7 Cara Ampuh Memotret Produk Berhasil Memikat Pelanggan

Google News
Cara Memotret Produk Memikat Pelanggan
Cara Memotret Produk Memikat Pelanggan

Jobnas.com – Pernahkah kalian membeli barang yang terlihat sangat menarik di foto? Jika iya, berarti penjual menggunakan metode fotografi produk yang baik. Jualan online saat ini bisa dikatakan mudah. Jika kalian sudah punya akun media sosial, maka kalian sudah bisa berjualan online.

Akan tetapi, dalam berjualan online tentu harus dilengkapi dengan fotografi produk yang sangat baik. Agar pelanggan bisa terngiang-ngiang dan memikirnya sepanjang waktu. Bagaimana caranya untuk calon pembeli terpesona dengan foto produk yang kalian tampilkan dan terpesona pada foto produk yang kalian jual.

Hal ini bisa kalikan lakukan dengan memotret produk sendiri? Silakan ikuti 7 tips fotografi produk yang mudah dan menarik.

Baca Juga: Inilah Perbedaan antara Remarketing vs Retargeting!

Tips Fotografi Produk

1. Gunakan Alat Peraga Sederhana

Fotografi produk adalah alat peraga yang mahal. Siapa bilang? kalian bisa memotret produkmu dengan baik. Sehingga kalian tidak perlu menyewa kamera sejuta dolar atau studio mahal dan menyewa fotografer profesional. kalian sebenarnya bisa melakukannya sedniri di rumah. Tentu, terlebih dahulu kalian harus bisa menentukan fitur mana yang butuhkan yang sesuai dengan produk yang akan kalian jual.

Misalnya, jika kalian menjual bahan makanan, kalian dapat menggunakan properti dapur sebagai alat pendukung. Tempatkan makanan di tengah foto. Selanjutnya, kelilingi makanan dengan peralatan makan, rempah-rempah, dll. Sederhana, tetapi tips ini membuat fotografi produk menarik pelanggan.

2. Menemukan Pencahayaan yang Tepat

Salah satu kunci fotografi, termasuk fotografi produk, adalah cahaya. Anda dapat memilih antara dua opsi pencahayaan: pencahayaan alami dan pencahayaan studio. Cahaya alami dan pencahayaan studio bisa digunakan untuk foto makanan, orang, dan pakaian.

Media sosial seperti Instagram dan Facebook biasanya menggunakan fotografi produk dengan pencahayaan alami. Di sisi lain, jika produk kalian memiliki tekstur yang detail dan akan digunakan di dalam ruangan, kalian dapat memilih pencahayaan studio atau buatan.

Contohnya termasuk peralatan dan karya seni. Produk ini, ditembak dalam cahaya buatan, biasanya dijual melalui e-commerce.

3. Gunakan Tripod

Alat apapun yang akan kalian gunakan untuk memotret, sebaiknya menggunakan tripod. Dengan menggunakan tripod, kalian dapat mencegah guncangan kamera. Menggunakan tripod untuk fotografi produk tidaklah sulit. Cukup pasang kamera atau smartphone kalian pada tripod. Kemudian sesuaikan ketinggian tripod agar sesuai dengan produk yang akan kalian potret.

4. Mengambil Gambar dari Berbagai Sudut

Carayang keempat ini mengenai cara bagaiman mengambil gambar produk dari berbagai sudut. Calon pembeli tentu ingin melihat penampilan dan kondisi produk tanpa menyentuhnya. Jadi ambil gambar produk dari sudut yang berbeda, bisa kalian mulai dari sudut depan, pinggir, atas, dan belakang.

5. Product Detail Photography

Melanjutkan dari poin sebelumnya, tips atau cara fotografi produk ini gunanya bisa menginformasikan kepada calon pembeli mengenai detail produk. Detail ini dapat digunakan sebagai inspirasi untuk selera.

Misalnya, kalian menjual hamburger. Hal ini memungkinkan calon pembeli untuk memvisualisasikan suguhan tersebut, kalian bisa mengungkapkan detail daging dan keju mozzarella

6. Pastikan Warna Produk dan Foto Tidak Terlalu Berbeda

Di cara yang keenam ini kalian harus bisa memastikan warna yang sesuai dengan produk kalian. Misalkan kalian menjual jeans biru tua. Namun, jeans berwarna lebih terang. Maka sesuaikan terlebih dahulu dengan minat calon pembeli. Jika tidak warna tidak sesuai dan pembeli menginginkan warna navy, maka produk kalian tidak akan memenuhi harapan mereka dan akan kecewa.

7. Temukan Inspirasi

Tidak ada salahnya mencari inspirasi. Metode ini membantu kalian membuat berbagai foto produk. Oleh karena itu, gambar produk dapat bervariasi dan terus berkembang dari hari ke hari. Dan yang harus diingat oleh kalian. Jangan menjiplak hak cipta orang lain.

Apakah kalian sudah siap memotret produk? jika sudah siap, lakukanlah tujuh cara di atas supaya produk mudah diingat oleh calon pembeli.

Selain cara atau tips memotret produk Jobnas.com juga menyediakan banyak artikel yang memuat informasi penting lainnya. kalian dapat membacanya di blog Jobnas.com yang tentunya sangat mudah dan gratis!