6 Kesalahan dalam Mengatur Keuangan Pribadi

Kesalahan dalam Mengatur Keuangan Pribadi

Jobnas.com – Seringkali banyak orang yang tidak menyadari beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika sedang Mengatur Keuangan pribadi. Mungkin, hal-hal kecil yang dilakukan tidak terlihat seperti suatu hal yang berbahaya. Namun jangan salah, dampak yang akan muncul bisa merugikanmu di kemudian hari, lho. Lalu, apa kira-kira kesalahan yang lumrah dilakukan saat merencanakan budget untuk diri sendiri?

Yuk, simak selengkapnya dalam artikel Jobnas.com berikut ini.

1. Tidak Menabung untuk Dana Darurat

Kesalahan umum yang biasa dilakukan ketika mengatur keuangan pribadi adalah tidak menabung untuk dana darurat, seperti dilansir dari Forbes. Pada umumnya, seorang individu cenderung tidak menghiraukan pentingnya tabungan darurat. Mereka justru memilih untuk menyediakan biaya pengeluaran bulanan sebagai sebuah prioritas. 

Sayangnya, hal tersebut cukup berbahaya untuk keamanan finansial. Mengapa demikian? Karena risiko sakit dan hal yang tak terduga bisa saja terjadi. Karena dana darurat tidak tersedia, kita terpaksa untuk merogoh biaya bulanan dan hidup dari sisa gaji untuk sebulan ke depan. Agar terhindar dari permasalahan ini, sebaiknya tabungan dana darurat dijadikan prioritas ketika hendak mengatur keuangan pribadi. 

Baca Juga : Mau tau Cara Jualan di Tiktok? Berikut 6 Strategi Marketing yang Efektif Jangkau Pelanggan Tiktok

2. Menebak Jumlah Pengeluaran

Permasalahan menebak jumlah psetiaengeluaran tidak akan jadi permasalahan apabila kamu adalah seseorang yang menerapkan literasi keuangan setiap harinya. Namun, masih banyak orang yang menerka total pengeluaran mereka untuk kurun waktu satu bulan. Dampaknya akan sangat buruk untuk kestabilan keuangan pribadi mereka, jika hal ini terus berlanjut.

Sebaiknya kalian mulai menghitung total pengeluaran selama satu bulan untuk menangani masalah ini. Pikirkan biaya yang akan kalian keluarkan untuk keperluan penting seperti harga sewa kamar kos, biaya makan per harinya, hingga total pengeluaran untuk bensin kendaraan.

3. Tidak Melacak Pengeluaran

Tidak melacak pengeluaran sehari-hari merupakan  kesalahan yang umumnya kita lakukan saat mengatur keuangan pribadi. Menurut sebagian ahli, kamu berisiko untuk mengeluarkan uang dengan berlebihan dan menghabiskan seluruh anggaran sebelum waktunya, jika kamu tidak melacak pengeluaran. Hal ini tentu akan memiliki implikasi pada risiko yang lebih besar, seperti meminjam uang dan wajib membayar utang. Yang terpenting, saat kamu tidak tahu jumlah uang yang telah dibelanjakan, maka kalian harus bersiap-bersiap untuk menghadapi risiko kerugian yang jauh lebih besar.

4. Menghitung Anggaran Secara Terpisah

Pastikan anggaran yang dibentuk sudah kalian rundingkan bersama pasangan, apabila sudah berpasangan. Untuk mengelolanya, kamu dan pasangan harus secara terbuka mendiskusikan keadaan finansial dan bagaimana strategi terbaik. Hal ini dikarenakan kerjasama akan mencegah kalian dari risiko pengeluaran berlebihan dan tetap berpegang teguh pada anggaran keuangan bersama.

Baca Juga : Kenali Digital Gold Currency dan Kelebihannya di Dunia investasi

5. Tidak Menyediakan Dana untuk Rekreasi

Tidak menyediakan dana untuk rekreasi merupakan kesalahan lainnya yang sering terjadi. Padahal dikutip dari Kasasa, dana ini mesti disediakan agar kalian tidak perlu lagi mengambil uang dari tabungan untuk keperluan berlibur.

6. Melupakan Pengeluaran untuk Pajak

Kecenderungan melupakan total pengeluaran untuk kewajiban bayar pajak merupakan hal terakhir yang sering terjadi  saat mengatur keuangan pribadi. Banyak orang tidak menyadari dan kerap melupakan untuk menghitung jumlah biaya yang akan dikeluarkan untuk bayar pajak setiap bulannya.

Oleh karena itu, hal-hal yang akan dikenakan pajak sebaiknya mulai di perhatikan mulai dari sekarang. Jangan lupa untuk memperkirakan total pajak tahunan kendaraan dan penghasilan. Kamu bisa menyisihkan uang sebagai tabungan membayar pajak untuk mengantisipasinya.

Baca Juga : Apa itu Inflasi? Berikut Penjelasan Lengkap beserta 4 Penyebab Terjadinya Inflasi

Itulah deskripsi dari Jobnas.com mengenai enam kesalahan yang sering kita lakukan saat sedang mengatur keuangan pribadi. Agar kondisi finansial tetap stabil, sebaiknya kamu wajib menghindari kekeliruan di atas dan lebih teliti ketika hendak membuat anggaran pribadi.

0
47