Cetak Kartu BPJS Lewat Aplikasi dan Website

Google News
Cetak Kartu BPJS Lewat Aplikasi dan Website
Cetak Kartu BPJS Lewat Aplikasi dan Website

Jobnas.com – Saat ini, cara cetak kartu BPJS dengan mudah bisa dilakukan secara online. Anda pun bisa melakukannya sendiri dengan fleksibel dimana saja dan kapan saja.  Untuk itu, simaklah cara cetak kartu BPJS kesehatan melalui aplikasi cetak kartu BPJS yakni JKN mobile berikut ini.

Cetak kartu BPJS kesehatan online bisa dilakukan melalui aplikasi. Sementara itu, jika Anda penasaran cetak kartu BPJS dimana maka untuk mencetak kartu BPJS kesehatan secara offline bisa dilakukan dengan menuju kantor BPJS Kesehatan setempat

Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan

Berikut ini terdapat beberapa cara cetak kartu BPJS yang bisa Anda lakukan. Dengan memiliki kartu BPJS cetak, maka Anda dapat dengan mudah memeriksakan kesehatan pada fasilitas kesehatan rujukan Anda. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan.

Pada pembahasan artikel kali ini, akan dipaparkan dua cara untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan. Cara tersebut yakni melalui aplikasi Mobile JKN dan melalui situs resmi BPJS Kesehatan.

1. Cetak Kartu BPJS Kesehatan melalui Mobile JKN

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk cetak kartu BPJS melalui aplikasi yakni dengan mengandalkan JKN Mobile. Melalui aplikasi ini, peserta BPJS yang kehilangan kartu BPJS bisa mencetaknya kembali dengan mudah secara online.

Cetak kartu BPJS Kesehatan online ini lebih praktis karena Anda tak repot untuk mendatangi kantor BPJS setempat. Untuk bisa cetak kartu BPJS di aplikasi, unduhlah terlebih dulu aplikasi Mobile JKN pada Google Playstore untuk pengguna Android atau App Store untuk Ios.

  1. Setelah berhasil mengunduh aplikasi Mobile JKN, bukalah aplikasi tersebut pada perangkat Anda. Pastikan Anda telah memiliki akun Mobile JKN;
  2. Anda bisa login menggunakan akun yang sudah Anda daftarkan sebelumnya;
  3. Apabila sudah berhasil masuk ke jendela Mobile JKN, maka langkah selanjutnya yakni pilihlah menu Kartu Peserta dimana terletak pada bagian bawah di layar aplikasi. ;
  4. Tak berselang lama, akan muncul gambar yang menunjukkan kartu peserta KIS atau BPJS yang terletak di layar sebelah bawah dan dekat dengan menu home pada layar perangkat Anda. Anda bisa klik opsi Kirim email;
  5. Akan muncul notifikasi yang bertuliskan “Apakah Anda ingin mengirimkan kartu e-ID ke email?” Anda bisa memilih Ya apabila hendak mencetak kartu;
  6. Kemudian, dokumen kartu BPJS kesehatan tersebut akan dikirim pada email Anda yang sudah terdaftar;
  7. Sebelum memutuskan untuk mencetaknya. Anda dapat mengunduh terlebih dulu dokumen kartu BPJS Kesehatan yang telah dikirimkan;
  8. Apabila telah terunduh, maka kartu BPJS Kesehatan Anda pun sudah siap untuk dicetak.

Andapun bisa membuka file unduhan tersebut, kemudian mencetak kartu tersebut dengan cara menyambungkan pada perangkat printer. Nantinya, hasil cetak akan keluar sesuai dengan file yang sudah Anda unduh sebelumnya.

Itulah, cara cetak BPJS Kesehatan melalui salah satu situs BPJS kesehatan yakni Mobile JKN. Tutorial di atas tidak sama persis pada sistem operasi Android maupun ios, dimana pada tiap versi bisa saja memiliki letak opsi yang berbeda.

2. Cara Cetak Kartu BPJS melalui Situs Resmi

Apabila Anda peserta BPJS yang kehilangan kartu BPJS, maka Anda bisa mencetak kembali kartu Anda tersebut secara online. Cara cetak kartu BPJS ini bisa Anda lakukan hanya dengan NIK saja. Anda hanya membutuhkan data tersebut untuk mendapatkan cetakan kartu BPJS.

