Kalian Harus Tahu 4 Unsur Penting Sebelum Ganti Pekerjaan Supaya Tidak Menyesal

Unsur Penting Sebelum Ganti Pekerjaan

Jobnas.com – Pernahkah kalian berpikir atau ada niatan Ganti pekerjaan? Alasannya, karena bosan atau tidak terbiasa dengan pekerjaan kalian saat ini. Sebelum itu terjadi, pernahkah kalian berpikir untuk mencobanya?

Mengapa saya mengatakan dan mempertanyakan begitu karena faktanya banyak karyawan menyerah pada karir yang telah mereka bangun sejauh ini dan mereka ingin mencoba pekerjaan baru.

Misalnya, seseorang yang telah bekerja sebagai akuntan selama bertahun-tahun. Kemudian mereka mengundurkan diri untuk mengejar mimpi barunya menjadi seorang desainer grafis. Hal ini tidak mungkin terjadi apabila profesi mereka tidak memiliki latar belakang keilmuan yang sama.

Jika kalian memiliki keterampilan dan bersedia melanjutkan pendidikan tapi masih bingung bagaimana cara mengubah karir supaya kalian merasa nyaman dengan karir barumu?  Jobnas.com punya jawabannya, yaitu ada empat hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan.

Pertama, Pahami Mengapa Ingin Pindah Pekerjaan

Berganti pekerjaan adalah sebuah keputusan besar, jangan kalian lakukan hanya karena alasan bosan dan senang. Memilih mengubah karir dengan alasan bosan tanpa pertimbangan yang matang hanya akan menyesal pada akhirnya. Terutama jika perubahan itu tidak sesuai dengan ekspektasi. Tentu kalian akan menyesalinya.

Sebenarnya banyak orang masih tidak memahami tujuan karir mereka dan akibatnya cenderung membuat keputusan yang salah. Jadi jika kalian ingin mencoba peluang karir baru, kalian mempunyai alasan yang bagus. Dan perlu diingat perjelaslah tujuanmu terlebih dahulu apa yang ingin kalian capai dalam pekerjaan baru.

Kedua, Pastikan Anda Memiliki Keterampilan yang Anda Butuhkan

Berikutnya yang perlu dipertimbangkan sebelum berganti karir ialah, keterampilan yang kalian butuhkan. Lifehacker mengatakan tidak ada jalur karier baru yang akan berjalan mulus kecuali kalin terlebih dahulu matang telah menyiapkan keterampilan yang diperlukan. Misalkan, kalian suka menulis dan ingin menjadi penulis konten sebab keterampilan itu yang kalian punya.

Menjadi penulis konten membutuhkan unsur-unsur lain seperti kemampuan penelitian, kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan untuk tetap di atas trend. Jadi sebelum kalian memutuskannya untuk mengubah karir, kalian harus terlebih dahulu memastikan bahwa kalian sudah mempuni akan unsur-unsur yang dibutuhkan. Jangan sekali-kali mencoba pekerjaan baru. Jika keterampilanmu tidak memadai.

Ketiga, Apakah Sudah siap untuk memulainya?

Motivasi mental untuk memulai karir juga harus diperhitungkan. Pasalnya, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mempersiapkan karir dan memulai dari awal. Jika kalian berganti pekerjaan, kalian harus memulai dari awal lagi, jadi Anda tidak bisa menjadi ahli. Jadi kalian harus siap menghadapi situasi ini.

Bahkan jika jika seorang senior di pekerjaan kalian sebelumnya, kalian tidak bisa langsung menjadi senior di tempat baru kalian bekerja. Masih harus banyak belajar dan menyesuaikan diri dengan pekerjaan dan tanggung jawab yang baru.

Bahkan jika kalian harus memulai dari awal, hidup akan lebih mudah jika kalian memiliki kemauan dan kepercayaan diri yang kuat dalam pekerjaan baru. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk pindah kerja, persiapkan mental sebaik mungkin agar tidak menyesal di kemudian hari.

Keempat, Memahami Konsekuensi

Membuat keputusan untuk mengubah pilihan karir bukan hanya tentang mengubah pekerjaan kita. Hal lain yang juga akan berubah ialah pendapatantentunya. Sebab yang menjadi tujuan utama kita mencari pekerjaan adalah untuk dapat menghasilkan uang. Tentu saja, tidak semua orang berpikir demikian. Karena masih banyak orang yang mewariskan pengalaman kerja dan ilmunya.

Tidak dapat disangkal bahwa pendapatan adalah salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi keputusan perubahan karir. Namun demikian, masih banyak orang yang bersikeras berganti pekerjaan untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan dan tidak peduli berapa gaji yang mereka terima.

Jadi jika kalian benar-benar ingin berganti pekerjaan, teliti dulu kisaran gaji dari pekerjaan lama ke pekerjaan yang baru. Jika penghasilannya dirasa kurang dari penghasilan pekerjaan kalian saat ini, kalian harus mempertimbangkan kembali keamanan financial terlebih dahulu.

Perencanaan keuangan yang tepat sangat penting untuk mendukung masa transisi. Selain itu, jika penghasilan kalian dari pekerjaan baru tidak sama dengan sebelumnya, sangat penting untuk menyiapkan tabungan untuk stabilitas keuangan.

Baca juga: Inilah Penetapan Angka UMP di DKI Jakarta Tahun 2021 

Apakah kalian sudah memutuskan untuk melakukan perubahan karir jika kalian sudah mengetahui apa yang perlu kalian pertimbangkan sebelum pindah? Jobnas.com memiliki banyak Lowongan Kerja terbuka di berbagai bidang, termasuk desain, ilmu data, dan keuangan. Jangan ragu untuk mendaftar sekarang!

0
54