4 Tips Mengucapkan Selamat Tinggal Kepada Rekan Kerja dan Atasan Paling Menyentuh Hati, Lengkap Dengan Contohnya

Jobnas.com – Mengucapkan selamat tinggal kepada rekan kerja adalah hal penting yang Anda lakukan saat meninggalkan perusahaan karena berbagai alasan, seperti terpaksa berhenti atau karena sedang mencari peluang karir di tempat lain.

Karena lebih dari sekadar cara untuk menunjukkan penghargaan atas waktu dan kerja sama yang telah Anda habiskan bersama, mengucapkan selamat tinggal di tempat kerja juga membantu menjaga hubungan profesional Anda.

Jadi bagaimana Anda mengucapkan selamat tinggal pada pekerjaan yang baik dan berkesan? Berikut adalah cara dan contoh kerja selamat tinggal yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Bagaimana mengucapkan selamat tinggal di tempat kerja

Memberikan kartu selamat tinggal di tempat kerja untuk menunjukkan rasa terima kasih Anda kepada rekan kerja dapat Anda lakukan dengan berbagai metode.

Ada berbagai metode dan cara untuk mengucapkan selamat tinggal di tempat kerja dengan atasan atau kolega Anda, seperti:

1. Hand-delivered/Ucapan Langsung

Ungkapan perpisahan yang paling baik dan berkesan adalah dengan mengucapkan secara langsung, bisa dengan meluangkan waktu di hari terakhir kerja untuk mengucapkan selamat tinggal secara langsung kepada rekan kerja di perusahaan.

Ini adalah cara yang tepat untuk Anda, terutama untuk rekan kerja yang sangat dekat dengan Anda

2. Kartu Ucapan

Cara yang selanjutnya untuk mengucapkan selamat tinggal pada rekan kerja adalah dengan menggunakan kartu ucapan.

Kartu ucapan selain simple, juga bisa menjadi kenang-kenangan bagi rekan kerja untuk mengingatkan Anda bahwa Anda pernah menjadi salah satu bagian di perusahaan tersebut.

Berikan kartu ucapan selamat tinggal kepada atasan atau rekan kerja Anda untuk menunjukkan rasa terima kasih Anda atas dukungan yang telah mereka berikan kepada Anda dalam perjalanan karir Anda.

Terima juga doa dan harapan terbaik Anda untuk kesuksesan masa depan rekan-rekan Anda.

Cara mengucapkan selamat tinggal di tempat kerja ini bisa jadi sulit jika Anda harus mengucapkannya kepada setiap karyawan. Oleh karena itu, Anda bisa memberikannya kepada rekan kerja yang lebih dekat dengan Anda.

3. Email Perpisahan

Mengirim email perpisahan di tempat kerja pada hari terakhir Anda atau sehari sebelum hari terakhir Anda bekerja adalah cara lain untuk mengucapkan selamat tinggal kepada rekan kerja dan perusahaan Anda.

Tidak seperti kartu ucapan, Anda dapat dengan lebih mudah mengirim ucapan selamat tinggal bisnis melalui email ke lebih banyak penerima.

Selain dapat menjangkau lebih banyak rekan kerja, cara ini juga merupakan alternatif lain untuk mendapatkan detail kontak rekan kerja dari perusahaan lama Anda jika ingin menjaga relasi dan jaringan jaringan di kemudian hari.

4. Mengadakan pesta perpisahan kecil

Cara lain untuk mengucapkan selamat tinggal kepada rekan kerja dan juga atasan di tempat kerja adalah dengan mengadakan pesta perpisahan kantor.

Anda dapat merencanakan pertemuan hanya dengan memesan makanan untuk dimakan bersama saat makan siang. Ini adalah saat Anda dapat mengirim ucapan selamat tinggal kepada mereka secara langsung di tempat kerja.

Baca Juga: Digital Marketing Hack, Kenali 5 Cara Menggunakan Hingga Raup Banyak Uang

Tips membuat email perpisahan kerja

Jika Anda memutuskan untuk mengucapkan selamat tinggal pada pekerjaan Anda melalui email, pertimbangkan tips berikut untuk membuat email perpisahan kerja.

1. Bersikaplah positif.

Tujuan dari email selamat tinggal di tempat kerja  adalah untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada orang-orang yang telah bekerja dengan Anda.

2. Tulislah secara singkat.

Yang Anda butuhkan hanyalah  ucapan terima kasih singkat dan cara untuk tetap berhubungan dengan Anda.

3. Dikirim pada hari terakhir.

Pastikan untuk mengirim email setidaknya satu atau dua hari sebelum Anda pergi untuk memberi waktu kepada rekan kerja untuk merespons.

4. Berbagi informasi kontak.

 Saat Anda meninggalkan perusahaan, email kantor yang biasa Anda gunakan  akan dinonaktifkan. Jadi pastikan untuk meninggalkan kontak alternatif Anda di email selamat tinggal Anda di tempat kerja sehingga rekan kerja Anda tetap dapat mempertahankan hubungan di masa mendatang.

Jika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan kecil tempat Anda bertemu  semua karyawan, tidak ada salahnya mengirim email ke semua orang. Namun, jika perusahaan Anda besar, Anda dapat memilih untuk hanya mengirim email perpisahan kerja  kepada tim atau orang terdekat Anda yang sering berkolaborasi dengan Anda dalam berbagai proyek atau tugas.

