.

Baca juga: Beberapa Trik dan Tips Penting Magang untuk Para Mahasiswa

Memang tidak bisa kita pungkiri saat kita melakukan magang kita akan terasa sangat berat dan lain semacamnya. Maka di situlah diri kita akan dilatih untuk bersabar dalam menjalani segala hal untuk mampu mengatasinya. Maka pernyataan atas tidak pentingnya magang bisa kita bantah dan kita bisa membuktikan kepada mereka bahwa kita bisa. Mari manfaatkan waktu kita sebaik mungkin.

0
164