Selain Instagram for Business Ada 6 Aplikasi Instgram Analisis Konten, Cobalah ini!

Google News
Selain Instagram for Business Ada 6 Aplikasi Instgram Analisis Konten, Cobalah ini!
Selain Instagram for Business Ada 6 Aplikasi Instgram Analisis Konten, Cobalah ini!

Jobnas.com – Strategi pemasaran Instagram membutuhkan penggunaan alat analisis untuk menganalisis data. Aplikasi atau alat analitik Instagram dirancang untuk melacak tren pemasaran bisnis. Hasil analisis data dapat dijadikan acuan untuk membuat strategi pemasaran yang paling tepat untuk pengembangan usaha.

Nah, setelah Anda memahami pentingnya menggunakan aplikasi Instagram analytics, Anda pasti semakin tertarik untuk menggunakannya bukan? Di bawah ini, Jobnas mengumpulkan enam aplikasi analitik Instagram gratis untuk dicoba. Datang dan lihat!

6 Aplikasi Analisis Instagram

1. Kotak Ikon

Pertama, ada Iconosquare, aplikasi analisis Instagram gratis yang bisa Anda gunakan. Aplikasi yang satu ini sangat serbaguna karena Anda mendapatkan beberapa fitur canggih sekaligus. Dari menjadwalkan postingan konten hingga melacak komentar dan suka hingga menganalisis aktivitas Instagram.

Lacak kemajuan keterlibatan, tayangan, jangkauan, dan lainnya dengan mudah. Menariknya, Inconosquare juga menawarkan kemudahan untuk menemukan hashtag Instagram yang relevan dan melacak kompetitor.

2. Kuadrat

Squarelovin juga memungkinkan Anda melacak aktivitas Instagram bisnis Anda. Ada begitu banyak fasilitas yang harus Anda coba. Aplikasi analitik Instagram ini memberikan informasi yang diperlukan untuk menganalisis perkembangan kinerja akun Anda selama setahun.

Alasannya adalah karena Squarelovin dapat menganalisis postingan baru setiap bulan serta postingan lama. Pesan yang akan dianalisis dapat dibagi berdasarkan bulan, hari, atau bahkan jam. Jadi Anda selalu dapat mengetahui kinerja posting Instagram Anda.

3. Pixelee

Meskipun Pixlee adalah aplikasi analisis Instagram gratis, jangan remehkan karena sudah banyak brand besar yang menggunakannya. Pixlee tidak hanya membantu Anda menganalisis data, tetapi juga memudahkan pembuatan laporan kinerja bulanan yang dapat dibagikan dengan seluruh tim.

Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah menganalisis data untuk mengetahui cara mendapatkan lebih banyak pengikut. Jika Anda ingin meminta bantuan influencer untuk memasarkan merek Anda, alat ini juga sangat berguna. Ini karena Pixlee dapat membantu menemukan influencer yang tepat untuk mempromosikan merek, membuat kampanye menjadi lebih efektif.

4. Socialbakers

Tak kalah dengan software Instagram analytics lainnya, Socialbakers juga menawarkan beberapa fitur yang memudahkan untuk melacak perkembangan Instagram. Beberapa informasi penting seperti posting dengan suka atau komentar terbanyak dapat dikenali dengan lebih mudah.

Selain itu, Socialbakers juga membuat laporan yang efektif tentang akun Anda dan membandingkannya dengan akun pesaing. Dengan cara ini Anda dapat melihat apakah strategi yang dipilih masuk akal dan cukup baik untuk bersaing atau tidak. Jika kinerjanya tidak optimal, Anda dapat langsung mengetahuinya dan mencari cara untuk memperbaikinya.

5. Crowdfire

Crowdfire juga bisa Anda jadikan pilihan untuk mengelola akun Instagram bisnis Anda. Pasalnya, program ini menawarkan beberapa kemudahan. Beberapa dari mereka menjadwalkan posting, melacak kinerja, dan menyusun beberapa konten yang terkait dengan industri kami. Dengan begini nantinya Anda bisa melihat konten atau postingan apa saja dari brand lain yang masih aktif di industri yang sama.

Hal ini berguna bagi kita untuk mengetahui apa yang sedang trending sehingga bisa menjadi pertimbangan saat memublikasikan konten tambahan. Hal menarik lainnya adalah Crowdfire dapat memvisualisasikan data analitik Instagram dalam bagan yang mudah dipahami.

6. Wawasan Instagram

Tentunya bagi Anda yang pernah membuat akun bisnis di Instagram pasti sudah tahu tentang Instagram Insights bukan? Anda mendapatkan akses otomatis ke alat analitik ini setelah membuat akun perdagangan. Informasi yang disajikan juga cukup lengkap dan mudah dipahami.

Beberapa data yang Anda lihat di Instagram Insights mencakup postingan dan tayangan dengan jangkauan teratas. Sayangnya, Instagram Insights hanya bisa diakses melalui aplikasi smartphone karena belum ada versi desktop.

Namun, jika Anda ingin mengetahui gambaran dasar tentang aktivitas Instagram, tidak ada salahnya menggunakan alat ini. Sekarang setelah Anda mengetahui perangkat lunak analitik Instagram di atas, apakah Anda ingin mencoba salah satunya?

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang Instagram marketing dan digital marketing, Anda bisa mencoba bergabung Jobnas sekarang ini juga.