11 Skill yang Dibayar Mahal, Anda Harus Tahu Ini

Google News
11 Skill yang Dibayar Mahal Tahun 2023, Anda Harus Tahu Ini
11 Skill yang Dibayar Mahal Tahun 2023, Anda Harus Tahu Ini

Jobnas.com – Memiliki skill yang dibayar mahal dalam bekerja tentu menjadi impian setiap orang, namun semua itu tidak semudah yang kita bayangkan.

Karena kerja dengan gaji mahal perlu skiil dan keterampilan khusus yang harus dimiliki.

Apalagi di era teknologi yang semakin berkembang ini, semua jenis pekerjaan juga mengalami perkembangan, termasuk juga dengan skill Anda.

Kerena dunia kerja saat ini, tidak hanya membutuhkan tenaga saja, melainkan juga dengan skill khusus. Untuk itu, jika Anda ingin kerja dengan gaji tinggi, tentu Anda juga harus memiliki skill khusus yang dikuasai.

Skill yang Dibayar Mahal

Namun demikian, setiap masa memiliki trands kerja masing-masing, dan tentunya semua itu tergantung perkembangan zaman dan situasi.

Dan yang paling penting adalah jumlah gaji yang ditawarkan. Berikut ini adalah skill yang diprediksi akan dibayar mahal oleh perusahaan.

Penasaran apa saja skill yang dibayar mahal? Berukut ulasannya!

1. Software engineering

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan teknologi untuk menjalankan dan mengembangkan sistem bisnisnya. 

Oleh karena itu, diperlukan seseorang yang dapat memelihara, mengembangkan dan meningkatkan sistem teknologi.

Inilah sebabnya mengapa keterampilan perangkat lunak sangat penting untuk bisnis dan sangat diminati saat ini.

Software engineer atau full stack developer mendapatkan gaji rata-rata sekitar Rs 11,2 juta hingga Rp 20 juta per bulan.

2. Video editing

Terkait erat dengan digital marketing, video editing juga menjadi skill bergaji tinggi di tahun ini. 

Saat ini, video pendek seperti YouTube Shorts, Tik Tok, dan Instagram Reels menjadi salah satu sarana pemasaran produk yang utama.

Karena tren baru ini, banyak perusahaan membutuhkan editor video untuk membuat video yang menarik dan memikat.

3. Copywriting

Selain video editing, copywriting adalah keterampilan di mana seseorang mencoba mendorong  audiens untuk mengambil tindakan melalui tulisan. Tindakan itu meliputi, seperti membeli produk, memposting iklan atau mengirim email, dll.

Seorang copywriter juga harus bisa menulis pesan singkat seperti tagline, campaign, tagline dan caption.

Selain itu, Copywriting juga dapat menulis teks panjang seperti dialog untuk video pendek atau iklan.

Akibatnya, copywriting adalah pekerjaan yang sangat dicari akhir-akhir ini dan salah satu pekerjaan dengan bayaran tertinggi.

4. Analisis data

Kemampuan analisis data mencakup kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data dari berbagai sumber, seperti database, spreadsheet, atau aplikasi.

Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam berbagai industri, termasuk keuangan, teknologi, dan manufaktur.

Kemampuan analisis data yang baik akan memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik dan meningkatkan efisiensi.

5. Kemampuan pemrograman

Kemampuan pemrograman mencakup kemampuan untuk menulis kode yang efektif dan efisien untuk menyelesaikan berbagai tugas yang ditentukan.

Kemampuan pemrograman seperti Java, Python, dan R sangat dibutuhkan dalam industri teknologi, termasuk pengembangan aplikasi, analisis data, dan pembuatan sistem.

6. Kemampuan Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML)

Kemampuan dalam bidang AI dan ML mencakup kemampuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi model AI dan ML, termasuk pembelajaran mesin, deep learning, dan pemrosesan natural language.

Kemampuan ini akan sangat dibutuhkan dalam berbagai industri, termasuk teknologi, keuangan, dan manufaktur.

7. Digital marketing

Kemampuan dalam Digital marketing mencakup kemampuan untuk mengevaluasi dan mengelola kampanye pemasaran melalui media digital, seperti SEO, SEM, PPC, sosial media, dan email marketing.

Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam industri e-commerce dan periklanan, bidang ini akan selalu berkembang dan banyak diminati.

Baca Juga: Cara Tonjolkan Skill UX Designer pada Klien dan Rekruter dengan UX Case Study

8. Kemampuan Cybersecurity

Kemampuan dalam bidang keamanan siber mencakup kemampuan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengatasi ancaman keamanan siber.

Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam era digital ini untuk menjaga keamanan sistem dan data.

9. Cloud computing

Kemampuan dalam Cloud computing mencakup kemampuan untuk mengelola, mengoptimalkan, dan menyelesaikan masalah dalam lingkungan cloud computing seperti AWS, Azure, dan Google Cloud. Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam industri teknologi.

10. Project management

Kemampuan dalam project management mencakup kemampuan untuk mengelola proyek dari awal hingga akhir, termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Kemampuan ini sangat dibutuhkan tidak hanya dalam satu bidang industry saja, melainkan juga di dalam berbagai industri.

11. Kemampuan komunikasi

Kemampuan dalam komunikasi efektif dan interkultural mencakup kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dengan orang lain, baik secara lisan maupun tulisan, serta memahami dan menyesuaikan diri dengan budaya yang berbeda.

Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam era globalisasi, khususnya dalam industri yang melibatkan kerja sama dengan pihak asing atau perusahaan multinasional.

Tidak hanya itu saja, kemampuan ini juga penting dalam mengelola karyawan dan pelanggan dari latar belakang yang berbeda.

Nah, itulah beberapa skill yang dibayar mahal dan sangat dicari. Namun untuk gaji yang diterima untuk setiap skill yang disebutkan tergantung pada beberapa faktor seperti lokasi, industri, tingkat pengalaman dan kualifikasi, dan perusahaan yang bekerja.

Namun, beberapa estimasi gaji yang diterima untuk setiap skill dapat ditemukan dengan melakukan penelitian di situs web lowongan kerja seperti Glassdoor, LinkedIn, atau Indeed.

Namun pada umumnya, Kemampuan analisis data, pemrograman, AI dan ML, digital marketing, Cybersecurity, Cloud computing, Project management, dan komunikasi efektif dan interkultural dapat menghasilkan gaji yang cukup tinggi dibandingkan dengan beberapa skill lainnya.

Namun gaji yang diterima sangat tergantung pada skill yang dikuasai, pengalaman, dan kualifikasi yang dimiliki.

Jika ingin mendapatkan pekerjaan dengan bayaran tinggi, Anda wajib mempelajari salah satu atau lebih dari skill-skill tersebut.