6 Cara Mengecek Tunggakan BPJS dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengecek Tunggakan BPJS

Jobnas.com – Cara mengecek tunggakan BPJS dapat dilakukan dengan beberapa cara. Namun, ada baiknya jika telah menjadi peserta BPJS dapat melakukan pembayaran secara rutin. Dengan begitu tidak ada tunggakan iuran karena akan menghambat penggunaan.

BPJS sendiri merupakan fasilitas jaminan pemeliharaan kesehatan dari pemerintah. Jaminan yang dapat digunakan saat sakit atau berhubungan dengan medis. Agar mengetahui lengkap tentang cara cek tunggakan, dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Cek Tunggakan BPJS dengan Apa?

BPJS adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang dapat digunakan masyarakat dalam kondisi sakit. Ada beberapa penyakit yang tercover oleh fasilitas kesehatan online dan  offline dalam layanan ini. Hal tersebut tergantung dari kelas layanan yang diikuti peserta.

Tentunya dibutuhkan iuran untuk kelengkapan sebagai peserta. Dengan melakukan iuran secara rutin setiap bulan, kartu akan aktif dan dapat digunakan jika diperlukan. Terutama bagi peserta mandiri agar lancar saat dibutuhkan.

Namun, kadang lupa juga untuk iuran ini jika terlalu sibuk sehingga terjadi tunggakan. Untuk itu perlu tahu Cara Mengecek Tunggakan BPJS dengan mudah dan sangat praktis baik dengan KTP atau tidak.

  • Melalui WhatsApp
  • Aplikasi Mobile JKN
  • Melalui Telegram
  • Layanan SMS Gateway
  • Website resmi BPJS Kesehatan
  • Melalui Care Center

Dengan cara cek tagihan yang serba online tersebut maka peserta tak perlu bingung untuk mengetahui tunggakan iuran. Tunggakan ini diperlukan jika sewaktu-waktu akan melakukan pembayaran iuran sekaligus tunggakan.

Secara otomatis jika terjadi tunggakan maka kartu tidak dapat diakses. Apabila tidak dapat diakses tidak dapat digunakan saat dibutuhkan atau peserta sedang sakit. Tentunya ini akan merepotkan sekali.

Maka perlu untuk selalu membayar iuran tepat waktu dan jika tidak maka ada konsekuensinya. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh BPJS kesehatan. Di sini akan dibahas satu persatu caranya secara lengkap.

Cara Cek Tunggakan BPJS Melalui WhatsApp

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk cek tunggakan BPJS mandiri melalui WhatsApp. Langkah ini termasuk sangat mudah dan dapat dilakukan siapa saja secara sekarang WA sudah hampir semua menggunakan aplikasi tersebut.

Langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Hubungi Nomor WA BPJS

Langkah pertama dengan menghubungi nomor WA 08118750400 dan ketik dengan kata hai atau halo.

2. Tunggu Informasi

Setelah itu akan muncul informasi yang diberikan oleh CHIKA. CHIKA merupakan Chat Assistant JKN BPJS kesehatan dan pilih menu nomor 2 serta cek tagihan iuran.

3. Masukkan NIK atau Nomor Kartu BPJS

Langkah ketiga cara mengecek tunggakan BPJS dengan memasukkan NIK atau kartu BPJS peserta. Jangan lupa untuk memasukkan tanggal lahir yang benar agar dapat dilakukan pemrosesan.

4. Cek Tagihan

Dari sini akan diperlihatkan secara lengkap tunggakan iuran tagihannya.

Cara Cek Tunggakan BPJS melalui Aplikasi JKN

Cara kedua yang dapat dilakukan peserta untuk cek tunggakan BPJS kesehatan online melalui aplikasi JKN. Aplikasi ini memang sangat memudahkan peserta karena peserta tinggal melakukan download dan login.

Selain itu dengan penerapan secara digital tidak perlu datang ke kantor cabang hanya untuk menanyakan berapa tunggakannya. Semua dapat dilakukan dengan praktis dimanapun keberadaannya selama ada koneksi internet.

Untuk melakukan cek tunggakan melalui aplikasi dapat mengikuti langkah berikut ini:

1. Download Aplikasi Mobile JKN

Langkah pertama cara mengecek tunggakan BPJS melakukan download aplikasi Mobile JKN yang dapat dilakukan secara gratis. Tentu saja melalui Google Play Store atau App Store. Sebelum melakukan unduhan pastikan dulu jaringan koneksi internet stabil dan lancar.