Cetak kartu BPJS kesehatan dengan NIK dapat dilakukan dengan cara mengunjungi situs resmi yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Sebelumnya, Anda harus memastikan bahwa koneksi dan jaringan yang Anda miliki stabil agar cara ini berjalan lancar.

  1. Pastikan Anda memenuhi syarat cetak kartu BPJS, yakni memiliki koneksi yang lancar, terdaftar sebagai peserta BPJS, dan sedang membutuhkan kartu BPJS cetak;
  2. Apabila sudah, maka Anda dapat mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan yakni pada www.bpjs-kesehatan.go.id
  3. Akan muncul jendela website dari BPJS Kesehatan. Anda bisa mulai login dengan email dan password yang Anda miliki dan telah digunakan untuk mendaftar sebelumnya;
  4. Setelah Anda berhasil login dengan lancar, maka pilihlah menu Cetak Kartu;
  5. Jika sudah, pada menu Data silahkan di klik. Anda pun kemudian harus memilih Cari Data;
  6. Pada halaman pencarian, Anda bisa menginput nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang terdaftar pada BPJS yang Anda gunakan. NIK ini menjadi data dari peserta dimana kartu BPJS tersebut hendak dicetak;
  7. Dalam beberapa saat, akan muncul hasil pencarian dari NIK yang Anda tuliskan. Jika sudah muncul, maka Anda dapat klik Cetak Kartu;
  8. Setelah itu, Anda bisa menyambungkannya pada perangkat printer. Kartu BPJS pun dapat tercetak.

Selesai, Anda pun telah berhasil untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan melalui situs resmi dari BPJS Kesehatan. Cara ini paling aman dan mudah dilakukan oleh para peserta BPJS ketika kartu BPJSnya hilang.

Memang ketika kartu BPJS hilang, Anda akan kesulitan ketika berkunjung ke fasilitas kesehatan. Memang, saat Anda hendak berobat pada rumah sakit, kartu BPJS akan diminta oleh pihak pendaftaran pada rumah sakit.

Anda pun bisa mencetak kartu BPJS sesuai identitas Anda. Kartu BPJS ini termasuk kartu yang wajib untuk dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Adapun fungsinya yakni sebagai perlindungan kesehatan yang berbentuk penanggungan biaya pengobatan.

Ketika sudah punya kartu BPJS, maka Anda akan dikenakan iuran wajib per bulan. Kecuali orang yang mendapatkan bantuan BPJS KIS.

Kesimpulan

Untuk dapat mencetak kartu BPJS secara online, maka terdapat dua cara yang dapat Anda lakukan yakni melalui aplikasi dan situs website. Untuk aplikasi, Anda perlu mengunduh aplikasi Mobile JKN. Sementara situs web dapat dikunjungi pada browser Anda.

Tutorial cara mencetak kartu BPJS ini penting Anda ketahui ketika Anda berada dalam kondisi kehilangan kartu BPJS maupun melupakan kartu tersebut ketika berobat. Adanya e-ID yang memuat data peserta tersebut memang dapat menggunakan kartu BPJS Kesehatan yang hilang.

Walaupun hanya dicetak dalam selembar kertas, namun e-ID yang telah dicetak tersebut fungsinya tak berbeda dengan kartu BPJS pada umumnya. Keduanya sama-sama memiliki kegunaan untuk keperluan berobat di fasilitas kesehatan.

Dengan demikian, untuk dapat mencetak kartu BPJS Kesehatan ini. Anda tak perlu lagi mempersiapkan kertas yang berjenis khusus, maupun material PVC untuk membuat kartu BPJS secara cetak. Anda hanya perlu mencetaknya biasa dengan kertas biasa di tempat fotokopi.

Baca juga: Iuran BPJS Kelas 3 Sesuai Peraturan Terbaru

Sampai disini saja, pembahasan mengenai cara cetak kartu BPJS. Dengan tutorial ini, Anda tak perlu lagi merasa panik apabila kartu BPJS Kesehatan Anda hilang maupun tertinggal di tempat tinggal Anda. Jangan lupa, untuk menggunakan kartu cetak ini Anda juga membutuhkan kartu identitas pendukung sebagai syarat validasi dari kartu BPJS Kesehatan yang Anda cetak. Anda bisa melampirkan KK maupun KTP agar tidak terkendala pada proses pendaftaran di faskes.