Para Calon Marketer Wajib paham Istilah Paling Urgen dalam Email Marketing

Google News
Email Marketing
Email Marketing

Jobnas.com – Apakah anda ingin membangun hubungan pelanggan melalui email? Maka pertama-tama kenali berbagai istilah pemasaran email. Ini karena pemasaran email dianggap sebagai teknik pemasaran yang efektif untuk membina hubungan pelanggan jangka panjang.

Selain itu, biaya penerapan strategi pemasaran ini juga lebih murah dibandingkan jenis pemasaran lainnya. Jadi, apakah anda tertarik untuk menjelajahinya? Pahami terlebih dahulu 20 istilah dalam email marketing ala Jobnas berikut ini!

Ketentuan Pemasaran Melalui Email

Ketentuan Pemasaran Melalui Email

1. Tingkat Penerimaan

Tingkat penerimaan adalah persentase email yang mencapai server email penerima. Namun, email yang masuk ke server tidak berarti masuk ke kotak surat penerima. Acceptance rate sering disebut dengan delivery rate.

2. Rasio Pentalan

Istilah selanjutnya dalam pemasaran email adalah bouncing. Rasio pentalan didefinisikan sebagai persentase email yang anda kirim yang tidak diterima oleh server email penerima. Rasio pentalan harus kurang dari 5%.

3. Surat Massal

Surat massal adalah pemasaran email yang dikirim ke sejumlah besar orang sekaligus.

4. Klik untuk Pengiriman

 Klik per pengiriman adalah persentase jumlah klik dibagi dengan jumlah email yang dikirim ke kotak masuk penerima.

5. Klik Per Pembukaan

Tidak seperti pemasaran email sebelumnya, klik per buka adalah persentase jumlah klik dibagi dengan jumlah email yang dibuka oleh penerima.

6. Biaya Per Seribu (BPS)

Biaya per seribu (CPM) adalah biaya per seribu tayangan.

7. Rasio Klik Tayang (RKT)

Rasio klik-tayang (CTR) adalah persentase penerima yang mengklik URL email anda. Rasio klik-tayang dihitung sebagai jumlah klik individual dibagi dengan jumlah email yang dibuka.

8. Kursus

Istilah umum lainnya dalam pemasaran email adalah tingkat konversi. Singkatnya, tingkat konversi adalah persentase penerima yang mengikuti ajakan bertindak (CTA) email Anda.

9. Kampanye Email

Kampanye email adalah serangkaian email yang ditujukan untuk mencapai tujuan pemasaran bersama.

10. Filter Email

Filter email adalah teknik untuk memblokir email berdasarkan pengirim, subjek, atau konten tertentu.

11. Email Sponsor

Sponsor email adalah pesan email yang berisi konten bersponsor. Biasanya, perusahaan membeli ruang iklan di buletin email atau mensponsori artikel tertentu.

12. Halaman Arahan

Halaman arahan adalah halaman situs web yang dibuat khusus untuk tujuan pemasaran, kampanye, atau promosi. Banyak situs web menambahkan alamat email ke halaman depan formulir yang anda isi. Jika pengunjung memasukkan alamat email mereka, anda dapat mengirimi mereka email pemasaran.

13. Tingkat Otentikasi

Istilah ini mungkin terdengar cukup asing bagi pemasaran email. Tingkat verifikasi adalah cara untuk menentukan identitas pengirim dan memastikan bahwa pengirim dapat mengirim dari domain tertentu.

14. Segmentasi Daftar

Segmentasi daftar adalah daftar target penerima email yang lebih detail dan relevan. Jika email mencapai tujuan yang tepat, tingkat respons akan lebih tinggi. Selain itu, pasti akan ada lebih sedikit pembatalan pesanan dan pesan spam.

15. Tarif Terbuka

Tarif terbuka adalah persentase email yang dibuka dari jumlah total email yang dikirim.

16. Personalisasi

Personalisasi adalah sesuatu yang sangat disukai pelanggan. Personalisasi membuat pelanggan merasa istimewa. Ini juga dapat diterapkan dalam pemasaran email. Anda dapat menyapa penerima dengan nama atau menambahkan konten khusus untuk setiap penerima.

17. Baca atau Buka Panjang

Durasi baca atau buka mengacu pada waktu yang dibutuhkan seseorang untuk membuka email sebelum menutupnya.

18. Poin Pengirim

Skor Pengirim adalah peringkat reputasi alamat IP email. Reputasi alamat IP dinilai pada skala 0-100. Semakin tinggi skor anda, semakin baik alamat IP.

19. Berlangganan (mendaftar)

Ruang adalah istilah yang sangat umum dalam pemasaran email. Singkatnya, berlangganan dapat diartikan sebagai keinginan untuk menerima email reguler dari perusahaan. Jadi ketika seorang pelanggan berlangganan newsletter email Anda, itu artinya mereka ingin terus mendapatkan informasi atau konten terupdate dari Anda.

20. Batalkan Pesanan (opsi)

Seperti namanya, berhenti berlangganan adalah kebalikan dari berlangganan. Berhenti berlangganan adalah keputusan pelanggan untuk berhenti menerima email dari pengirim.

Berapa banyak kata yang telah anda baca tentang 20 istilah pemasaran email hari ini? Hanya satu kata, 10 kata, atau hampir semuanya? Berapapun istilah yang anda ketahui, semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda mempelajari email marketing.

Ada banyak area dalam pemasaran yang jelas merupakan peluang kerja bagi anda. Nah, sebelum mendalami lebih dalam dunia marketing, anda juga perlu mengetahui gaji rata-rata pekerja di bidang ini.

Para Calon Marketer Wajib paham Istilah Paling Urgen dalam Email Marketing