Kuasai Pentingnya 6 Perbedaan antara Tabungan dengan Deposito

Perbedaan antara Tabungan dengan Deposito

Jobnas.com – Mengetahui perbedaan antara menabung dan mendepositokan penting untuk perencanaan keuangan. Keduanya ditujukan untuk menghemat uang dan menghasilkan keuntungan, tetapi ada perbedaan yang patut dipertimbangkan. Apa yang menjadi perbedaan antara tabungan dengan deposito? Mungkin perlu kalian tahu perihal perbedaan ini supaya kalian tidak sesal setelah menerapkannya.

Kini Jobnas.com mengumpulkan artikel mengenai perihal Tabungan dan Deposito. Baca terus artikel Jobnas supaya kalian tidak terjebak dalam kebingungan!

Perbedaan antara Deposito Biasa dan Deposito Berjangka

Yang ke-1 adalah Setoran Minimum

Perbedaan pertama antara tabungan dan deposito berjangka yaitu perihal setoran minimum. kalian dapat menyetor minimal Rp 50.000 saat membuka rekening tabungan. Tentu saja itu bukan deposit. Setiap bank memiliki kebijakan setoran minimum yang berbeda, tetapi rata-rata jumlah setoran awal minimum antara Rp 8.000.000 hingga Rp 10.000.000.

Ke-2 adalah Jangka Waktu Pembayaran

Perbedaan mendasar antara deposito tetap dan rekening tabungan lainnya adalah jangka waktu pembayaran. kalian dapat menarik tabungan kapan saja, di mana saja. Berbeda dengan deposito, dana hanya dapat ditarik pada waktu-waktu tertentu sesuai kontrak. Biasanya jangka waktu yang ditentukan dimulai dari 1 bulan dan maksimal 12 bulan. Oleh karena itu, jika kalian terpaksa menarik deposit sebelum waktu yang ditentukan, kalian harus membayar penalti.

Ke-3 adalah Fleksibilitas

Perbedaan lebih lanjut antara tabungan dan deposito, selain jangka waktu pembayaran, adalah fleksibilitas dalam penggunaannya. Di Tabungan dengan mudah kalian menarik uang dari ATM kapan saja, dan di mana saja. Lain halnya dengan deposito, selain penarikan pada waktu tertentu, kalian juga harus melakukan penarikan ke bank di mana tempat melakukan penyetoran sebelumnya. Proses administrasi yang dibutuhkan juga cenderung lebih kompleks.

Ke-4 adalah Suku Bunga

Seperti apa yang telah disebutkan dengan jelas di atas mengenai perbedaan antara tabungan dan deposito perbedaan lainnya ialah perihal suku bunga yang disebutkan. Deposito tetap memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Secara umum, suku bunga deposito berkisar antara 5% sampai 6,5% per tahun. Besaran bunga 4.444 juga disesuaikan dengan kebijakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). LPS yang akan menentukan dan menjamin tingkat suku bunga.

Mengenai pendapatan suku bungan di rekeninng tabunngan sekitar 1-2%. Besarnya bunga tabungan tergantung dari jumlah nominal tabungan di Bank. Jika tabungan kalian rendah, jelas nominal tabungan kalian tidak akan bertambah, bahkan bisa jadi tabungan kalian berkurang. Karena ada biaya pengelolaan tabungan. Sedangkan biaya administrasi ini tidak berlaku untuk deposito.

Ke-5 adalah Pembiayaan

Tidak perlu dikatakan ulang, keduanya sama-sama digunakan untuk pembiayaan yang berbeda alasannya karena tingkat bunga yang berbeda pula.

Tabungan biasanya digunakan untuk perencanaan jangka pendek dan investasi dana yang digunakan setiap hari.

Berbeda dengan deposito yang biasa digunakan untuk perencanaan keuangan jangka panjang. Karena deposito merupakan salah satu produk investasi yang paling aman. Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa deposito diasuransikan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Ke-6. Posting

Perbedaan yang terakhir antara tabungan dan deposito adalah posting. Tabungan dan deposito berjangka dicatat di tempat yang terpisah. Tabungan hanya untuk menginvestasikan uang dalam jangka pendek dan deposito untuk investasi jangka panjang.

Saat kalian membuka rekening tabungan, bank kalian biasanya akan memberikan buku tabungan dan kartu ATM beserta nomor rekening. Sementara itu, ketika Anda membuka setoran, kalian akan menerima slip setoran yang mengonfirmasi bahwa kalian telah melakukan penyetoran dana.

Inilah perbedaan tabungan dan deposito yang harus kalian ketahui. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalian tentunya.

Jika kalian tertarik dengan informasi atau artikel semacam ini, kalian bisa terus membacanya di blog Jobnas.com tentunya. Setipa hari Jobnas.com menerbitkan artikel beserta informasi penting, mulai dari tema bisnis, marketing, dan lain semacamnya. Kalian bisa membacanya dan mendapatkan informasi penting tersebut secara gratis!

Baca juga: Kalian Wajib Tahu Ini, 5 Cara Investasi resmi dan Aman Paling Menguntungkan Hadapi Resesi 

Mulai dari sekarang, intip terus Blog Jobnas.com supaya kalian bisa mengetahui alasan-alasan dalam bidang tertentu. Lebih-lebih artikel yang ada bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kalian pertanyakan. Mulailah dari sekarang!

0
36