Mempelajari Peran dan Pentingnya Newsletter

Google News
Mempelajari Peran dan Pentingnya Newsletter
Mempelajari Peran dan Pentingnya Newsletter

Jobnas.com – Apabila kalian sering memeriksa Email, tentu kalian tahu bahwa newsletter adalah salah satu “alat” promosi yang digunakan perusahaan untuk menjangkau pelanggan mereka. Dari daftar tersebut akan langsung mengirimi info pembaruan perihal perusahaan, promosi khusus pelanggan tersebut bisa melalui email dan banyak lagi.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang apa itu newsletter dan bagaimana newsletter dapat bermanfaat bagi perkembangan bisnis kalian?

Bacalah artikel ini. Dijamin kalian akan paham dengan maksud  dan manfaat newsletter tersebut.

Bingung dengan Newsletter? Jobnas akan Menjawabnya!

Seperti namanya, newsletter dapat diartikan sebagai “surat” yang berisi berita. Newsletter ini adalah email yang isinya dapat berupa pemberitahuan pelanggan atau pembaruan terkini akan info perusahaan.

Apakah mungkin untuk menyampaikan fungsi terbaru dapat digunakan dalam aplikasi dan artikel yang direkomendasikan di blog perusahaan pada media? Investigasi ini salah satu teknik pemasaran email yang paling umum digunakan oleh banyak perusahaan.

Ketika email promosi dikirim ke audiens yang lebih luas untuk membuat orang tertarik untuk membeli, biasanya hanya dikirim ke daftar orang tertentu. Yaitu kepada Seseorang yang alamat emailnya telah terdaftar dan ditambahkan ke daftar pelanggan untuk menerima pembaruan perusahaan dan perusahaan.

Sasaran lainnya hanya dapat digunakan oleh daftar orang yang menjadi pelanggan, tidak hanya untuk membeli atau berkonversi.

Kapan Kalian Harus Menggunakan Buletin?

Sekarang setelah kalain mengetahui artinya, kalian mungkin bertanya, “Apakah newsleter adalah strategi terbaik?”

Untuk menjawab pertanyaan semacam ini, Jobnas harus mempertimbangkan beberapa hal.

Mengirim buletin sebagai taktik pemasaran email mungkin merupakan jawaban yang tepat jika kalian ingin mencapai salah satu dari enam hal ini.

1. Membangun Hubungan Pelanggan

Salah satu manfaat mengirimkan buletin reguler adalah, tujuannya membangun dan memelihara hubungan pelanggan yang baik.

2. Promosikan Konten Anda

Apakah kalian memiliki blog dan ingin memfasilitasi strategi pemasaran konten kalian? Mengirimkan buletin mungkin jawabannya.

Newsletter memungkinkan kalian untuk berbagi konten yang dipilih dari blog kalian secara teratur. Contohnya  Jika kalian mendaftar untuk email, Jobnas akan mengirimi kalian buletin dengan konten blog mulai dari rekomendasi editorial hingga artikel populer yang dapat kalian lihat secara instan. Nantinya artikel yang masuk dalam kurasi tersebut tentunya menjadi pertimbangan untuk kebutuhan pengguna yang telah mendaftarkan alamat emailnya.

Dengan cara ini, kedua belah pihak diuntungkan. Blog perusahaan menerima pengunjung tambahan dan pengguna secara teratur menerima informasi yang berguna.

3. Mendaptkan dan Bisa Membimbing Pelanggan

Keuntungan lain dari newsletter adalah lead generation dan ‘Leads’. Hasilkan prospek baru dengan meminta pelanggan memberikan informasi pribadi (alamat email, alamat, dll.).

Sebagai gantinya, mereka mungkin mendapatkan penawaran dan hal-hal yang mereka sukai. Sebagai panduan, yang kami maksud di sini adalah lead nurturing, proses membangun hubungan dengan pengguna atau pembeli di saluran penjualan.

Proses Perjalanan Newsletter

Tentu saja, sebelum kalian mengirimkan newsletter, kalian harus melalui beberapa proses.

Mulailah dengan memilih konten yang ingin kalian bagikan, putuskan siapa yang akan dimasukkan ke dalam daftar, dan rencanakan jadwal serta strategi lainnya.

Isi bulletin pada dasarnya bergantung pada apa yang ingin kalian capai. Apakah kalian ingin pelanggan memberi tahu tentang perusahaan? Apakah kalian ingin mereka lebih sering mengunjungi blog  untuk melihat penawaran kalian?

Pada dasarnya semuanya disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Hal yang sama berlaku untuk bahan-bahan yang disertakan. Mungkin ada gambar, tapi seharusnya tidak ada. Mungkin ada atau tidak ada tautan ke situs web perusahaan.

Satu hal yang pasti saat membuat buletin adalah mendesain baris subjek dan judul depan semenarik mungkin. Ketika melihat email dengan subjek yang ambigu, apakah pelanggan merasa jengkel untuk membukanya?

Selain itu, pastikan bahwa konten yang kalian pilih relevan, menarik, dan bermanfaat sehingga penerima email akan meluangkan waktu untuk membacanya.

Waktu pengiriman buletin juga mempengaruhi keberhasilan. Metrik Sukses Buletin Email Sekarang setelah kalian mengetahui apa itu buletin, untuk apa buletin, dan apa yang dimaksud dengan buletin, mari kita lihat metrik keberhasilan.

Berikut adalah tampilan setiap metrik yang menentukan keberhasilan keseluruhan buletin email kalian.

1. Jumlah pelanggan

Jumlah pelanggan otomatis menunjukkan bahwa jumlah penerima atau penerima buletin juga bertambah. Ini sangat bagus karena orang lebih tertarik dengan layanan dan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kalian.

2. Open Rate

Metrik berikutnya untuk newsletter adalah open rate. Tentu saja, semakin tinggi semakin baik. Hal Ini karena open rate mewakili jumlah orang yang membuka dan membaca email. Berarti, bahwa topik dan pendahuluan yang dipilih sangat menarik. Ini juga bisa menjadi faktor pengiriman. Jadi, jika tingkat pembukaannya rendah, tentu harus m memikirkan ulang mengenai taktik pembuatan dan pengiriman buletin tersebut.

3. Click-Through Rate (CTR)

Salah satu tujuan utama dari membuat dan mengirimkan newsletter adalah untuk meningkatkan retensi pelanggan, bukan? Click-Through Rate (CTR) menentukan ini.

RKT mewakili persentase orang yang mengeklik badan email untuk mengunjungi artikel tertaut atau menjelajahi situs lebih jauh. Pada dasarnya, mereka mengklik tombol ajakan bertindak (CTA) di buletin.

Baca juga: Memahami Nilai Perusahaan Secara Detail, Sebagai Tolak Ukur Kualitas dan Nilai Tambah

Itulah penjelasan perihal pentingnya Newsletter yang dapat dijelaskan oleh Jobnas. Jika kalian ingin mengetahui alasan atau penjelasan lebih lanjut seputar bisnis kalian bisa dapat terus mengikuti artikel kami. Yang selalu terbit setiap harinya.