Beberapa Trik dan Tips Penting Magang untuk Para Mahasiswa

Google News
Trik dan Tips Penting Magang untuk Mahasiswa
Trik dan Tips Penting Magang untuk Mahasiswa

Jobnas.com Sesuai dengan banyak fakta yang pernah dialamai oleh banyak para mahasiswa sebelum mereka melakukan magang, biasanya mereka selalu merasa bingung harus memulainya dari apa dan bagaimana? Dan juga merasa akan takut salah pilih? pertanyaan-pertanyan seperti itu yang sering kali muncul di benak kita. Padahal pertanyaan seperti itu dianggap sangat mendasar.

Magang merupakan kegiatan yang sangat diimpikan oleh banyak mahasiswa di suatu perguruan tinggi.  Kita ketahui bersama bahwa pembelajaran kurang maksimal jika hanya di dalam kelas, maka dari itu, untuk memakasimalkan suatu keilmuan maka kalian harus ikut dalam kegiatan magang.  Kegiatan magang akan memberikan ilmu secara langsung seperti praktik kesehatan bagi mahasiswa kedokteran, dan praktik peradilan bagi mahasiswa hukum serta banyak jalan lainnya bagi kalian untuk melakukan magang sesuai jurusan kalian masing-masing.

Adapun cara mengatasinya kita dituntut terlebih dahulu untuk mengetahui beberapa langkah-langkah awal sebelum melakukan magang supaya kita bisa menentukan keputusan besar di jauh hari. Adapun trik dan tipsnya sebagai berikut:

1. Menentukan dan Mempertimbangkan Tujuan

Jauh hari sebelum kita melakukan magang perlu kiranya untuk terus memikirkan dan mempertimbangkan akan tujuan kita. Karena sebelumnya kitak tidak tahu mau mencoba kesempatan magang yang seperti apa?  Selain memikirkan dan mempertimbangkannnya kita juga bisa memulainya dengan membuat daftar hal-hal yang ingin dituju dan didapat saat kita melakukan magang. Jadi langkah awal kita mulailah dari sekarang untuk memikirkannya supaya kita tidak merasa terjebak.

2. Mencari Tahu tentang Industri yang Berkaitan

Bagaimana caranya supaya kita bisa tahu? Cara itu bisa kita peroleh dengan melakukan browsing terlebih dahulu. Pada tips dan trik ke dua ini jika kita lakukan di jauh hari sebelum kita melakukan magang kita akan lebih kaya mendapatkan informasi terlengkap perusahaan yang akan kita tuju. Dengan tips inilah kita akan mengetahui terlebih dahulu bagaimana pekerjaan kita dan juga kita bisa bisa mengetahui apa yang diharapkan oleh seorang intern dan juga kita akan bisa memenuhi ekspektasi yang diharapkan oleh perusahaan yang kita tuju. Karena tidak sedikit kandidat yang telah gagal dan kurang antusias, padahal mereka juga mempunyai kapasitas, pengalaman serta prestasi yang luar biasa. Setelah semaunya selesai kita ketahui, kita bisa memulai membuat CV yang menarik dan mencantumkan poin-poin hasil riset sebelumnya yang kita dapat.

Dari hasil browsing kita juga bisa mengetahui ada banyak perusahaan yang membuka kesempatan yang tentunya sesuai dengan kapasitas yang kita miliki. Sangat disayangkan jika kita melewatkan informasi bagus tersebut dengan alasan kita sendiri sangat malas untuk mencari tahu tentang info tersebut. Sedagkan pada kenyatannya info yang bagus itu kurang menyebar luas akan tetapi tidak ada salahnya jika bekerja keras terlebih dahulu mencarinya.

3. Memanfaatkan Situs Pekerjaan

Sebenarnya ada banyak sekali macam-macam situs pekerjaan dan yang terpenting kebanyakan gratis! Pada trik dan tips ini yang perlu kita ketahui sebelum melakukan magang terlebih dahulu kita memahami dunia magang terlebih dahulu, kemudian kita melakukan survey kecil-kecilan atas jenis kesempatan yang sudah tersedia. Selanjutnya, sembari memikirkan apa yang bisa membuat kita tertarik. Maka dengan tips ini kita bisa menemukan kesempatan magang sesuai dengan apa yang sudah kita impikan.

4. Career Center

Apa itu career center? Ialah pusat sistem Pendidikan dan pelatihan yang diperuntukkan pada alumni di perguruan tinggi. Sedangkan teracer center adalah studi jejak pendataan alumni yang dilakukan setelah dua tahun lulus. Pada tips yang terakhir ini, kita bisa membayangkan karir yang seperti apa dan bagaimana cara mencapainya dan yang pasti sesuai dengan pilihan kalian sendiri.

Baca juga: Definisi dan tips Menghidari Pengangguran Terselubung

Akhirnya, dari sekarang mulailah kebiasaan di atas supaya tidak terus terjebak dalam pertanyaan-pertanyaan yang mendasar. Karena pada proses itu semua siapa tahu kita akan  mendapatkan kesempatan magang yang keren. Jika sudah bisa menetukan dan mempertimbangkan tips dan trik ini kita akan dengan sendirinya kita bisa menentukan tujuan setelah hendak melaksanakan magang.