Cara Daftar BPJS Kesehatan dan Persyaratannya

Google News
Cara Daftar BPJS Kesehatan dan Persyaratannya
Cara Daftar BPJS Kesehatan dan Persyaratannya

Jobnas.com – Layanan kesehatan sangat dibutuhkan untuk kasus kesehatan tertentu yang tidak dapat diprediksi. Untuk itu dibutuhkan persiapan dengan mengikuti program BPJS, tapi belum semua orang tahu cara daftar BPJS kesehatan.

Melihat manfaat dari BPJS kesehatan, sekarang ini telah diwajibkan untuk terdaftar dalam BPJS. Dengan demikian alangkah baiknya untuk menyegerakan mendaftarnya karena dapat dilakukan secara online.

Pentingnya BPJS Kesehatan, Manfaat dan Syarat

BPJS kesehatan merupakan bagian dari JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional. Sedangkan BPJS sendiri adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Sebuah lembaga khusus dalam penyelenggaraan jaminan ketenagakerjaan dan masyarakat.

Selain itu penyelenggaraan kesehatan untuk pegawai swasta dan PNS yang dimulai dari tahun 2014. Pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah demi masyarakat luas dengan pelayanan kesehatan terbaik.

Sebelum mengetahui cara daftar BPJS kesehatan, perlu tahu manfaatnya seperti apa. Begitu pentingnya layanan ini karena memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Layanan medis tingkat pertama bersifat primer atau non spesialis. Pelayanan meliputi rawat inap dan rawat jalan yang disediakan Puskesmas dan praktik mandiri dokter.
  • Rawat jalan tingkat pertama yang memiliki sifat pengobatan dan pencegahan.
  • Rawat inap tingkat pertama yang ditanggung BPJS. Misalnya saja pendaftaran dan administrasi, rawat inap dan akomodasi, pengobatan, pemeriksaan dan konsul medis.
  • Layanan medis tingkat lanjutan sehingga peserta mendapatkan fasilitas rawat inap atau rawat jalan.
  • Rawat inap tingkat lanjutan sehingga mendapatkan perawatan inap baik intensif atau non intensif. Misalnya saja ICU, NICU, ICCU dan PICU.
  • Rawat jalan tingkat lanjutan dengan pemberian layanan mulai dari administrasi,  pengobatan, pemeriksaan dan konsultasi dasar UGD.

Dengan demikian mengetahui cara daftar BPJS pemerintah diperlukan sehingga benar-benar mempermudah dalam akses medis. Terutama untuk warga yang kurang mampu.

Apabila telah mendaftar di BPJS kesehatan, tinggal membayar secara rutin setiap bulannya. Dengan jumlah tergantung dari kelas mana yang dipilih. Besaran biaya masing-masing kelas berbeda tergantung pilihannya.

Sedangkan untuk warga kurang mampu, iuran layanan kesehatan akan ditanggung pemerintah. Sesuai dengan sistem dan prosedur yang berlaku melalui skema bantuan sosial.

Sebelum tahu daftar BPJS kesehatan online, perlu disiapkan dokumen yang diperlukan, antara lain:

  • Alamat email sehingga jangan lupa membuat email terlebih dahulu. Cara membuat email ini hanya kurang lebih 5 menit, mudah dan praktis.
  • Persiapkan dengan KTP yang akan dibutuhkan untuk pendaftaran.
  • Kartu Keluarga atau KK untuk mengisi formulir pendaftaran secara lengkap.

Untuk yang belum mendaftar BPJS kesehatan, tak perlu khawatir karena cara daftar BPJS kesehatan dapat dilakukan dengan cara online. Syarat mudah dan agar tahu tahapannya dengan jelas cek terus di artikel ini.

9 Langkah Mudah Cara Daftar BPJS Kesehatan

Cara daftar BPJS online 2021 ataupun 2022 sama saja dan tidak ada perubahan. Pendaftaran melalui Aplikasi Mobile JKN yang memang sudah dipersiapkan oleh BPJS dalam pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Di dalam aplikasi tersebut terdapat berbagai fitur unggulan yang dapat digunakan untuk berbagai hal. Di antaranya untuk scrining kesehatan dan konsultasi dokter jika dibutuhkan.

Selain aplikasi ini terdapat pula BPJSTKU yang dapat digunakan untuk cek saldo melalui website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Dalam situs tersebut akan terdapat banyak keterangan untuk klaim berbagai hal terkait BPJS kesehatan ketenagakerjaan.

Di bawah ini akan diterangkan tahapan cara daftar BPJS kesehatan dengan lengkap.

