Hati-hati Jika Kalian Sering Kerja di Depan Monitor, Inilah 8 Bahayanya!

Google News
Hati-hati Jika Kalian Sering Kerja di Depan Monitor, Inilah 8 Bahayanya!
Hati-hati Jika Kalian Sering Kerja di Depan Monitor, Inilah 8 Bahayanya!

Jobnas.com – Memang, seberapa serius risiko yang ditimbulkan oleh komputer? Jika kalian saat bekerja di depan monitor sering merasakan sakit Leher, Mata, dan Bahu.

Masalah ini biasanya disebabkan oleh pekerjaan kalian yang terlalu lama di depan monitor. Apakah ada strategi yang dapat mencegah masalah tersebut? Kalian ingin tahu jawabannya? Di artikel kali ini memuat semua jawaban itu. Maka pelajari lebih lanjut!

Bahaya Menatap Layar Komputer

Kali ini Jobnas akan menjelaskan beberapa risiko yang muncul dari layar komputer. Resiko di bawah ini telah dirangkum dari WebMD dan sumber-sumber lainnya, adapun bahaya tersebut meliputi sebagai berikut:

1. Kelelahan Mata

Mengutip UPMC Susquehanna. Layar komputer membuat mata kalian sulit untuk fokus. Selain itu, seringkali kita tidak memilih letak komputer yang sesuai dengan postur tubuh. Itu bisa membuat mata kalian tegang.

2. Mata Kering

Ketika kalia masih kecil, apakah kalian sering mengikuti kontes kecil yang mengedipkan mata? Antara kalian dan teman kalian, siapa pun yang membuka mata paling lama menang. Jadi saat kalian berkedip, kalian bisa merasakan mata kalian memanas.

Lambat laun air mata itu muncul hingga akhirnya menang atau menyerah. Memang, perlu untuk mengedipkan mata. Mengutip Verywell Health, gerakan ini bisa membasahi bola mata. Ini akan memungkinkan tampilan kalian berfungsi. Itu sebabnya ketika kalian tidak berkedip dalam waktu lama, kalian akan merasakan mata perih dan panas.

Di sinilah bahaya layar berikutnya masuk. Alat ini bisa membuat kalian jarang berkedip. Akhirnya, mata kalian menjadi kering.

3. Sakit Kepala

Menurut Verywell Health, jarak antara mata dan layar disebut jarak kerja. kalian akan berusaha menjaga jarak ini di depan komputer. Bahaya layar berikutnya datang dalam bentuk sakit kepala. Padahal, prosesnya mirip dengan ketegangan mata sebelumnya. Menariknya, mata kalian cenderung ingin melihat lebih jauh. Jarak ini disebut jarak sisa.

Hasilnya, mata kalian terus menyesuaikan fokus saat bekerja dan pada jarak istirahat. Ini akan membuat mata kalian lelah dan tegang. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan sakit kepala.

4. Rabun Jauh

Ini ditulis oleh American Optometric Association. Mulai dari kalian kecil, kalian diajarkan untuk tidak terlalu banyak menonton TV. Karena kegiatan ini bisa membuat rabun jauh. Kondisi yang disebut juga dengan rabun jauh ini dapat mengganggu aktivitas kalian.

Alasannya adalah kalian harus menggunakan kacamata untuk melihat. Hal ini juga bisa kalian alami jika bekerja di depan komputer. Ingatlah bahwa televisi dan komputer sama-sama memiliki layar. Keduanya berpotensi membuat kalia rabun jauh.

5. Nyeri Leher, Punggung dan Bahu

Kamu juga bisa sakit leher, sakit punggung, dan sakit bahu. Bahaya layar ini terjadi kepada kalian jika salah menempatkan layar. Dengan posisi yang salah, cara duduk juga kurang tepat. Mengutip Harvard Health, hal ini bisa menimbulkan masalah di sekitar leher.

6. Sindrom Penglihatan Komputer

Apakah kalian memenuhi hampir semua kondisi di atas? Jika demikian, kalian mungkin menderita sindrom penglihatan komputer.

Menurut American Optometric Association, tanda-tanda yang akan kalian alami meliputi:

  • mata kering
  • sakit kepala
  • Penglihatan kabur
  • mata kering
  • nyeri leher dan bahu

7. Susah Tidur

. Mengutip ScienceDaily, cahaya yang melewati layar bisa membingungkan tubuh kalian. Sekarang sudah malam, tapi mengapa dunia masih terang? Akhirnya, hormon tidur kalian terganggu. Hal inilah yang dapat memicu gangguan kesehatan. Seberapa sering kalian bekerja lembur atau bermain HP sebelum tidur? Kalau iya, bisa-bisa kamu jadi susah tidur

Bagaimana Mencegah Bahaya dari Layar

Mengutip American Academy of Ophthalmology, bagaimana caranya kalian agar bisa menghindari masalah ini? Ingatlah bahwa menutup layar komputer seratus persen bukanlah solusi. Sebab, kalian selalu harus bekerja 8 jam sehari. Meski begitu, ada beberapa strategi menjaga kesehatan mata yang bisa kalian terapkan diantaranya sebagai berikut:

  • jaga jarak antara mata dan layar minimal 25 inci (± 63 cm).
  • Hindari cahaya layar
  • menyeimbangkan cahaya sekitar dan cahaya layar
  • Istirahatkan mata kalian dengan senam mata
  • jaga kelembapan mata
  • Hindari membuka perangkat elektronik sebelum tidur

Baca juga: 4 Cara Atasi Grogi saat Melakukan Presentasi

Selain cara di atas, kalian juga bisa menjaga postur tubuh yang sama saat duduk. Dengan cara ini kalian dapat menghindari sakit leher, bahu dan punggung. Ini adalah serangkaian bahaya yang terkait dengan penggunaan layar kendali terlalu lama. Terapkan cheat agar tidak menjaga kesehatan.

Ingatlah bahwa tubuh yang bugar adalah kunci produktivitas. Jangan biarkan sakit menghalangi kalian untuk bekerja.