Tokoh Penting di Balik Corporate Secretary Sebagai Penentu Stabilitas Perusahaan

Google News
Tokoh Penting di Balik Corporate Secretary Sebagai Penentu Stabilitas Perusahaan
Tokoh Penting di Balik Corporate Secretary Sebagai Penentu Stabilitas Perusahaan

Jobnas.com – Meski terlihat sepele, pekerjaan Corporate Secretary jelas sangat menentukan stabilitas perusahaan. Tanpa itu, semua kepentingan administrasi pasti akan runtuh.

Untuk mengelola semua dokumen perusahaan dan catatan kepatuhan, dewan pembuat keputusan biasanya mempekerjakan seorang sekretaris perusahaan.

Di kesempatan ini Jobnas akan merangkum semua tugas, tanggung jawab dan kualifikasi yang dibutuhkan seorang sekretaris perusahaan.

Siapa Sekretaris Jenderal?

The Adapting Osome, Keamanan Perusahaan atau Sekretaris Perusahaan, adalah pejabat pemerintah yang bertanggung jawab atas kepatuhan internal serta semua dokumen perusahaan yang diperlukan untuk tujuan hukum.

Dengan demikian, tugas mereka biasanya mencakup mengeluarkan resolusi perusahaan, mengelola catatan peraturan, memelihara pembukuan perusahaan, dan aktivitas administratif lainnya. Mereka berbagi tanggung jawab dengan direktur dan CEO untuk mengelola sejumlah kewajiban hukum yang menjadi prioritas perusahaan.

Jika seorang sekretaris perusahaan menemukan kesalahan karyawan atau pelanggaran peraturan, adalah tugasnya untuk segera memberi tahu manajer dan, dalam beberapa kasus, melaporkannya ke pihak berwenang. Kemudian, sambil menyimpan dokumentasi yang akurat untuk memenuhi persyaratan hukum adalah pekerjaan utama mereka, sekretaris perusahaan juga merupakan orang kepercayaan dan sumber daya untuk dewan direksi dan tim manajemen. .

Mereka terkadang diminta untuk memberi nasihat dan nasihat tentang tanggung jawab dewan direksi dan tim logistik. Jadi, selama bertahun-tahun, sekretaris perusahaan telah dianggap sebagai pejabat senior yang strategis, memainkan peran penting dalam manajemen administrasi dan hukum perusahaan.

Tanggung Jawab Sekretaris Jenderal

Tugas seorang sekretaris perusahaan sangat bervariasi. Mereka harus mengelola administrasi, birokrasi, kepatuhan, dan operasi bisnis umum. Bagi kalian yang baru bekerja, pekerjaan manajemen kasus adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika mendengar sekretaris perusahaan.

Secara sederhana, tanggung jawab dan tugas seorang sekretaris perusahaan adalah sebagai berikut.

1. Mengelola Rapat Dewan

Mereka juga diminta untuk memimpin bersama semua rapat dewan dan komite, termasuk perencanaan strategis, pengaturan agenda, mengundang peserta yang diperlukan, memesan ruang rapat, dan mencegah kemungkinan masalah logistik.

Sekretaris perusahaan juga harus mengawasi rapat pemegang saham dan mencatat semua kesepakatan yang dicapai dalam rapat tersebut. Keamanan korporat bertanggung jawab untuk mengatur jadwal rapat dewan.

2. Dokumentasikan Program Bisnis Secara Lengkap

Lebih dari sekedar salesperson, corporate security adalah pejabat yang akan mencatat semua pernyataan dari para pemangku kepentingan. Risalah rapat harus akurat dan dapat dibaca agar dapat disampaikan langsung kepada direksi dan karyawan lainnya.

Sekretaris Jenderal tidak hanya bertugas menjalankan kongres. Mereka juga bertanggung jawab untuk merekam semua konten dan mengedarkan risalah rapat.

3. Penasihat yang Handal

Sekretaris perusahaan harus bersedia dan mampu memberi nasihat kepada dewan direksi tentang tujuan dan tugas para pemimpin organisasi.

Jika perusahaan memiliki anak perusahaan, sekretaris perusahaan biasanya yang memberi nasihat kepada dewan direksi tentang cara mengelola dan menjalankannya. Oleh karena itu, sekretaris perusahaan biasanya adalah orang yang sudah lama bekerja di bidang bisnis dan hukum.

4. Bertanggung Jawab untuk Melatih dan Mengembangkan Dewan Direksi

Sekretaris perusahaan adalah mereka yang memimpin proses peninjauan dewan. Mereka akan melakukan audit tata kelola perusahaan, membantu menyelesaikan masalah perencanaan suksesi, dan membantu direktur dalam program pelatihan dan orientasi.

Kualifikasi dan Keterampilan Sekretaris Jenderal

Jika kalian melihat banyaknya tanggung jawab dan tugas sekretaris perusahaan, menjadi jelas bahwa ini adalah kumpulan individu dengan kualifikasi dan keterampilan yang tidak dapat diabaikan. Tugasnya sangat banyak dan tentu harus professional.

Daftar kualitas dan kemampuan yang harus dimiliki seorang petugas keamanan perusahaan adalah sebagai berikut.

  • Pengetahuan organisasi
  • Keterampilan perencanaan
  • Perhatian cermat terhadap detail
  • Keterampilan multitasking
  • Kemampuan komunikasi efektif
  • Keterampilan membuat keputusan yang kuat
  • Prioritas diberikan kepada lulusan jurusan bisnis, hukum, administrasi perkantoran, kesekretariatan

Begitulah detail atau macam-macam rahasia perusahaan yang telah dirangkum oleh Jobnas untuk kalian ketahui. Yang harus dicacat setelah kalian mengetahuinya, pekerjaan seorang sekretaris bukanlah posisi yang bisa diremehkan atau disepelekan.

Dalam posisi yang bisa dianggap sangat strategis, tanggung jawab mereka sangat penting untuk stabilitas perusahaan.

Baca juga: Apakah PayLater Sama Seperti Kartu Kredit?

Jika misalkan kalian semua berminat, di website Jobnas banyak sekali lowongan sekretaris perusahaan yang siap menerima lamaran. Jangan sampai lewatkan informasi penting seperti ini. Siapa tahu kalian bisa menjadi bagian penting sebuah perusahaan. Pendaftarannya gratis!