Mengurus Kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang Hilang

Google News
Mengurus Kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang Hilang
Mengurus Kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang Hilang

Jobnas.com – Suatu program jaminan sosial yang diberikan oleh pemerintah ialah BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mendapatkan jaminan ini, kita harus memiliki kartu BPJS tersebut. Jika kalian sudah mempunyainya bagaimana jika BPJS itu hilang?

Tujuan kartu BPJS Ketenagakerjaan dan karu BPJS Kesehatan dibuat untuk memudahkan prosedur administrasi. Bentuk kartu ini tidak jauh berbeda dengan KTP yang kita miliki, seperti KTP atau SIM.

Karena bentuknya yang demikian, kartu akan lebih mudah hilang. Entah kita lupa menyimpannya atau kartunya terjatuh tanpa sadar saat kita gunakan. Ketika kartu ini hilang, apa yang harus kita lakukan?

Tentunya kalian tidak perlu panik saat BPJS kalian hilang. kalian bisa mengikuti beberapa langkah untuk mendapatkan penggantian BPJS? Pada artikel kali ini, Jobnas akan menjelaskannya kepada kalian semua.

Bagaimana Cara Mengurusnya?

Untuk memproses kartu BPJS Kesehatan kalian yang hilang, kalian dapat memprosesnya secara offline atau online. Sebelum membahas hal-hal yang lain alangkah lebih baiknya mengetahui cara mengurus kartu BPJS Kesehatan yang hilang.

Syarat-syarat Mengurus Kartu Berobat BPJS Hilang

Syarat yang pertama, kalian perlu menyiapkan dokumen yang diperlukan. Dokumen termasuk kartu identitas (KTP), kartu keluarga (KK) dan surat kehilangan dari polisi. Khusus untuk kasus kehilangan surat ini, penanganannya sama seperti saat kehilangan KTP atau KTP lainnya.

Datangi kantor polisi terdekat, kemudian polisi akan mengeluarkan surat laporan kehilangan kartu BPJS Kesehatan kalian. Lalu simpan surat ini, serta KTP dan KK kalian. Kemudian pergi ke kantor BPJS terdekat dengan semua permintaan ini. Juga, usahakan untuk membawa bea materai sebesar Rp 10.000 jika kalian harus melaporkannya nanti.

Sesampainya di kantor BPJS, langsung menuju ke service center. Beri tahu agen bahwa kalian kehilangan tag BPJS dan minta duplikat tag BPJS. Agen kemudian biasanya akan memeriksa dokumen yang diperlukan yang kalian bawa. Setelah persyaratan terpenuhi, pencetakan BPJS bisa dilakukan. Biasanya kalian harus menunggu sehari untuk pencetakan kartu selesai.

Proses Cepat dan Gampang dalam Mengurus Kartu Kesehatan BPJS

Jika mengutip penjelasan dari Kontan jika kalian ingin berproses secara online, pastikan aplikasi Mobile JKN sudah terpasang di smartphone pintar kalian. Selain itu, kalian juga harus mengingat nomor BPJS kalian yang hilang karena akan sangat membantu selama proses pendaftaran.

Jika kalian belum terdaftar, kalian dapat mendaftar di aplikasi ini menggunakan BPJS, nomor kartu KTP, dan nomor telepon. kalian juga harus memasukkan email kalian untuk aktivasi dan kata sandi.

Kemudian yang harus kalian lakukan adalah masuk dengan nomor kartu/nama pengguna/email dan kata sandi yang diaktifkan. Pilih menu Peserta BPJS, lalu pilih menu Cetak KTP Elektronik. Klik ikon email dan ikuti prosedur yang diperlukan.

Kalian akan menerima email dari BPJS yang berisi tag atas nama kalian. Proses lebih cepat dan tidak perlu berurusan dengan kehilangan surat ke polisi atau mengantri di kantor BPJS. Syaratnya, kalian tidak boleh lupa nomor kartu BPJS Kesehatan kalian.

Mengurus Kartu Ketenagakerjaan BPJS yang Hilang

Untuk proses pengelolaannya hampir tidak jauh berbeda dengan label BPJS Kesehatan. Persyaratannya tidak terlalu banyak. Kalian hanya perlu memiliki salinan BPJS pekerjaan yang hilang, atau setidaknya kalia dapat mengingat nomor kartunya.

Persyaratan pengurusan kartu BPJS jika terjadi PHK Sama seperti BPJS Kesehatan, jika kalian berniat memprosesnya secara offline, selain nomor kartu/fotokopi, kalian juga harus memproses laporan kehilangan di kantor polisi.

Pergi ke Kantor Polisi Terdekat untuk Menyelesaikannya.

Untuk memudahkan kalian, jika menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan ini dari perusahaan tempat kalian bekerja, mintalah surat rekomendasi dari manajer sumber daya manusia kantor. Hal ini akan mempermudah proses pengelolaan.

Jika berkas sudah lengkap, ke kantor BPJS terdekat. Proses pencetakan tidak akan berlangsung lama. Secara otomatis kalian bisa sudah mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan ini dalam waktu satu hari.

Proses Pengurusan Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang

Jika ingin cara lebih cepat, ada cara online yang bisa kamu coba. kalian bisa sampai di sana dengan dua cara, yaitu melalui situs web resmi atau aplikasi.

Di situs web resmi, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Kunjungi Situs Web https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Kemudian login/masuk dengan memasukkan email dan kata sandi yang kalian daftarkan. Kemudian pilih menu Pengaturan. Kemudian klik Tambah KJP, pilih segmen sesuai tag BPJS ketenagakerjaan kalian (Penerima Penerima Upah/Pekerja Mandiri/Tenaga Kerja Indonesia), lalu klik Ajukan.

Tunggu sebentar, hingga muncul menu terakhir, klik Digital Card. kalian dapat melihat versi digital kartu BPJS Ketenagakerjaan. kalian dapat mengklik peta untuk mengetahui semua detail tentang statusnya.

Sementara itu, jika kalian menggunakan aplikasi ini, pastikan kalian sudah menginstal aplikasi BPJSTKU. Jika sudah terpasang, klik Masuk dan masukkan alamat email dan kata sandi akun BPJSTKU. Email dan kata sandi ini harus sesuai dengan yang kalian masukkan saat pendaftaran.

Setelah login dan masuk ke halaman utama, klik Profile, maka akan muncul halaman My Account. Klik Install, lalu klik Add KJP. Pilih segmen dan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan kalian. Jika proses sudah selesai, klik Services dan pilih Digital Card. Kalian bisa mendapatkan detail lengkap dari data tag pekerjaan BPJS.

Baca juga: 5 Cara Turun Kelas BPJS yang Mudah

Proses online ini cocok untuk kalian yang memang tidak suka mengantre dan tidak sempat ke kantor BPJS. Itulah beberapa cara memproses atau mengurus BPJS yang hilang. Meski cara mengurusnya begitu mudah, idealnya kalian tetap harus merawat kartumu dengan baik agar tidak hilang!

Selain artikel ini, ada informasi lebih lanjut tentang BPJS dan jaminan dukungan pekerjaan kamu bisa mendapatkannya dengan teris mengikuti dan membaca artikel yang terbit di Jobnas setiap hari.

Ada cara yang lebih gampang tentunya. Jika kalian mendaftarkan akun kalian di jobnas. Maka setiap pekan Jobnas kan mengirimkan informasi sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika kalian penasaran dengan info semacam ini maka daftarkanlah sekarang juga.