Pahami Deep Web beserta Fungsinya yang Dianggap Berbahaya untuk Para User

Google News
Deep Web Dianggap Berbahaya untuk Para User
Deep Web Dianggap Berbahaya untuk Para User

Jobnas.com – Deep web adalah sebuah misteri yang tak banyak dikunjungi orang. Hal ini seringkali dianggap berbahaya. Meskipun kerap dicap ilegal dan risiko data breaching terlihat sangat besar, sebenarnya, deep web memiliki manfaat serta fungsi positif lainnya, lho.

Tidak semua aktivitas di dalamnya dilakukan oleh para kriminal dan cyber attacker. Nah, oleh karena itu, kali ini Jobnas.com akan merangkum serba-serbi deep web khusus untuk kamu. Yuk, disimak!

Pengertian Deep Web

Dikutip dari Kaspersky, deep web adalah kumpulan situs web yang tidak dapat diakses secara langsung melalui search engine konvensional seperti Google atau Yahoo. Search engine menjelajahi internet dengan cara mengunjungi tautan pada sebuah halaman web, kemudian mencari tautan pada halaman berikutnya dengan konten yang serupa. Tidak adanya index tautan pada situs-situs web menjadikan search engine tidak dapat menemukan data deep web. 

Deep web berada di bawah permukaan internet umum dan diperkirakan menyumbang sekitar 90% dari semua situs web yang ada. Analoginya internet sebagai gunung es. Yang selama ini dilihat oleh user merupakan bagian dari gunung yang terletak di atas air.

Sementara itu, deep web adalah bagian dari gunung yang tidak muncul di permukaan, sehingga user tidak bisa melihatnya secara langsung. Faktanya, deep web itu sangatlah besar, sehingga tidak mungkin untuk menemukan dengan tepat berapa banyak halaman atau situs web yang aktif pada satu periode tertentu.

Meskipun masih banyak user yang menganggap bahwa deep web dan dark web itu serupa, nyatanya tidak demikian. Sebagian besar situs di dalam deep web secara keseluruhan dianggap legal dan aman. Beberapa bagian terbesar dari deep web meliputi database atau kumpulan file publik serta pribadi yang tidak terkoneksi ke area lain dari web dan hanya untuk dicari di dalam database itu sendiri, dan intranet.

Intranet sendiri merupakan jaringan internal milik perusahaan, pemerintah, dan fasilitas pendidikan yang digunakan untuk mengomunikasikan dan mengontrol kepentingan mereka secara pribadi.

Yang Tersimpan di Dalam Deep Web

Deep web adalah sebuah tempat di mana beberapa data terproteksi tidak dapat ditemukan oleh user awam. Untuk mencegah penyalahgunaan serta akses tanpa otorisasi beberapa data tersebut dirasa lebih aman untuk disimpan dalam deep web. 

Menurut Britannica, ini merupakan bentuk konten yang seringkali ditemukan dalam deep web:

  • Konten dalam akun email pribadi user
  • Konten akun media sosial pribadi user
  • Dokumen legal, serta data-data milik lembaga pemerintahan
  • Jejak rekam medis yang dimiliki instansi kesehatan
  • Konten akun perbankan online user
  • Data yang disimpan perusahaan dalam database pribadi mereka
  • Konten yang terkandung dalam database ilmiah dan akademis

Di dalam deep web, selain ketujuh jenis konten tersebut, biasanya tersedia juga informasi yang mungkin tidak patut dimunculkan dalam penelusuran web umum. Hal itu seperti informasi rekening user yang bisa disalahgunakan oleh hacker dan penjahat lainnya.

Jika seseorang ingin melihat konten-konten tersebut, mereka harus masuk ke salah satu akun dengan memberikan nama pengguna, kata sandi, atau jenis otentikasi lainnya. Proses otentikasi seperti ini merupakan hal yang baik, sehingga aktivitas kriminal seperti penipuan serta penyalahgunaan data dan identitas dapat berkurang. 

Cara Mengakses Deep Web

Menurut Norton, jika user ingin mengaksesnya mereka harus download Tor browser. Search engine tersebut akan berfungsi seperti browser biasa setelah menginstal Tor browser untuk device. User hanya perlu mengetik URL dan browser akan mencari halaman tersebut. Akan lebih sulit menemukan materi yang dicari dalam deep web daripada menggunakan search engine konvensional seperti Google. Deep web tidak memiliki index atau sistem peringkat untuk membantu browser menemukan apa yang dibutuhkan user dengan cepat.

Hal yang Perlu Dihindari dalam Deep Web

User harus tetap berhati-hati bila ingin mengunjunginya, meskipun deep web adalah bagian dari internet yang masih relatif aman. Bila tidak waspada, penjahat dapat mendapatkan identitas dan data-data penting di device-mu. Sebab bukan hanya kamu lho yang sedang mengunjunginya.

Untuk mengantisipasi hal itu, menurut Hackernoon, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu hindari saat mengunjungi deep web : 

  • Jauhi tautan berbahaya
  • Hindari melakukan transaksi pembayaran di deep web
  • Hindari percakapan dengan orang asing
  • Tetap waspada pada tiap jenis konten yang kamu cari
  • Sembunyikan identitasmu

Baca juga: Ubah Instagram Jadi Portofolio Pribadi, Ikuti 5 Langkah ini

Itulah penjelasan Jobnas.com terkait serba-serbi deep web yang perlu kalian ketahui. Intinya, deep web adalah sebuah tempat di mana user dan perusahaan menyimpan data-data penting mereka. Tidak perlu khawatir, deep web bukanlah suatu hal yang selalu berbahaya. Kamu juga dapat mengaksesnya dengan mudah kok. Yang perlu diingat adalah untuk berhati-hati, dan lindungi identitas serta data-data pentingmu bila hendak mengunjunginya.