Inilah Enam Sikap dan Jenis Sang Hero dalam Kerja Tim Patut Ditiru

Job for Hero

Jobnas.com – Biasanya jika ada kata pahlawan seringkali dikaitkan dengan nasionalisme dan patriotisme. Padahal, pahlawan tidak sempit pengertiannya. Banyak sekali contoh kepahlawanan yang bisa diterapkan di tempat kerja. Misalnya sikap para pahlawan dalam kerja tim dan lainnya.

Kerja tim tidak lagi tabu bagi perusahaan. Tentunya setiap orang memiliki tujuan atau sasaran yang sama. Oleh karena itu, perlu adanya sikap yang mencerminkan kepahlawanan tim. Seperti apa criteria pahlawan ini? kelihatannya seperti apa? Simak jawaban Jobnas di bawah ini!

Sikap Heroik yang Bisa Kalian Contoh

Hero in the Office
Hero in the Office

1. Bisa Diandalkan

Pahlawan adalah seseorang yang dapat kalian andalkan. Begitu juga anggota tim yang baik. Kalian bisa menjadi anggota tim yang sukses, selalu siap membantu dan menjangkau rekan satu tim.

Selain itu, kalian juga harus beradaptasi dengan gaya dan kemampuan kerja orang lain. Dan ini akan memberi mereka kesempatan untuk beradaptasi dan membantu saat dibutuhkan. Ambil inisiatif untuk bertanya kepada rekan kerja kalian jika mereka membutuhkan bantuan.

2. Berperan Pemecah Masalah

Saat bekerja dalam kelompok, kalian pasti akan mengalami masalah yang muncul di rim. Sikap hero yang bisa kamu tiru dalam situasi seperti ini adalah memiliki skill problem solving.

Bos kalian mungkin mencoba memecahkan masalah, tetapi tidak ada salahnya untuk mencari solusinya sendiri. Rekan satu tim kalian akan menghargai keterampilan kalian, dan itu mungkin terbayar nanti ketika bos kalian menganggap kalian sebagai promosi.

3. Menyadari Akan kesalahan

Sikap heroik lain yang bisa kalian tiru dalam kerja tim adalah mengakui kesalahan yang kalian buat. Kalian perlu bertanggung jawab atas kesalahan kalian dan mencari solusi. Pahami bagaimana tindakan kalian dapat memengaruhi seluruh tim.

Dengan cara ini, kalian akan belajar dari kesalahan kalian dan mendapatkan lebih banyak rasa hormat dari tim.

4. Memiliki Kesadaran Diri

Untuk menjadi anggota tim yang hebat, kalian harus memiliki persepsi objektif tentang apa yang kalian lakukan dengan baik. Kesadaran diri berarti mampu menerima kelemahan diri sambil memusatkan perhatian pada kelebihan diri sendiri. Tim akan mendapat manfaat jika kalian menyadari kekuatan dan kelemahan kalian.

Saat ini, kalian biasanya lebih baik memperbaiki kelemahan kalian daripada menggandakan kekuatan kalian. Ketika kalian melakukan ini, akan sulit bagi kalian untuk mengatasi keadaan biasa-biasa saja.

Namun, ketika kalian jujur ​​dan mengakui kelemahan yang kalian punya, kalian dapat menerimanya dan mengasah keterampilan teknis dan lunak lainnya yang akan membuat kalian berharga bagi tim.

5. Pahami Tugas dan Tanggung Jawab Kalian

Pahlawan adalah seseorang yang memberi perintah, sikap heroik seperti ini juga penting dalam kerja sama tim. Sebagai anggota tim, kalian perlu memahami peran kalian dalam tim. Jadi kalian dapat bekerja untuk menyelesaikan misi kalian dengan kemampuan terbaik.

Kalian akan menjadi anggota tim yang hebat jika kalian dapat diandalkan dan bertanggung jawab. Kalian dapat melakukan tugas dalam urutan prioritas, tetapi tidak harus dalam urutan penetapannya. Jika kalian tidak tahu apa yang harus diprioritaskan, kalian bisa bertanya kepada atasan.

6. Pemimpin yang Berapi-api

Sikap lain yang perlu ditiru dalam diri seorang pahlawan adalah kepemimpinan. Meskipun kalian bukan bosnya, kalian tetap perlu memiliki sikap kepemimpinan diri. Menurut Self Leadership, kepemimpinan diri mengacu pada perilaku yang disengaja yang memengaruhi pikiran, perasaan, dan tindakan kalian untuk mencapai tujuan akhir yang diinginkan.

Sikap ini juga berarti bahwa kalian mengenali, memahami, dan sadar akan nilai, pendapat, kekuatan, kelemahan, kecenderungan kepemimpinan, dan kebutuhan emosional kalian sendiri. Dengan sikap tersebut, kalian akan lebih disiplin, mampu mengendalikan diri, serta memiliki ambisi untuk mencapai tujuan pribadi dan organisasi.

Itulah macam-macam sifat pahlawan dalam dunia kerja. Misalkan kalian mempunyai sifat pahlawan lain yang bisa kalian tiru dalam kerja tim kalian bisa mendiskusikannya melalui Komentar Jobnas.

Di sana kalian dapat berdiskusi dan bertanya atau menjawab semua pengalaman yang pernah kalian alami. Dan juga di sana kalian dapat mengobrol dan bertanya langsung dengan pakar atau pengguna Jobnas lainnya!

0
32