Ketahui Bahayanya Kerja dalam Ruang Ber-AC

Ketahui Bahayanya Kerja dalam Ruang Ber-AC

Jobnas.com – Air Conditioning (AC) yang dimaksudkan di sini tidak lain ialah alat pendingin ruangan, tujuannya agar penghuni ruangan dapat merasa nyaman dengan dinginnya udara yang dihembuskan. Namun, berbahaya jika kalian terlalu lama berada di ruangan ber-AC.

Mengapa demikian? Karena udara dingin yang dihasilkan berbeda dengan udara yang kalian rasakan di pegunungan. Karenanya ac terbuat dan mengandung bahan kimia yang mendinginkan udara di sekitarnya.

Keberadaannya mau tidak mau menimbulkan berbagai masalah kesehatan jika terlalu lama terpapar.

Apa bahayanya tinggal terlalu lama di ruangan ber-AC? Simak penjelasan lengkap dari Jobnas pada artikel kali ini.

Bahaya Akan Terlalu Banyak Waktu di Ruangan Ber-AC

1. Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika berada di ruang terbuka dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena sel darah putih yang bekerja melawan bakteri membutuhkan oksigen yang cukup untuk bekerja secara efektif.

Di sisi lain, jika Anda terus-menerus berada di ruangan ber-AC, tingkat oksigen dalam tubuh kalian akan menurun. Akibatnya, dapat menyebabkan kelemahan pada tubuh, membuat kalian lebih rentan terkena penyakit.

2. Pernapasan Akan Terganggu

Bahaya yang kedua bila kalian terlalu lama berada di ruangan  yang Ber-AC bisa dikatakan pemicu utama yang bisa menyebabkan kalian terkena penyakit asma.

Alasannya adalah karena AC dapat menyumbat sistem pernapasan, dari itu akan menyebabkan tenggorokan mengering dan menyebabkan rinitis, radang hidung yang disebabkan oleh virus.

Sesuai penelitian menunjukkan bahwa 35% orang yang tinggal di ruangan ber-AC mengalami obstruksi jalan napas, dibandingkan dengan 9% orang yang tinggal di gedung berventilasi alami.

3. Mata Kering

Berada di ruangan ber-AC terlalu lama juga dapat menyebabkan mata kering.

Alasan untuk ini adalah bahwa udara yang dihembuskan dari AC ruangan mengurangi kelembaban, mengeringkan mata. Suhu udara yang rendah juga mengurangi kemampuan kelenjar di mata untuk menahan air mata yang menguap.

Tidaklah mengherankan jika kalian merasa gatal atau nyeri setelah terlalu lama berada di ruangan ber-AC.

4. Sakit Kepala

Bahaya yang lain jika kalian tinggal terlalu lama di ruangan ber-AC adalah sakit kepala. Seperti pada biasanya pemicu akan terjadinya sakit kepala terjadi saat udara dingin, pembuluh darah, terutama di kepala, menyempit.

Lain dari itu, akan membuat darah sulit mengalir ke kepala, sehingga dapat menyebabkan sakit kepala.

5. Kerusakan Kulit

Bahaya Selanjutnya, dampak dari tinggal berlama-lama di ruangan ber-AC dapat merusak kulit kalian. Kulit yang terkena dingin langsung dari AC dalam waktu lama akan mengering dan kehilangan elastisitasnya. Memang, pada kenyataannya AC dapat mengurangi kadar air kulit dan selaput lendir kulit.

6. Minim Kapasitas Menghadapi Panas

Bahaya yang terakhir ketika berlama-lama berada di ruangan ber-AC adalah kemampuan kalian untuk menangani panas akan menurun.

Kulit kalian yang sering terkena udara dingin dari AC akan sulit menyerap panas. Hal ini disebabkan oleh stres atau tekanan kuat pada kulit saat berpindah dari udara dingin ke udara yang lebih hangat.

Adapun Pencegahannya Sebagai berikut

Jika kalian sudah tahu akan bahaya terlalu lama tinggal di ruangan ber-ac, tentu kalian juga harus mengetahui apa yang dapat Anda lakukan untuk menghindarinya.

Jika kalian menggunakan AC untuk keperluan pribadi, Anda dapat memeriksa filter dan kebersihannya secara berkala. Sementara itu, pekerja kantoran sering terpapar AC setiap hari, kalian dapat meninggalkan ruangan secara berkala hingga kalian merasa lebih nyaman.

Untungnya, teknologi yang kian canggih saat ini membuat AC lebih ramah akan kesehatan, jadi kalian tidak perlu terlalu khawatir tentang itu. Kalian dapat mencegahnya dengan tetap teratur keluar dari ruangan dingin ber-AC dengan mencari udara bebas supaya badan kalian tetap senantiasa bugar.

Itu dulu penjelasan tentang bahayanya berada di ruangan ber-AC terlalu lama menurut Jobnas.

Jika kalian sudah mengetahui akan bahaya hal tersebut, kalian dapat menjaga kesehatan dengan lebih baik caranya dengan selalu memeriksa kondisi AC kalian dan perbanyaklah menghabiskan waktu di luar ruangan ber-AC.

Baca juga: Jinakkan Tamu Websitemu dengan Responsive Web Design

Jika kalian merasa tertarik dengan jenis informasi seperti ini, kalian dapat membaca artikel lainnya di blog Jobnas.com. dengan mendaftarkan diri kalian terlebih dahulu.

0
34