Ketahuilah Bahayanya Menggunakan Earphone Atau Headset Terlalu Lama

Google News
Bahaya menggunakan Headset terlalu lama
Bahaya Menggunakan headset terlalu lama

Jobnas.comsering kali saya melihat anak muda hari ini sering menggunakan earphone saat main game. Dan masih banyak lagi seperti ketika sedang mendengarkan musik anak muda saat ini sering menggunakan earphone.

Tahukah kalian berbagai bahaya yang bisa muncul dan akan datang saat kalian mendengarkan musik atau suara lain terlalu lama melalui headphone?

Mendengarkan musik sambil bekerja memang menyenangkan. Beberapa ahli bahkan sepakat bahwa mendengarkan musik sambil bekerja dapat meningkatkan produktivitas.

Akan tetapi, mendengarkan musik melalui headphone bisa berbahaya bagi kesehatan pendengaran. Banyak ahli bahkan mengeluarkan peringatan tentang penggunaan headphone terlalu lama.

Setelah kalian mengetaahui itu apa yang harus kalian perhatikan? Pelajari lebih lanjut di artikel Jobnas kali ini sebagai berikut.

Mengapa Bisa Berbahaya Menggunakan Earphone dan Headset Terlalu Lama

Bahaya menggunakan headphone dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan sel-sel rambut akhirnya kehilangan kepekaan terhadap getaran. Terkadang musik yang keras juga menyebabkan sel-sel membengkok atau bengkok, menyebabkan rasa kehilangan pendengaran sementara.

Earphone menghasilkan gelombang suara yang mencapai telinga kita, menyebabkan gendang telinga bergetar. Getaran ini ditransmisikan ke telinga bagian dalam melalui tulang kecil dan ke koklea, ruang berisi cairan di telinga bagian dalam yang terdiri dari ribuan “rambut” kecil.

Saat getaran ini mencapai koklea, cairan bergetar, menyebabkan rambut ikut bergerak. Semakin keras suaranya, semakin kuat getarannya dan semakin banyak bulunya bergerak.

Berikut beberapa masalah pendengaran yang bisa terjadi jika terlalu lama mendengarkan headphone.

  • Kotoran telinga yang berlebihan.
  • Tinnitus, yaitu kerusakan pada sel-sel rambut di koklea yang dapat menyebabkan telinga atau kepala berdenging atau berdengung.
  • Hiperakusis, kepekaan yang meningkat terhadap suara sekitar yang normal. Lebih dari 50% penderita tinnitus juga cenderung mengalami gangguan ini.
  • Kehilangan pendengaran karena suara. Juga dikenal sebagai gangguan pendengaran akibat kebisingan (NHL).
  • Infeksi telinga yang disebabkan karena menempatkan headset langsung ke liang telinga. Headphone memblokir aliran udara, meningkatkan risiko infeksi di telinga. Penggunaan headphone secara teratur dan dalam jangka panjang juga meningkatkan pertumbuhan bakteri. Bakteri ini hidup di dalam earphone dan dengan penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan infeksi telinga.

Selain ketidaknyamanan di atas, bahaya lain saat menggunakan headphone dalam waktu lama adalah sakit telinga. Rasa sakit ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan headphone yang tidak tepat.

Jika tidak diobati, nyeri ini dapat menjalar ke telinga bagian dalam dan menyebabkan nyeri di sekitar telinga, mulai dari nyeri di area rahang hingga sakit kepala.

Cara Penggunaan Earphone yang Sehat

Jika saya mengutip pendapat Harvard Health Publishing di sana dicantumkan delapan jam sebagai durasi maksimal. Untuk menghindari berbagai bahaya penggunaan headphone terlalu lama.

Menggunakan headphone dengan volume sedikit lebih tinggi dapat menyebabkan kerusakan dalam waktu kurang dari satu jam. Karena itu kalian harus mempertimbangkan untuk menggunakan headphone karena perangkat mendengarkan pribadi kalian diatur ke volume maksimum sekitar 105 hingga 110 dB.

Sebagai referensi, paparan terhadap tingkat suara di atas 85 dB (seperti mesin pemotong rumput atau alat peniup daun) dapat menyebabkan kerusakan telinga bila terpapar lebih dari dua jam. Sedangkan paparan suara antara 105 dan 110 dB dapat menyebabkan kerusakan dalam lima menit. Suara di bawah 70 dB tidak mungkin menyebabkan kerusakan telinga yang signifikan.

Namun, kalian harus menyeimbangkan durasi dengan volume eksposur untuk menghindari bahaya memakai headphone. Kalian harus dapat mendengar pada tingkat yang nyaman agar aman untuk waktu yang tidak terbatas.

Salah satu cara untuk menghindari berbagai risiko kesehatan, berikut yang bisa kalian lakukan untuk menggunakan headphone dengan cara yang sehat.

  • Beristirahatlah setelah menggunakan headset untuk waktu yang lama.
  • Jangan ragu untuk berbicara dengan audiolog atau otolaryngologist jika Anda memiliki pertanyaan tentang penggunaan headphone atau tingkat suara yang aman.
  • Ketahui sudah berapa lama Anda memakai headphone dan volumenya.

Perlu diperhatikan kesehatan pendengaran itu penting dan kompleks. Untuk melakukan ini, kalian perlu mengambil tindakan khusus untuk melindungi telinga kalian saat menggunakan headphone.

Baca juga: Jangan Menyerah! Yuk, Cari tahu Alasan dan Solusi Kenapa Tawaran kerja bisa Dibatalkan

Bukankah menyenangkan jika kalian terlalu lama mendengarkan musik dengan earphone tanpa hars ada bahaya yang datang? Terus ikuti Jobnas setiap hari. Di sana akan terus memberikan informasi tips seperti ini dan juga kalian bisa dapatkan melalui daftarkan akunmu terlebih dahulu di blog Jobnas.

Biasanya setiap minggu sekali, Jobnas akan mengirimkan artikel pilihan langsung kepada kalian.