Waktu yang Tepat Menggunakan Jasa Business Coach

Business Coach

Jobnas.com – Adakah di antara kamu yang tertarik untuk menggunakan jasa Business coach saat sedang menjalankan bisnis ?. Bagi sebagian orang Business Coach atau pelatih bisnis tidak terlalu dibutuhkan atau bahkan sama sekali tidak dibutuhkan. 

Baca Juga : Angular VS AngularJS, Mana yang Terbaik untuk Websitemu

Akan tetapi, ia mampu memberikan solusi yang tepat di setiap masalah bisnis yang sedang dihadapi. Oleh karena itu, kamu harus memahami perannya terlebih dahulu. Di artikel ini Jobnas.com akan memberikan penjelasannya untukmu. 

Pengertian Business Coach

Seperti yang dilansir dari Indeed, business coach adalah seorang mentor profesional yang membimbing klien dalam menjalankan bisnis. Setiap langkah yang diambil oleh klien tersebut dalam suatu bisnis, biasanya ada campur tangan dari business coach yang membantu klien mencapai tujuan. Banyak hal yang bisa diberikan. Mulai dari saran, rekomendasi, hingga kritikan mengenai rencana bisnis dan sales plan dari klien. 

Baca Juga : Cek Kartu BPJS Kesehatan Aktif Atau Tidak

Secara holistik, tujuan dari menyewa business coach ini untuk membantu dalam mencapai bisnis agar dapat sukses. Jadi, agar klien dapat mengembangkan bisnisnya dengan lancar, maka mereka akan memberikan pelayanan yang terbaik. 

Seorang profesional layaknya business coach ini datang untuk membantu dalam mengambil keputusan. Sebab, pada dasarnya tidak semua orang berani mengambil keputusan. 

Oleh karena itu, kamu harus tahu apa sih sebenarnya peran yang dilakukan business coach dalam membimbing bisnis kliennya?

Tugas Business Coach

Secara umum, business coach bertugas untuk memberikan nasihat dan solusi bisnis. Berikut ada beberapa tugas yang biasa dilakukan agar kamu dapat lebih memahaminya:

1. Memberikan Saran untuk Rencana dan Strategi Bisnis

Agar strategi bisnis semakin matang, business coach dapat memberikan saran atas rencana strategis bisnis. Dilansir dari Soult Salt, pelatih bisnis akan memberikan perspektif yang mungkin tidak dipikirkan oleh pemilik bisnis. Jadi ada kemungkinan-kemungkinan lain yang diberikan oleh mereka. Entah itu dari segi strategi, rencana, atau bahkan anggaran keuangan.

2. Memantau Pertumbuhan Bisnis

Memantau pertumbuhan bisnis dari klien atau perusahaan adalah  tugas dari business coach di samping selain memberikan saran. Otomatis business coach akan memberikan strategi yang ampuh untuk diterapkan oleh pemilik bisnis, ketika ada penurunan penjualan.

Pada dasarnya, pantuan dari  business coach mempunyai keuntungan tersendiri bagi pemilik bisnis. Sebab, terkadang ada sebagian pemilik bisnis yang menemui jalan buntu saat bisnisnya mengalami penurunan penjualan.

3. Menganalisis Perjalanan bisnis

Kesalahan terbesar dalam berbisnis biasanya tidak melakukan analisis terhadap bisnis yang sudah dijalankan.

Nah, apabila kamu menggunakan jasa business coach, ia akan menganalisis perjalanan bisnismu.

Kira-kira apa yang membuat permintaan produk meningkat atau menurun, apa yang disukai pelanggan dari produkmu, dan lain-lain, semua akan dianalisis dengan baik oleh pelatih bisnis.

Baca Juga : Call Center BPJS Kesehatan dan Alternatif Lainnya

4. Berkomunikasi dengan Klien

Terus melakukan komunikasi dengan klien merupakan tugas utama dari business coach. Komunikasi dilakukan agar supaya visi dan misi antara pihak pemilik bisnis dengan pelatih bisnis dapat menyatu. Dengan demikian, apabila sudah satu pemikiran, pengembangan bisnis dapat dilakukan dengan lancar.

5. Memahami Kelebihan dan Kekurangan Klien

Business coach biasanya juga bertugas untuk memahami kelebihan dan kekurangan yang dari dalam diri klien. Pertama-tama, ia akan mencari kira-kira apa saja kekurangan yang dialami klien saat sedang menjalankan bisnis. Setelah memahami hal tersebut, pelatih bisnis akan berusaha keras untuk membantu klien.

Perlukah Menggunakan Business Coach?

Pada hakikatnya, semua ini kembali kepada masing-masing pemilik bisnis. Kira-kira, apakah mereka mempunyai cukup uang untuk berinvestasi ke dalam bentuk pelatih bisnis?

Sebab, dilansir dari Forbes, pelatih bisnis biasanya memakan biaya yang tidak murah serta menghabiskan banyak sumber daya.Pertimbangan ini harus dipikirkan secara matang oleh pemilik bisnis dengan melihat budgeting yang telah disusun dengan rapi.

Secara garis besar, klien dari business coach juga beragam, mulai dari pemilik bisnis yang sudah mapan hingga selebritas yang ingin membangun perusahaan mereka.

Dalam tahap awal membangun bisnis, mungkin tak perlu terpaku untuk menggunakan jasa pelatih, melainkan tetap fokus dengan tujuan bisnis serta model bisnis yang akan digunakan.

Hal tersebut akan membantumu untuk tetap berada pada jalur bisnismu sendiri. Jika sudah mapan dan membutuhkan saran dari pihak ketiga alias pelatih bisnis, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasanya.

Baca juga: Sebelum Mulai Berinvestasi, Pahami Prinsip Penting Margin of Safety

Demikian penjelasan dari Jobnas.com mengenai business coach beserta tugas-tugasnya. Setiap bisnis memiliki karakteristiknya masing-masing. Tidak semuanya membutuhkan jasa pelatih bisnis dan ada juga yang mengharuskan untuk menggunakan jasa tersebut.

0
35