Cara Meningkatkan Rank Website yang Digemari Para SEO Specialist Melalui White Hat SEO

Rank Website yang Digemari Para SEO Specialist Melalui White Hat SEO

Jobnas.com White Hat SEO  secara umum merupakan bagian dari taktik search engine optimization (SEO). secara umum terbagi atas white hat SEO dan black hat SEO. White Hat SEO merupakan salah satu praktik optimasi mesin pencari yang banyak digemari oleh para SEO specialist.

Teknik ini juga akan membantumu menaikkan ranking di situsmu dari pada black hat SEO, meskipun prosesnya tidak instan. Untuk itu kamu perlu mengetahui terlebih dahulu White hat SEO serta bagaimana cara menggunakannya. Berikut beberapa metode yang perlu kamu ketahui. 

Apa Itu White Hat SEO?

Untuk meningkatkan rangking sebuah laman atau situs tinggi di mesin pencari tanpa harus melanggar peraturan, kamu dapat menggunakan strategi White hat SEO karena taktik ini akan menjaga integritas situs web dengan mengikuti kaidah-kaidah search engine optimization  . 

Strategi ini merupakan teknik  yang berlawanan dengan black hat SEO. Para pakar menganggap bahwa  white hat SEO lebih baik daripada black hat SEO. Karena secara praktis, black hat SEO memiliki tendensi bersifat curang dan melanggar peraturan yang ada. 

Metode yang digunakan white hat SEO berfokus untuk melakukan optimasi kepada manusia. Seperti yang dilansir Ahrefs, praktik white hat SEO melebihi dari sekadar memastikan penggunaan taktik yang relevan dengan ketentuan yang diakui oleh Google.

Baca Juga : What the Meaning of Email?

Oleh karena itu, alih-alih hanya berusaha mengelabui sistem seperti black hat SEO, mengupayakan dan memastikan kenyamanan pengguna merupakan sebuah keharusan bagi praktisi white hat SEO. 

Memiliki kemampuan dalam membuat konten yang berkualitas tinggi sehingga orang-orang mau berinteraksi, membaca, dan mebagikannya menjadi langkah awal jika ingin melakukan white hat SEO. 

Beberapa Manfaat White Hat SEO

Dilansir dari Logical Position, white hat SEO tidak hanya bermanfaat bagi pemilik web,  namun juga para pengguna internet.

Konten yang ingin dicari para pengguna akan ditemukan dengan sangat cepat, sementara itu peringkat dan traffic situs tanpa kecurangan akan dapat ditingkatkan dengan cepat oleh para pemilik web. 

Selain itu, dalam tataran praktisnya white hat SEO terbebas dari risiko terkena penalti Google dan menjadi pilihan yang tepat karena tidak terlalu menguras biaya. Tidak perlu khawatir ketika menghadapi perubahan algoritma Google karena situs yang menggunakan taktik SEO telah diatur sedemikian rupa. 

Berikut ini adalah beberapa teknik White Hat SEO yang perlu kita ketahui

Teknik White Hat SEO

1. Mengedepankan Kualitas Konten

Membuat konten yang berkualitas adalah modal utama untuk menaikkan ranking situs web atau laman di SERP dengan menggunakan metode white hat SEO. 

Menurut Google, konten yang berkualitas diukur oleh sejauh mana konten tersebut memiliki jangka panjang yang relevan dengan minimum ketentuan dan memiliki isi yang sesuai dengan  topik. 

Baca Juga : Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Terbaru 2022

Di samping itu, berisi keyword yang sesuai dan terdistribusi dengan rapi dan memuat link juga menjadi tolok ukur konten yang berkualitas. 

2. Memuaskan User Intent

Memastikan user intent pengguna terpuaskan adalah hal yang tak boleh dilupakan untuk melakukan White hat SEO. 

Secara definitif, User intent adalah usaha penyediaan konten atau hasil pencarian yang sesuai dengan motivasi atau keinginan pengguna di mesin pencari.

3. Mengembangkan Situs Versi mobile

Sekarang ini, sudah banyak para pengguna internet yang menggunakan smartphone untuk mengakses berbagai konten.

Dengan demikian, hal yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bahwa situsmu harus selalu mobile-friendly agar supaya kenyamanan dan kepuasan para pengguna dapat terjamin. 

4. Mengedepankan User Experience (UX)

Cara penting untuk memastikan teknik white hat SEO berhasil adalah dengan menggunakan UX sebuah situs. 

Mereka akan meninggalkannya dan tidak kembali jika pengunjung situs tidak nyaman atau mengalami kesulitan saat berada di suatu halaman web. Tentunya hal ini meningkatkan bounce rate yang seharusnya rendah.

Dengan begitu, jangan remehkan kualitas buruk dari sebuah situs yang memiliki user experience, pasalnya hal ini akan sangat susah untuk mendapat peringkat tertinggi di Google. 

5. Meriset Keyword

Agar kontenmu terhubung dengan pencarian pengguna, maka keyword menjadi hal yang sangat esensial. Di samping itu, penggunaan kata kunci yang sesuai mesti dilakukan supaya kontenmu dapat terdeteksi dengan baik. 

Agar dapat terdeteksi oleh Google maka dalam sebuah konten, keyword harus diulang beberapa kali. Di samping itu, agar tidak dinilai sebagai spam, maka sangat tidak disarankan melakukan keyword stuffing atau memasukkan keyword terlalu banyak.

Begitulah deskripsi dari tim Jobnas.com tentang White hat SEO. Dengan menggunakan White Hat SEO, situsmu akan banyak dikunjungi oleh orang. Itulah kelebihan dari White hat SEO. Jadi, jangan lupakan tips-tips yang sudah diberikan, ya. 

Untuk mengetahui detail SEO, Jobnas punya banyak artikel tentang topik tersebut.

Baca juga: Atur Berbagai Akunmu, Kenali 5 Aplikasi Pengelola Media Sosial Ini

0
60