Pilih 5 Jenis Google Ads yang Cocok untuk Iklankan Bisnismu

Google News
Jenis Google Ads
Jenis Google Ads
Daftar Isi

Pilih 5 Jenis Google Ads yang Cocok untuk Iklankan Bisnismu

Jobnas.com – Banyak orang meyakini bahwa Google Ads merupakan salah satu iklan online yang paling menjanjikan. Ada lima jenis Google Ads yang bisa kamu pilih untuk iklankan bisnismu.

Kelima jenis iklan tersebut memiliki format yang berbeda. Selain itu, tujuannya pun bisa saja berbeda. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui jenis iklan mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, sebelum kamu memasang Google Ads. Di artikel ini, Jobnas.com akan menjelaskan lima jenis Google Ads untukmu : 

1. Search Ads

Kebanyakan para pengguna internet, menggunakan search engine dalam kehidupan sehari-hari, seperti digunakan untuk mencari barang atau jasa yang ingin digunakan. Tak ayal, Search Ads menjadi salah satu jenis Google Ads yang paling diburu marketer.

Singkatnya, Search Ads adalah iklan berbentuk teks yang ditampilkan pada search engine results page (SERP). Kamu bisa membikin teks untuk iklanmu. Kemudian, iklan tersebut akan muncul dengan tulisan “Ads” atau “Iklan” di samping URL. Jika keyword yang kamu gunakan relevan dan banyak dicari, besar kemungkinan produkmu akan langsung dilihat oleh pengguna Google.

2. Shopping Ads

Shopping Ads merupakan jenis Google Ads lainnya. Seperti jenis sebelumnya, Shopping Ads juga ditampilkan pada SERP. Namun, iklan ini berisi informasi detail produk, seperti nama produk, harga, dan gambar.

Seperti ditulis HubSpot, jika kamu merasa lebih perlu mengiklankan produk daripada brand-mu secara keseluruhan, Shopping Ads bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, Shopping Ads memang dikhususkan untuk memasarkan produk atau jasa tertentu.

Jenis iklan yang satu ini akan sangat menguntungkan jika kamu memiliki produk yang banyak dicari orang. Sebagai contoh, kamu menjual skuter. Jika orang mencari “skuter” di Google, mereka bisa langsung menemukan informasi produkmu.

3. Video Ads

Semua orang pasti pernah mengalami ketika memutar sebuah video di YouTube, tetapi ada iklan yang muncul sebelum video itu dimulai. Itulah salah satu bentuk Video Ads yang bisa kamu pilih. Seperti dikutip dari Google, Video Ads memungkinkanmu menampilkan iklan di video sendiri atau video lainnya yang ada di YouTube dan seluruh Display Network.

Baca Juga : Gratis Pasang Iklan Lowongan Kerja

Secara garis besar, jenis Google Ads yang satu ini dapat disebut juga sebagai YouTube Ads. Setidaknya ada beberapa bentuk Video Ads yang bisa bisa kamu pilih, antara lain:

  • Outstream ads: iklan ditampilkan di situs lain, tetapi hanya bisa dilihat di smartphone dan tablet
  • Non-skippable in-stream ads: iklan berdurasi 15 detik atau kurang yang tidak bisa di-skip
  • Skippable in-stream ads: iklan ditampilkan sebelum, di tengah, atau sesudah video diputar. Setelah iklan ditampilkan selama 5 detik, penonton bisa skip video tersebut
  • Video discovery ads: iklan hanya muncul di bagian discovery YouTube
  • Bumper ads: iklan berdurasi 6 detik atau kurang dan dapat di-skip

4. Display Ads

Kamu bisa memilih jenis Google Ads yang satu ini, jika ingin menjangkau lebih banyak orang dengan target yang lebih spesifik. Dilansir dari Shopify, Display Ads memungkinkan kamu menampilkan iklan di luar SERP, yakni di lebih dari dua juta situs yang ada. 

Selain itu, ketika membuka sebuah website, pengguna bisa saja melihat iklanmu, aplikasi, atau menonton video. Sebagai gambaran, pernahkah kamu mencari suatu produk di e-commerce, lalu iklan produk tersebut terus muncul ketika kamu membuka situs lainnya?

Nah, itulah Display Ads. Jenis ini menampilkan iklan sesuai dengan topik dan minat pengguna. Sebagai imbalan, situs yang menampilkan iklanmu akan mendapat bayaran dengan sistem pay-per-click (PPC).

5. App Ads

Jenis Google Ads yang terakhir ini lebih ditujukan pada sebuah bisnis yang memiliki aplikasi. Melalui iklan yang ditampilkan di SERP, YouTube, Google Play, Google Display Network, dan sebagainya, App Ads akan mempromosikan aplikasimu. Jadi, kamu bisa mendorong audiens untuk mengunduh aplikasimu. 

Baca Juga : Proses Menyaring Insight yang Penting bagi Kemajuan Bisnis

Itulah penjelasan Jobnas.com terkait lima jenis Google Ads. Dari pemaparan di atas, kira-kira jenis Google Ads yang mana yang sangat cocok untuk bisnismu ? Apabila kamu sudah menentukan salah satu di antanya, kamu bisa segera membuka laman Google untuk membuat iklanmu sendiri.