Pengelola Website Wajib Paham dengan Referral Traffic

Google News
Mengenal Referral Traffic
Mengenal Referral Traffic

Jobnas.com Salah satu yang harus dipahami dan diperhatikan oleh para pengelola website yaitu referral traffic. Terkadang banyak dari sebagian para pengelola website bingung karen traffic website yang mereka kelola tak kunjung naik. Pada artikel kali ini Jobnas akan membagikan tips supaya website-mu semakin kencang. Tentunya website yang kamu kelola menempati di halaman pertama Google. sebelum mengelola website kamu harus tahu apa itu referral traffic? bagaimana cara membangun dan apa pentingnya?

Kembali pada pernyataan awal tentang kebingunganmu perihal mengelola website yang trafficnya tak kunjung naik, kini Jobnas menyarankan agar kamu tahu Apa yang dimaksud dengan Referral Traffic? Mengacu pada pernyataan yang Dikutip dari Hubspot, referral traffic sama halnya dengan pengunjung yang mampir ke website-mu melalui media sosial bukan dari halaman pencarian Google.

Sebagai penikmat media sosial, Pasti kamu pernah mengklik hyperlink ataupun link yang tersebar di media sosial. seperti, Telegram, Twitter, Instagram, Dan Media sosial lainnya kemudian kamu diarahkan ke suatu website.

Mungkin kalau kamu belum baca artikel ini, kamu terus-terusan tidak akan sadar perihal seperti tadi masuk ke dalam kategori referral traffic. Hal tersebut sangatlah berguna bagi pengelola website sebab oleh sebab itu pula traffic website-nya akan meningkat.

Gimana cara melacaknya supaya kamu tahu bahwa dari mengeklik hyperlink atau link bisa menaikkan traffic website? jawabannya yaitu bisa diketahui dengan menggunakan Google Analitycs. pasalnya, referral traffic, organic traffuc, dan search traffic sudah menjadi salah satu statistik otomatis terlacak oleh Google analitycs.

Setelah kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan referral traffic maka akan saya lanjutkan pembahasan ini tentang pentingnya refferal traffic untuk website. Mengapa traffic ini begitu penting untuk website gunanya adalah untuk mengetahui minat pengunjung/user. pasalnya, jika kamu bisa mengetahui minta user otomatis kamu dapat mengetahui user tersebut berasal atau datang dari mana. Karena, user atau website lain itu beragam, ada dari website olahraga, website kesehatan, atau website gaya hidup.

Setelah kamu mengetahui minat mereka semua, kamu bisa mengoptimalkan konten untuk mereka. Cara yang lain bisa kamu lakukan dengan meningkatkan SEO website. Refferal traffic juga memiliki manfaat bagi SEO website. Mengapa tidak, kemungkinan besar user yang datang berasal dari website yang terpercaya. Dari hal itu Google dengan sendirinya akan meng-indeks sebagai traffic yang positif.

Jika kamu sudah tahu tentang pengertian serta pentingnya jenis traffic. Kini saya akan menjelaskan tentang membangun refferal traffic. Sebenarnya ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan di antaranya adalah:

Share Konten ke Media Sosial

Jangan ragu-ragu untuk membagikan konten website-mu ke berbagai media sosial yang kamu miliki, seperti WhatsApp, Telegram, dan lain-lain.

Tambahkan call to action (CTA) tentunya dengan menuliskan caption yang sangat menarik saat membagikan link kontenmu.

Berbagai cara bisa kamu lakukan misalnya, mengajak para penikmat sosial media untuk mengklik link yang kamu bagikan dengan menyantumkan caption yang sangat menggugah.

Dengan cara tersebut memungkinkan pengguna sosial media akan mengklik link tersebut dan otomatis akan menjadi referral traffic. Bahkan, kemungkinan ke dua pengguna sosial media akan membagikan kontenmu karena dianggap sangat menarik dan bermanfaat.

Melakukan Guest Blogging

Yang dimaksud dengan guest blogging yaitu kegiatan seseorang menulis konten di website orang lain. Banyak sekali kita temukan website yang sudah melakukan cara ini. seperti, mojok.co, beritabaru.co, dan lainnya. Dengan melakukan salah satu cara ini dengan konsisten dengan sendirinya referral traffic itu terbangun.

Namun, ada beberapa hal yang harus diingat saat melakukan guest blogging. Kamu harus memilih website yang memiliki niche atau tema yang sama dengan kontenmu. Selain itu, pilih situs web yang terkenal dan terpercaya supaya keuntungan yang didapatkan dari referral traffic semakin besar.

Berkomentar di Blog Lain

Jangan sampai salah dugaan, jika kamu memberikan komentar di blog lain, kamu dapat membangun referral traffic, asalkan dilakukan secara baik. Salah satu hal yang paling utama dan sangat perlu untuk diingat saat berkomentar hindari praktik spam komen.

Setidaknya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • pastikan komentarmu berkualitas
  • fokus pada blog yang dapat memberikan link di kolom komentar
  • usahakan cari website yang terkemuka

Selanjutnya Kamu Bisa Melakukan di Forum Online

Forum online sering sekali diabaikan oleh para marketer padahal gunanya sangat penting yaitu bisa meningkatkan traffic.

Baca juga: Tentukan Ranking Hasil Pencarian dengan Metrik Baru Penilaian Google Melalui Core Web Vitals

Selain itu forum online juga menjadi salah satu ladang yang menjanjikan, utamanya dalam membangun referral traffic. Adapun cara aktif bergabung di forum online setidaknya ada beberapa cacatan pening. Pertama kamu mencari forum yang sesuai dengan website-mu lalu bergabung dan ikut andil di dalamnya. Seperti aktif bertanya, berdiskusi, serta sesekali menyelipkan konten website-mu di dalam forum tersebut.

Tunggu apa lagi!