Tingkatkan Brand Consideration-mu, Maka Penjualanmu Akan Meningkat Lebih Pesat

Google News
Tingkatkan Brand Consideration-mu, Maka Penjualanmu Akan Meningkat Lebih Pesat
Tingkatkan Brand Consideration-mu, Maka Penjualanmu Akan Meningkat Lebih Pesat

Jobnas.com – Apakah kamu sebelumnya pernah mendengar istilah brand consideration? Ya, istilah ini untuk tahapan di mana pelanggan sebelum membeli sesuatu, pasti melakukan pertimbangan-pertimbangan.

Sama halnya dengan brand awareness, brand consideration sangat penting untuk ditingkatkan. Nah, bagaimana cara meningkatkannya?

Simak selengkapnya cara-cara berikut ini, ya!

Mengenal Brand Consideration

Sebelum memahami istilah brand consideration ini, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu soal brand awareness. Karena keduanya berkaitan satu sama lain.

Secara sederhana, brand awareness menggambarkan seberapa akrab brand-mu dengan konsumen. Fungsinya untuk menunjukkan bagaimana brandmu menurut penilaian mereka.

Nah, setelah calon konsumen mengenal dan akrab dengan brandmu, selanjutnya mereka akan memikirkan apakah mau membelinya atau tidak. Inilah yang dimaksud dengan brand consideration.

Nah, setelah pertimbangan dilakukan, mengutip MarketingIQ, ada dua kemungkinan yang akan terjadi; ada pihak yang tertarik untuk membli, ada pula yang malah menghindarinya.

Pertimbangan ini bisa menjadi sebuah indikasi yang menggambarkan salah satu jenis hubungan pelanggan dengan brand.

Mengapa Brand Consederation Harus Diperhitungkan?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, sederhananya begini, jika pelanggan tidak mempertimbangkan merek atau brandmu, mereka tentu akan memilih merek lain yang sudah dipertimbangkan sebelumnya.

Jawaban yang sangat logis, bukan? Bagaimana audiens bisa memilih brandmu jika ia tak ada di daftar pilihan?

Itulah yang menjadi alasan mengapa brand consideration adalah hal yang harus kamu pikirkan. Besar kemungkinan, jika ia sudah terbangun dengan baik, para pembeli akan berdatangan.

Ternyata, merek atau brand yang berhasil masuk ke tahap consideration punya kemungkinan tiga kali lebih besar untuk dibeli produknya. Hal ini terungkap dalam salah satu riset tentang customer journey.

Tips Meningkatkan Brand Consideration

Setelah mengetahui betapa penting brand consideration, yang perlu dipelajari selanjutnya adalah tips-tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya.

Disadur dari BBF Digital, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan di antaranya adalah:

1. Jadikan KPI

Pada dasarnya, pertimbangan merek merupakan salah satu indicator dari brand health. Dengan fakta ini dan pertimbangan penjualan, ia harus dijadikan salah satu key parameter index (KPI).

2. Posisikan brand dengan baik

Untuk bisa memposisikan brand mu dengan baik, kamu perlu memerhatikan dua hal; Apa masalah pelanggan yang ingin diselesaikan dan apa kebutuhan mereka yang ingin kamu penuhi. Pastikan produkmu bisa menjadi solusi untuk mereka.

Dengan begitu, merekmu tentu akan dipertimbangkan oleh calon pelanggan mau dibeli atau tidak. Otomatis brand consideration brandmu akan meningkat.

3. Tonjolkan keunggulan produkmu lalu buktikan

Dalam persaingan marketing, yang harus ditunjukkan adalah keunggulan atau nilai lebih yang ditawarkan produkmu. Istilah marketingnya lebih dikenal dengan value proposition.

Nah, karena berupa nilai, kamu juga harus membuktikannya. Sebab ini akan berdampak jangka panjang pada pertimbangan produkmu.

4. Tingkatkan brand experience

Sebagai marketer, kamu tentu tak akan puas dengan satu tampat saja untuk prospek marketing. Lebih banyak tempat, lebih berpotensi untuk mendapat pelanggan, seperti blog, media sosial, dan lain-lain.

Jika demikian, pastikan untuk membuat konten yang mendukung brand experience, seperti layanan yang baik, desain konten yang selaras, dan semacamnya.

Semua itu akan dapat meningkatkan brand consideration.

5. Jangan janji berlebihan

Jika sudah menerapakan langkah ketiga dan keempat di atas, yakni membuat value proposition dan konten yang mendukung brand experience, yang yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah jangan menjanjikan sesuatu yang berlebihan yang tidak proporsional dengan kualitas produkmu.

Jika produkmu tidak sesuai dengan yang kamu janjikan, imbasnya pelanggan akan kecewa. Otomatis brand consideration bukannya meningkat, tetapi malah sebaliknya.

So, kesimpulannya, tingkatkan brand considerationmu, maka penjualanmu akan meningkat.

Semoga bermanfaat!