Sistem Edge Computing Bisa Mempercepat Komputermu, Baca Ini!

Sistem Edge Computing

Jobnas.com – Edge computing adalah sistem komputer yang banyak berhubungan dengan Internet of Things (IoT). Namun, istilah ini mungkin terdengar asing di telinga Anda. Singkatnya, sistem ini memungkinkan data diproses di edge, seperti namanya. Dengan demikian, pemrosesan data sebagian besar dilakukan secara lokal.

Hal ini dapat mengurangi rute pemrosesan data dari sistem on-premise ke sistem cloud. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Edge Computing, anda bisa membaca sampai akhir artikel jobnas kali ini!

Definisi Sistem Edge Computing

Dalam beberapa tahun terakhir, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem penyimpanan cloud, seperti Google Drive, Apple iCloud, dan Amazon EC2. Berbagai pilihan layanan cloud ini mengandalkan internet sebagai server pusat. Anda dapat memproses dan menyimpan data di cloud.

Namun, bagaimana jika Anda perlu mengolah data tetapi tidak memiliki jaringan internet yang lengkap? Nah, edge computing hadir untuk mengatasi masalah tersebut. Menurut The Verge, edge computing adalah sistem komputasi yang berjalan di atau dekat sumber data.

Jadi, Anda tidak perlu bergantung pada cloud untuk melakukan semuanya sekaligus. Pasalnya, sumber data lebih dekat dengan pusat data. Data yang dihasilkan oleh perangkat Internet of Things (IoT) akan diproses lebih dekat ke tepi jaringan. Proses analisis data juga akan lebih cepat. Memang, kehadiran komputasi tepi bergantung pada peningkatan jumlah perangkat IoT. Perangkat ini membutuhkan pemrosesan data yang lebih cepat.

Oleh karena itu, edge computing dirancang untuk mempercepat dukungan untuk aplikasi real-time, seperti pemrosesan video, kecerdasan buatan (AI), robotika, dan lainnya. Ini ditulis oleh Network World. Saat ini, penggunaan edge computing dianggap ideal dalam berbagai situasi. Salah satunya adalah ketika koneksi internet di perangkat IoT Anda sedang buruk. Selain itu, keuntungan lain dari edge computing adalah dapat mengurangi latensi dan menggunakan bandwidth yang tidak perlu.

Manfaat Sistem Edge Computing

  1. Pertumbuhan Perangkat Internet of Things (IoT) Sangat Cepat.

Menurut Statista, akan ada 75,44 miliar perangkat IoT pada tahun 2025. Jumlah ini meningkat lima kali lipat dalam 10 tahun. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem teknologi untuk mendukung perangkat tersebut agar dapat beroperasi dengan lebih efisien.

Nah, banyak ahli yang mengatakan bahwa edge computing adalah sistem yang tepat untuk mendukung kinerja IoT. Dengan edge computing, sebagian besar komputasi akan dipindahkan ke edge. Penggunaan bandwidth dan sumber daya server juga akan lebih sedikit dari sebelumnya.

Selain itu, manfaat lain dari edge computing adalah berkurangnya latensi. Misalnya, Anda ingin mengirim pesan ke seseorang di gedung yang sama dengan Anda. Biasanya, pesan akan dialihkan ke luar gedung, diteruskan ke server di suatu tempat, dan kembali ke gedung Anda hingga orang tersebut menerimanya. Proses ini cukup lama. Menerima pesan juga tertunda. Namun, dengan edge computing, orang lain bisa mendapatkan pesan lebih cepat.

Kekurangan Sistem Edge Computing

Walaupun terlihat rumit dan sederhana, edge computing sebenarnya memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kelemahan edge computing adalah dapat meningkatkan kerentanan perangkat Internet of Things (IoT).

Faktanya, Anda memerlukan lebih banyak perangkat IoT dalam komputasi edge, seperti server edge dan perangkat dengan sistem komputasi yang kuat. Akibatnya, ada peluang baru bagi penjahat untuk membobol perangkat ini, seperti yang ditulis Cloudflare.

Selain itu, seperti yang disebutkan Glints, Anda juga perlu menambahkan perangkat keras lokal. Misalnya, CCTV membutuhkan komputer dengan kekuatan pemrosesan yang lebih besar. Dengan cara ini, sistem dapat menjalankan algoritme deteksi gerakannya sendiri.

Mungkin itu dulu penjelasan Jobnas tentang edge computing. Singkatnya, komputasi tepi adalah sistem komputer yang dijalankan pada atau di dekat sumber data. Sistem ini akan mempercepat pemrosesan dan pengiriman data dari perangkat Internet of Things (IoT).

Apakan anda sudah paham dengan sisitem yang satu ini? Kalau jawaban anda iya maka terapkan dan opmasi langsung mulai dari sekrang supaya laptop andi semakin cepat.

0
33