Tantangan Para Ayah Saat Bekerja, Begini Tipsnya

Tantangan Para Ayah Saat Bekerja, Begini Tipsnya

Jobnas.com – Tidak hanya pekerjaan rumah dan pekerjaan yang menumpuk, sang ayah juga harus memikirkan kondisi keluarganya di rumah. Menjadi ayah yang bekerja bukanlah prestasi kecil. Mereka memiliki banyak tanggung jawab untuk dipikirkan mulai dari mencari nafkah keluarga dll.

Jadi, tidak jarang ayah yang sibuk bekerja memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang kurang maksimal.

Kali ini, Jobnas akan menjelaskan empat tantangan umum yang dihadapi ayah yang bekerja dan saran terbaik tentang cara mengatasinya dengan baik.

Adapun tantangan-tantangan yang sering dilami oleh seorang ayah sebagai berikut:

1. Kurang Tidur

Tantangan yang paling umum yang akan dihadapi seorang ayah yang bekerja adalah kurang tidur. Hal ini sering terjadi karena seorang ayah harus menyelesaikan pekerjaan di kantor dan menghidupi keluarga di rumah.

Apalagi jika seorang ayah baru saja memiliki istri yang baru saja melahirkan. Tidak jarang mereka harus mengerjakan pekerjaan double yaitu pekerjaan rumah dan membantu istri mengurus bayi.

Akibat dari kerja double yang dialami, sebagian besar sang ayah yang bekerja hanya menghabiskan 3-5 jam sehari untuk tidur. Kondisi seperti ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kelelahan, stres dan gangguan kesehatan lainnya.

Jadi alangkah lebih baiknya yang perlu dilakukan sang ayah perlu mempertimbangkan waktu luang untuk dirinya sendiri. Bahkan, jika perlu, ambil cuti beberapa hari dan habiskan waktu sendirian.

2. Merasa Bersalah

Selanjutnya, seorang ayah yang juga pekerja sering merasa bersalah karena tidak memiliki waktu yang cukup besama keluarga. Misalnya, aktivitas dan tanggung jawab yang menumpuk di perusahaan rintisan bisa menjadi penghalang bagi seorang ayah untuk pulang dan beristirahat bersama keluarga.

Namun, masalah ini sebenarnya dapat dihindari jika seorang ayah dapat mengatur semua kegiatan sehari-harinya. Mulailah dari yang sederhana, seperti berjanji untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum jam 7 malam dan akhiri hari dengan keluarga.

Jika seorang ayah ingin lebih teratur, gunakan aplikasi penjadwalan di ponsel cerdas, lalu cari tahu waktu luang yang dapat dihabiskan bersama istri dan anak-anak.

3. Mengelola Harapan

Terkadang, kalau sudah menjadi menurut Orang Tua, terutama menjadi seorang ayah. Tantangan lainnya adalah harapan yang mereka terima dari tempat kerja.

Mungkin mereka punya jadwal dan rencana untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun, perusahaan menolak dan berharap mereka lebih efisien.

Hal ini menjadi dilema bagi para ayah yang bekerja di luar rumah. Misalnya, 50% ayah yang bekerja mengatakan bahwa mereka merasa sangat sulit menyeimbangkan pekerjaan dan tanggung jawab keluarga.

Faktanya, lebih banyak sang ayah saat ini yang mengalami konflik dan stres pekerjaan-keluarga daripada ibu yang bekerja. Untuk mengatasi masalah ini, seorang ayah perlu membicarakan prioritas mereka dengan atasan mereka di tempat kerja. Mereka perlu menyuarakan keluhan ketika pekerjaan itu tampaknya sangat mengganggu mereka.

Kemudian, jika kalian benar-benar tidak dapat berhenti, jangan ragu untuk memberi tahu keluarga kalian di rumah.

4. Merasa Kesepian

Beradaptasi dengan pekerjaan yang fleksibel, tantangan terakhir yang sering dialami para ayah yang bekerja adalah rasa kesepian.

Hal ini sering dirasakan oleh para ayah yang bekerja dari jarak jauh atau bekerja dari jarak jauh dengan anak-anaknya.

Mengapa begitu? Karena sanga ayah sering merasa lelah bekerja dan jarang bertemu dengan keluarga di rumah. Belum lagi mereka merasa stres karena harus menyeimbangkan tanggung jawab di kantor dengan mengurus keluarga di rumah.

Tahukah Anda? para ayah di era ini menggandakan waktu mereka dengan anak-anak dan menggandakan pekerjaan. Kali ini telah berlalu lebih dari ayah dari satu generasi yang lalu.

Untuk menghadapi tantangan ini, para ayah yang bekerja harus menghabiskan waktu bersama teman-teman tanpa keluarga.

Jadi, Jadwalkan untuk bersosialisasi dan menghabiskan waktu bersama rekan kerja. Jika kalian tidak bisa keluar rumah, hubungi saja teman yang memiliki Zoom atau platform konferensi video lainnya.

Begitulah empat tantangan yang sering dihadapi seorang ayah yang bekerja dan tips terbaik untuk menghadapinya.

Pada dasarnya, menjadi seorang ayah yang harus bekerja dan mencari nafkah tidaklah mudah. Mereka memiliki banyak tanggung jawab yang harus dipenuhi setiap hari.

Di balik semua tanggung jawab mereka, seorang ayah juga harus menjaga kesehatan mereka sendiri. Jangan sampai karir mereka mempengaruhi kesehatan fisik dan hubungan mereka dengan keluarga di kampung halaman.

Baca juga: Yuk Pelajari QRIS; Transaksi Praktis dengan Teknologi Digital

Apakah kalian masih ingin melanjutkan pembahasan topik ini? Mari baca terus artikel kami di blog yang sudah disediakan. Kalau kalian masih merasa bingung untuk mendapatkan informasi yang saling berkaitan, maka kalian bisa mendaftarkan diri kalian sekarang.

0
32