Contoh email perpisahan kerja yang bisa dijadikan referensi:

Subject: Terima kasih

Kepada rekan-rekan kerja [nama perusahaan],

Seperti yang mungkin sudah kalian dengar, saya akan meninggalkan posisi saya sebagai [jabatan] di [nama perusahaan], per tanggal [hari terakhir].

Saya selalu bersyukur atas waktu yang saya habiskan di perusahaan ini. Sungguh pengalaman tak terlupakan bisa bekerja dan mengenal kalian semua.

Meski saya sudah tidak di kantor ini lagi, namun saya tetap berharap kita semua bisa selalu menjaga silaturahmi di masa yang akan datang. Kalian bisa menghubungi saya di email [email pribadi] atau di nomor [nomor telepon].

Sekali lagi terimakasih dan sukses selalu untuk kalian semua ya.

Regards,

Nama

Beberapa Contoh ucapan perpisahan kerja

Tidak ada salahnya meluangkan waktu sebelum hari terakhir untuk mengucapkan selamat tinggal kepada rekan kerja

 1. Selamat tinggal kepada atasan atau mentor Anda

“Sebelum saya pergi, saya ingin mengucapkan terima kasih karena  selalu membantu. bantu saya untuk meningkatkan dan membuat pekerjaan saya  lebih efisien . Anda adalah bos yang baik. Terima kasih.”

“Terima kasih telah memberi saya kesempatan untuk bekerja dalam tim Anda. pengalaman dan perjalanan yang tak terlupakan. Semoga kita bisa tetap  berhubungan. Terima kasih banyak bos. “

” Saya menghargai kesempatan yang dia berikan kepada saya untuk dapat bekerja di sini dan menjadi bagian dari tim. Saya tidak akan pernah melupakan pengalaman  saya  di sini. “

” Anda telah menjadi mentor yang sangat baik. Saya harap Anda akan terus mendidik staf seperti Anda mendidik saya. Anda adalah yang terbaik dan saya pasti akan tetap berhubungan dengan Anda. “

” Terima kasih telah menjadi mentor yang luar biasa. Saya pasti akan menelepon kembali jika saya memiliki pertanyaan terkait pekerjaan dan karier. Terima kasih untuk semua yang kau ajarkan padaku. “

2. Perpisahan dengan rekan setim

” Waktu saya  di sini  luar biasa. Terima kasih banyak atas semua dukungan dan bantuan Anda. “

” Perasaan saya campur aduk saat menulis ini. Di satu sisi, saya sangat sedih harus meninggalkan perusahaan dan tim yang begitu hebat. Namun di sisi lain, peluang kerja yang muncul tidak boleh dilewatkan begitu saja. Senang bekerja  dengan kalian semua. “

3. Perpisahan dengan kerja sama

” Terima kasih telah menjadi rekan kerja yang baik! Jangan ragu untuk menghubungi saya jika Anda butuh sesuatu! “

” Walaupun kita tidak sering berbicara, mari kita tetap berhubungan, oke? Semoga berhasil. “

” Saya bersyukur atas waktu yang saya habiskan untuk bekerja di sini. Tapi saya harus pergi untuk mencari kesempatan lain. Sampai jumpa lagi. “

” Saya senang bekerja dengan Anda setiap hari. Aku harap persahabatan kita akan terus berlanjut di masa depan. “

” Bekerja di sini adalah sesuatu yang luar biasa bagi saya. Terima kasih semua atas dorongan dan dukungan Anda  selama bertahun-tahun. “

” Kalian telah membuat pengalaman saya bekerja di sini  lebih baik. Saya bisa bersenang-senang dan belajar banyak hal baru. Saatnya kita  berpisah. Saya berterima kasih untuk semuanya. Aku harap kita  bisa bertemu lagi. “

4. Ucapan perpisahan untuk rekan yang berhenti kerja

“Selamat atas pekerjaan barumu. Semoga berhasil.”

“Saya telah belajar banyak dari Anda. Selamat untuk Anda dan semua yang terbaik untuk masa depan!”

“Kontribusimu untuk tim pasti akan selalu diingat. Tetap berhubungan, oke?”

“Saya harap pengalaman Anda di tempat baru Anda akan menyenangkan seperti yang telah kita kerjakan bersama selama ini. Semoga berhasil dan terima kasih untuk semuanya.”

Berikut adalah beberapa tip dan contoh selamat tinggal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum meninggalkan majikan Anda sebelumnya.

Tinggalkan kesan yang baik sebelum meninggalkan perusahaan dengan alasan apapun, sebab dengan cara ini, Anda dapat mempertahankan kesan positif dan profesional tentang diri Anda di mata rekan kerja Anda.

Itu dia beberapa tips mengucapkan selamat tinggal kepada rekan kerja dan juga atasan yang paling berkesan, hindari kata-kata yang bisa menyinggung perasaan orang lain, selalu bersikap positif.

Selebihnya, silahkan Anda bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dan juga teman kerja Anda, sehingga Anda akan tetap berkesan di mata orang lain. Semoga bermanfaat!

Jobnas
Logo
Compare items
  • Total (0)
Compare
0
Shopping cart