2. Daftar

Apabila belum memiliki akun dalam aplikasi tersebut lakukan registrasi. Ikuti caranya secara urut dan berikan data yang dibutuhkan.

3. Login

Apabila telah terverifikasi dapat melakukan login untuk masuk ke akun yang baru saja dibuat. Dari sini pilih saja cek denda dan menu tagihan dan selanjutnya pilih premi.

4. Informasi Tunggakan

Setelah itu akan muncul informasi mengenai tunggakan yang belum terbayarkan. Dengan begitu tak perlu bingung lagi untuk mengetahui jumlah tunggakan yang harus dibayarkan.

Cek Tunggakan BPJS Melalui Telegram

Jika ingin melakukan cara mengecek tunggakan BPJS lain yang tak kalah praktis dapat cek tunggakan melalui telegram. Aplikasi satu ini dapat dilakukan jika peserta mengunduh aplikasinya di android atau perangkat yang dimiliki. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Cari BPJS Kesehatan

Langkah pertama dengan mengetik BPJS kesehatan pada pencarian.

2. Cek CHIKA dan Start

Selanjutnya dengan memilih Chika BPJS Kesehatan. Setelah itu akan muncul menu start dan akan muncul tagihan saya.

3. Masukkan Nomor KTP

Cek tunggakan BPJS dengan KTP tinggal memasukkan NIK atau kartu BPJS dan memasukkan tanggal lahir peserta yang bersangkutan.

4. Informasi Tagihan

Dari sini CHIKA akan memberikan informasi berapa jumlah tagihan yang perlu dibayarkan dengan detail dan lengkap.

Cek Tunggakan Melalui Layanan Gateway

Tenang saja, jika tidak memiliki layanan SMS, dapat dilakukan cek tagihan. Cara mengecek tunggakan BPJS tagihan BPJS dapat dilakukan dengan SMS, caranya adalah:

1. Masuk Menu SMS

Masuk lewat HP menu SMS dan ketikkan sesuai format: Tagihan (spasi) nomor kartu BPJS kesehatan.

2. Kirim ke 087775500400

Jika telah mengetikkan pesan tersebut kirim ke nomor 087775500400.

3. Cek Informasi

Setelah itu akan mendapatkan balasan dari nomor yang bersangkutan berupa informasi tagihan peserta dengan lengkap.

Cek Tunggakan BPJS Melalui Situs Resmi

Cara mengecek tunggakan BPJS yang tak kalah mudah dapat dilakukan melalui situs resmi BPJS kesehatan. Adapun langkahnya praktis juga seperti yang lain, yaitu:

1. Masuk Situs Resmi

Peserta dapat masuk cek situs resminya bpjs-kesehatan.go.id cek iuran di daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking

2. Isi Data

Selanjutnya jika telah masuk situs resminya dapat melakukan isi data yang dibutuhkan. Data ini mencakup nomor kartu BPJS dan tanggal lahir. Apabila selesai mengisi data dengan benar maka akan akan muncul validasi data dan dapat dilanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Cek Tunggakan

Langkah terakhir dengan klik cek iuran pada layar yang muncul dan tunggu hingga informasi tunggakan terlihat.

Cek Tunggakan Melalui Care Center

Masih ada satu cara cek tagihan BPJS yang dapat dilakukan ketika ingin melakukan cek tunggakan iuran BPJS yaitu melalui care center. Cara ini sangat praktis dan peserta mendapatkan informasi dengan mudah.

Langkah mudahnya dengan langsung cek mandiri menghubungi care center di 1500-400. Setelah tersambung dapat bertanya pada operator yang menerima tentang berapa nominal jumlah tunggakan. Dengan demikian tunggakan akan langsung diketahui secara cepat.

Baca juga: Cara Mengecek Pembayaran BPJS dengan Mudah

Beberapa langkah mudah dapat ditempuh untuk mengetahui jumlah tunggakan iuran BPJS. Tinggal pilih mana yang sekiranya dianggap paling praktis dan mudah. Meskipun semuanya sudah sangat mudah dilakukan. Dengan tahu cara mengecek tunggakan BPJS maka tidak panik lagi jika dibutuhkan BPJS ini. Status kartu BPJS akan selalu aktif kembali jika iuran dibayar rutin dan dapat digunakan ketika diperlukan sewaktu-waktu.

0
45