7 Rahasia Cepat Beradaptasi di Kantor Baru, Kenali, Amati dan Inovatif

Jobnas.com – Tahukah Anda, apa rahasia cepat beradaptasi di kantor baru? Sebenarnya cara yang bisa Anda dapat dipelajari dengan mudah dan banyak cara agar Anda bisa segera nyaman di lingkungan baru tersebut sangatlah sederhana.

Ketika Anda baru saja diterima di sebuah perusahaan, rasa gugup itu jelas wajar, namun yang paling penting adalah agar Anda cepat beradaptasi dari lingkungan baru tersebut.

Atasan akan segera memberi Anda rincian tugas baru, Anda akan bekerja sama dengan teman baru. Perspektif dan gaya kerja mereka akan berbeda dengan tempat kerja sebelumnya.

Atmosfer dan cepatnya alur pekerjaan di kantor akan mendorong Anda untuk dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan baru tersebut.

Sehingga, tantangan baru yang seru dan asik pun akan cepat Anda selesaikan bila Anda mudah menyesuaikan diri. Namun, apakah Anda adalah seorang yang dapat cepat beradaptasi?

Tenang! kami sekarang akan membeberkan rahasia meningkatkan kemampuan adaptasi untuk Anda pelajari.

Cara cepat Beradaptasi di Kantor Baru

Ada berbagai macam cara agar Anda bisa cepat beradaptasi di kantor baru, tinggal ikuti beberapa tips berikut:

1. Kenali lingkungan kantor Anda

Cara cepat beradaptasi di kantor baru tidak hanya terkait dengan orang-orang dan kolega baru, tetapi juga dengan lingkungan gedung kantor Anda.

Biasakan diri dengan letak pantry dan ruang-ruang assembly yang beragam.

Cek dimana musala dan lavatory terdekat meja kerja Anda, serta jangan lupa juga untuk mengecek dimana letak divisi-divisi bekerja, dan pada bagian gedung mana mereka berkolaborasi.

Anda akan besinggungan dengan divisi-divisi tertentu, sehingga memastikan Anda tahu persis di mana tempat divisi-divisi tersebut berkumpul.

Terakhir, jangan lupa untuk merasakan atmosfer kantor baru Anda dengan menikmati semua sudut dan suasana kantor agar cepat merasa nyaman.

2. Lawan rasa malu dalam membuka percakapan

Malu itu wajar, karena lingkungan baru tekadang akan membuat diri kita merasa gugup, meski begitu, jangan terlalu larut dalam perasaan tersebut.

Karena hal itu akan semakin menyebabkan Anda semakin lama untuk beradaptasi di kantor baru Anda.

Cobalah untuk terbuka dengan orang-orang baru dengan berkenalan dengan wajah baru di sekeliling Anda, dengan itu perasaan nyaman dan akrab akan terbentuk dengan sendiri.

Bertukar pikiran dengan cara mengobrol akan melihat pemikiran baru yang nantinya akan menjadikan Anda rekan kerja yang lebih baik.

Ingat, jika Anda terus berdiam diri jangan harap untuk mendapatkan teman baru. Bila ingin bertegur sapa juga jangan sampai menganggu pekerjaan teman-teman Anda.

3. Tunjukkan sikap yang sopan dan ramah

Tunjukkan sikap yang sopan dan ramah

Bertegur sapa dengan rekan kerja baru memang mudah. Namun, bila Anda jutek dan terkesan tidak supel, orang-orang akan enggan untuk bercakap dengan Anda, hingga mengakibatkan Anda semakin lama untuk beradaptasi di kantor baru Anda.

Hilangkan gengsi dari pundakmu dan tersenyumlah, sapa rekan-rekan kerja Anda, dengan itu Anda dapat cepat bergaul dengan mereka.

Jangan lupa agar tahu batasan bila masih baru berkenalan. Jangan sampai orang-orang merasa Anda itu SKSD atau sok kenal sok dekat.

Pastikan Anda memberikan impresi pertama yang tidak akan mereka lupakan. Baca Juga: 4 Tips Mengucapkan Selamat Tinggal Kepada Rekan Kerja dan Atasan Paling Menyentuh Hati, Lengkap Dengan Contohnya

4. Fokuskan diri di minggu-minggu pertama

Pada minggu-minggu pertama di kantor, Anda akan diberikan banyak materi baru. Kewajiban dan juga aturan yang harus Anda lakukan akan diinformasikan pada masa-masa ini.

Anda juga tidak akan langsung bekerja, Anda masih akan dibimbing oleh tim HRD dan manager divisi.

Sebaiknya Anda manfaatkan momen-momen ini untuk beradaptasi di kantor baru anda, sehingga pastikan Anda mengerti betul budaya dan cara bekerja di perusahaan baru Anda.

Mulailah berkenalan dengan rekan-rekan di tim Anda. Kenali kebiasaan dan hobi-hobi mereka. Dengan itu Anda akan merasa adanya keakraban dalam kelompok.

5. Buang pikiran negatif, mulai berpikir positif

Guna meningkatkan kemampuan adaptasi, Anda harus tetap tenang, semua yang Anda takuti itu tidak akan terjadi. Merasa malu atau canggung itu tidak apa-apa. Namun, jangan sampai Anda minder.

Merasa tidak mampu bersaing dengan kolega Anda yang sudah banyak berkarya.

Pastikan Anda tetap semangat dan berpikir positif. Terima pencapaianmu dengan hati yang terbuka.

Biasakan diri dengan semua aktivitas di lingkungan baru Anda. Wajar bila Anda merasa takut. Pastikan Anda tetap positif! Agar cepat mudah beradaptasi dan terbiasa dengan kantor Anda.

6. Cari informasi seputar perusahaan baru Anda

Visi dan misi masing-masing perusahaan akan berbeda, sehingga gali pengetahuan mengenai kultur dan tujuan perusahaan Anda adalah cara untuk memudahkan Anda untuk beradaptasi di kantor baru Anda,

Menurut The Muse, penting untuk Anda cari tahu mengenai etos kerja dan budaya komunikasi di kantor baru Anda.

Hal ini supaya Anda dapat dengan mudah berinteraksi dengan rekan-rekan kerja baru.

Ide-ide dan nilai yang tertanam pada perusahaan akan menjadi kompas bagi Anda untuk menjalankan keseharian di tempat kerja.

7. Inisiatif dan kreatif

Langkah selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan adaptasi Anda adalah untuk bersikap inisiatif.

Cara cepat agar atasan mengenali potensimu adalah dengan tanggap memberi gagasan.

Berikan opini dan masukan yang menarik, karena kreativitas akan memberikanmu kemudahan kelak ketika bekerja.

Jika Anda menjadi seorang yang inisiatif dan juga kreatif, dipastikan atasan dan teman kerja akan menyukai Anda.

Itulah rahasia cepat cepat beradaptasi di kantor baru, semoga Anda betah dan bisa lejitkan karier di kantor baru Anda.

Kalau Anda ingin tahu lanjutan seputar jadi karyawan baru, kunjungi terus blog kami Anda bisa menemukan beragam information yang bisa membantu menjalani hari sebagai karyawan baru.

Jobnas
Logo
Compare items
  • Total (0)
Compare
0
Shopping cart