5 Cara Efektif Menjaga Produktivitas Kerja sama Tim saat WFH

Menjaga Produktivitas Kerja sama Tim saat WFH

Jobnas.com – Selama pandemi covid 19. Semua pekerja tidak disarankan untuk bekerja di kantor. Akan tetapi lebih direkomendasikan untuk bekerja dari rumah. Mengapa dilakukan dengan demikian, karena supaya para karyawan selamat akan penyakit Covid-19 yang kasusnya setiap hari terus melambung tinggi.

WFH atau Work From Home menjadi alternatif pilihan perusahaan untuk menjauhkan karyawannya dari virus Covid-19. Akan tetapi bekerja dari rumah dilakukannya dengan jarak jauh mereka tidak begitu kompak dan kadang merasa kurang cocok dengan rekan kerja lainnya.

Selain alasan tadi, banyak para karyawan kantor merasakan tidak adanya kekompakan dalam bekerja satu tim. Dengan adanya semacam alasan tadi, kini ada 5 cara untuk menghindari dis-harmonisasi dan miskomunikasi antar satu tim.

Adapun cara tersebut, Jobnas akan memberi tahu kepada kalian tentunya untuk para karyawan yang mengalami kerja secara jarak jauh. Di antaranya sebagai berikut:

1. Memahami Peran dan Tanggung Jawab

Jika kerja sama tim sama-sama bisa memahami dan tanggung jawab setiap orang. Tentu akan lebih mudah dalam menyelesaikan semua pekerjaan.

Selanjutnya, pengertian peran dan tanggung jawab di sini tidak hanya terfokus pada penyelesaian tugas. Tetapi saya juga menjaga hubungan baik dengan rekan kerja dan manajer.

Selama WFH, jika karyawan sadar dengan peran dan tanggung jawab masing-masing. Maka kekompakan akan tetap selalu terjaga dan bertahan lama. Dengan cara inilah kalian bisa menyelesaikan tugas tanpa memikirkan hal-hal lain.

2. Berkomunikasi lebih proaktif Sesama Tim

Komunikasi yang buruk jelas merupakan masalah besar saat menerapkan pekerjaan jarak jauh. Jadi jika Anda ingin mempertahankan kerja tim yang efektif saat bekerja dari rumah, cobalah untuk fokus pada komunikasi.

Tentunya bekerja di kantor tidak akan menimbulkan masalah dalam berkomunikasi dengan rekan kerja dan manager. Namun, mengomunikasikan alat yang diperlukan untuk mendukungnya saat bekerja di rumah akan lebih rumit.

Namun, komunikasi  tetap harus dilakukan jika Anda ingin menyelesaikan pekerjaan dan menjaga hubungan baik dengan rekan kerja.

Berkomunikasi dengan anggota tim bisa tampak seperti tindakan sepele. Tetapi Anda dapat membantu anggota tim lain bekerja lebih keras dan tidak merasa sendirian.

3. Berhati-hatilah Ketika Berbicara saat Rapat Daring

Jika sedang melakukan rapat online sangat disarankan untuk bisa berhati-hati dalam berkomunikasi. Karena sangat beda halnya ketika kita berkomunikasi langsung (luring). Oleh karena itu, kita sangat penting untuk bisa mempertimbangkan dan mengatur suara beserta nada bicara kita biar tidak berdampak negatif.

Seperti contoh, saat melakukan rapat online kita menggunakan nada bicara dengan keras dan tinggi. Bisa jadi rekan kerja ataupun manager berpikir negatif akan kita. Bisa saja mereka semua menganggap kita marah dan kesal.

Maka untuk mencegah hal itu terjadi, kiranya kita harus bisa mengontrol dan memperhatikan kata dari setiap kata yang akan kita ucapkan.

4. Membangun Kepercayaan di antara Rekan Kerja

Kerja dari rumah (WFH) jelas akan lebih efektif jika kita menam rasa saling percaya antara satu tin dan tim lainnya.

Jika kalian ingin terus tetap efektif dalam bekerja satu tim cara ini kiranya bisa membantu kalian. Yaitu dengan menanam terlebih dahulu rasa kepercayaan antara yang satu dengan yang lainnya.

Saya ambil contoh langsung begini, jika kalian diberikan suatu pekerjaan atau tugas yang harus dilakukan sesama tim. Cobalah kalian langsung mengerjakannya tanpa adanya rasa saling iri supaya tugas itu cepat selesai.

Jika kalian saling memperhitungkan tugas tersebut, akan jelas tugas itu tidak cepat selesai. Dengan adanya rasa saling percaya kita akan menyelesaikan tugas tersebut dengan cepat.

Misalkan jika ada salah satu dari rekan kerta tim tersebut tidak dapat mengerjakannya. Maka tanyakanlah dengan baik-baik alasannya mengapa bisa demikian.

5. Berbicara dengan Jujur dan Tidak Curiga

Pada cara yang terakhir ini, mungkin bagi seseorang sangat susah untuk melakukannya. Karena kita sendiri dengan tidak bersama-sama dan ada tempat yang sama rasa curiga pun akan muncul dengan sendirinya.

Misalnya, kalian pada suatu waktu tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh manager. Rekan kita akan menanyakan alasan kita mengapa tidak bisa menyelesaikannya. Maka dengan banyaknya pertanyaan yang muncul kalian rasa curiga itu akan muncul.

Oleh karena itu, kalian bisa menjawabnya dengan sejujur mungkin. Dan rekan kerja lainnya juga harus melakukan hal sama. Misal jika ada dari rekan satu tim kerja tidak begitu sinkron dengan kita. Maka kita harus bisa mengucapkannya dengan jujur.

Meskipun, jika kita jujur dengan harus mengucapkannya kepada rekan kita menimbulkan rasa sakit hati. Tidak apa-apa karena hal demikian bisa menjaga integritas bagi setiap tim kerja.

Dengan kita berlaku jujur maka akan berdampak serius pada satu tim kerja. Dan cara yang terakhir ini sangat penting untuk diterapkan supaya bisa menjaga keharmonisan tim.

Baca juga: Boleh Tidak, Bercanda saat Sedang Wawancara Kerja? Berikut Jawabannya

Kunci utama dalam menjaga kekompakan dan keharmonisan saat bekerja jarak jauh dalam satu tim. Penting untuk mengaplikasikan lima cara di atas yang telah dijelaskan oleh Jobnas tadi. Maka dengan demikian meskipun kita tidak pernah bertemu secara langsung maka kita akan merasakan itu semua dan pekerjaan kita lebih efektif tentunya.

0
48