1. Download Aplikasi JKN

Langkah pertama dengan melakukan download aplikasi JKN terlebih dahulu. Aplikasi bisa langsung diunduh melalui Playstore dan AppStore.

Saat mengunduh pastikan koneksi internet stabil sehingga lancar ketika melakukan download. Jika sudah melakukan download, buka aplikasi JKN untuk tahap lebih lanjut.

2. Melakukan Pendaftaran

Cara daftar BPJS kesehatan berikutnya melakukan registrasi dengan memilih klik ‘daftar’. Setelah itu akan muncul beberapa tulisan, lanjutkan dengan ‘pilih pendaftaran baru.’

3. Baca Ketentuan Pendaftaran

Akan muncul ketentuan pendaftaran, silakan dibaca terlebih dahulu. Jika sudah memahaminya, lanjutkan dengan pilih ‘setuju’.

4. Masukkan NIK

Kemudian akan diminta untuk mengisi dengan NIK sesuai KTP yang tadi digunakan untuk  mendaftar. Selanjutnya akan muncul kode captcha. Ikuti kode yang ada di sana dan ketik, kemudian jika benar akan muncul laman berikutnya.

5. Isi Data Diri

Setelah itu akan muncul isian untuk melengkapi data yang dibutuhkan. Data dapat dilihat melalui Kartu Keluarga. Data ini berupa daftar keluarga dan calon peserta dari BPJS kesehatan.

Isi dengan benar dan cek ulang lagi supaya tidak terjadi kekeliruan. Apabila sudah mengisi secara lengkap data tersebut, pilih ‘selanjutnya’.

6. Memilih Fasilitas Kesehatan

Dalam tahap cara daftar BPJS kesehatan ini diminta untuk memilih faskes atau fasilitas kesehatan yang sesuai keinginan. Termasuk dokter gigi untuk keperluan dokter keluarga. Pilih sesuaikan dengan daerah tempat tinggal dan teliti ulang kembali.

7. Masukkan Alamat Email

Jika sudah tinggal memasukkan alamat email yang aktif dan klik ‘simpan’.

8. Cek Kode Verifikasi Melalui Email

Tunggu beberapa saat atau bisa saja langsung ada kode verifikasi yang masuk. Cek degan login ke email yang tadi digunakan untuk mendaftar. Di sana akan dikirim kode verifikasi yang dibutuhkan untuk langkah selanjutnya.

9. Salin Kode Verifikasi dan Dapatkan Virtual Account

Jika di email sudah ada kode verifikasi tersebut langsung disalin ke aplikasi JKN. Dengan demikian akan mendapatkan virtual account yang dapat digunakan untuk pembayaran premi.

Cara daftar BPJS mandiri sudah dilakukan secara online dan lebih praktis. Tentunya sangat memudahkan calon peserta baru yang baru akan mendaftar sebagai peserta BPJS kesehatan.

Setelah melakukan pendaftaran dengan cara daftar BPJS kesehatan dengan benar, tinggal rutin membayar iuran bulanan. Pembayaran dapat dilakukan melalui beberapa cara, antara lain:

  • Lewat e-commerce.
  • ATM dari berbagai bank.
  • Kantor pos.
  • Mobile banking.
  • Merchant BPJS kesehatan, biasanya di supermarket atau minimarket yang telah melakukan kerjasama.

Tak perlu khawatir jika ingin membayarkan iuran ini karena dapat dipilih baik secara online 2021 dan di 2022 masih sama. Semua layanan ini lebih memudahkan peserta BPJS dalam melakukan berbagai kegunaan dari BPJS tersebut.

Adapun cara daftar BPJS kesehatan gratis dapat dengan konsultasi kepada pihak terkait. Untuk gratis membutuhkan syarat lain yang tentunya dengan sepengetahuan instansi terkait.

Baca juga: Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak

Penutup

Jika mendaftar telah selesai dilakukan jangan lupa untuk membayar iuran secara rutin setiap bulannya. Dengan begitu tidak ada keterlambatan atau akun tidak dapat dibuka. Biasanya  mengetahui status aktif atau tidak aktif ketika akan digunakan dan bayar iuran.

Untuk menghindari hal tersebut lakukan pembayaran rutin. Apabila terlambat akan ada denda yang diberlakukan dan tentu hal ini tidak diinginkan para peserta BPJS. Cara daftar BPJS kesehatan lebih praktis dilakukan secara online. Selain tidak membutuhkan waktu lama, dilakukan di rumah atau dimana saja bisa. Dengan urutan tahapan yang benar maka akan terdaftar resmi ke BPJS kesehatan.