3 Manfaat Split Payment Sebagai Metode Pembayaran yang Sering Digunakan Anak Muda Sekarang

Jobnas.com – Manfaat split Payment menjadi salah satu pilihan yang seringkali digunakan dalam melakukan pembayaran online secara mudah saat ini, apalagi di tengah beragamnya metode pembayaran. Begini Pengertian Lengkapnya!

Singkatnya, split payment adalah membagi metode pembayaran, menggunakan lebih dari satu metode atau sumber.

Sebagai informasi, metode split payment ini sekarang banyak diadopsi di berbagai platform yang memfasilitasi pembayaran digital, seperti e-commerce.

Untuk penjelasan lengkap tentang pembayaran split dan keuntungan untuk bisnis Anda, lihat penjelasan berikut.

Pengertian Split Payment

Split payment adalah pembayaran terpisah. Dalam pengertian jual beli, split payment berarti membayar harga suatu barang atau jasa dengan menggunakan metode atau sumber pembayaran yang berbeda.

Metode ini berasal dari kenyataan bahwa saat ini kita cenderung memiliki lebih dari satu akun atau dompet digital yang terinstal di smartphone.

Misalnya, kita ingin membayar produk senilai Rp 100.000. Dengan  metode split payment, pembayaran bisa kita bagi menjadi Rp 70.000 dari sekali transfer menggunakan akun A, lalu sisanya kita bayar Rp 30.000 menggunakan saldo GoPay.

Split payment adalah metode pembayaran yang hemat biaya karena dengan menggunakan metode ini, penjual dan pembeli akan mendapatkan keuntungan yang sama.

Manfaat split payment untuk pembeli

1. Manajemen keuangan yang mudah

Karena ada banyak pilihan untuk menyimpan uang digital, kami biasanya memiliki kelonggaran tertentu di setiap akun atau dompet digital.

Bila jumlah di akun A Anda tidak cukup untuk membayar barang, Anda dapat menyelesaikannya dengan pembayaran terpisah menggunakan akun A dan akun B. Kira-kira itulah manfaat split payment untuk pembeli.

2. Pembayaran Bisa Dicicil

Manfaat split payment yang kedua adalah pembayaran produk atau jasa, bisa dicicil. Artinya, jika Anda memiliki kartu kredit, Anda dapat menggunakan pembayaran sebagian untuk mengembalikan sebagian harga.

Misalnya, Anda ingin membeli ponsel seharga 1,5 juta rupiah. Namun, jumlah yang Anda miliki hanya Rp 800.000. Karena Anda memiliki kartu kredit, Anda dapat mencicil sisa Rp 700.000.

Dengan metode pembayaran split ini, Anda bisa mendapatkan barang impianmu tanpa harus mencicil terlalu banyak.

3. Bisa beli barang Impian

Manfaat split payment yang ketiga, pembeli pasti akan melakukan pembayaran dengan mudah.

Karenanya, pembeli tidak harus membayar harga penuh di muka, tetapi dapat membayar sebagian dari harga dengan mencicil. Pastinya akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan objek impian Anda.

4. Usaha patungan dengan teman

manfaat split patment yang keempat untuk pembeli adalah pembayaran juga dapat dilakukan dari rekening teman atau keluarga Anda, asalkan mereka setuju untuk membagi pembayaran menjadi dua.

Manfaat Split Payment untuk Penjual

1. Meningkatkan Angka Penjualan

Manfaat split payment untuk penjual yang pertama, tentunya akan mempermudah transaksi. Jika Anda memberikan opsi pembayaran ini, tentu saja dapat meningkatkan penjualan produk Anda.

2. Menambah jaringan resealer atau distributor

Selain itu, manfaat split payment yang kedua bagi penjual adalah dapat menambah jaringan reseler dan juga distribuor.

Banyak toko online menggunakan pembayaran terpisah dengan mitranya. Tentunya bagi agen, dengan menggunakan metode split payment dapat sangat memudahkan proses bisnis antara dua pihak.

3. Tidak Perlu Siapkan Uang Tunai

Terkadang, saat makan bersama, atau berbelanja terkadang Anda lupa membawa dompet atau tidak mengambil uang tunai dari ATM.

Maka manfaat split Payment dapat Anda gunakan dengan fitur bonus yang memungkinkan pengguna untuk tidak menggunakan uang tunai.

Baca Juga: Tips Traveling Aman dan Nyaman Untuk Anda, Baca 15 Hal Berikut Sebelum Memutuskan Pergi Traveling

Contoh Aplikasi Split Payment

Yuk, kembangkan usaha Anda sekarang juga dan pelajari lebih lanjut tentang aplikasi yang direkomendasikan untuk membagi tagihan Anda sekarang.

Split bill payment merupakan inovasi yang menjadikan transaksi  lebih modern, sederhana dan cepat.

Ada banyak aplikasi yang menyediakan fitur split invoicing ini, beberapa di antaranya menawarkan split invoicing sebagai berikut.

1. DANA

Pertama, penyedia fitur split bill adalah aplikasi DANA. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memisahkan atau membagi tagihan dengan teman-temanmu:

  • Aktifkan dan buka aplikasi DANA.
  • Selanjutnya, ketik di kolom pencarian Split Bill atau klik tombol Bayar Patungan.
  • Klik tombol Patungan untuk meminta uang ke banyak orang sekaligus.
  • Klik tombol Atur Jumlah dan tambahkan catatan yang ingin disampaikan ke teman-temanmu.
  • Tuliskan berapa nominal yang diinginkan. Klik Lanjutkan.
  • Tulis catatan yang ingin Anda sampaikan ke penerima. Klik tombol Lanjutkan.
  • Klik tombol Tambah Partisipan untuk menambahkan kontak teman-teman yang Anda inginkan berbagi tagihan atau split bill.
  • Lalu, klik tombol Patungan Yuk untuk menindaklanjuti prosesnya.

2. JENIUS

Selanjutnya, aplikasi dengan fitur split bill adalah Jenius. Pembagian total nominal bisa dilakukan otomatis serta terdapat status pembayaran. Seperti sudah dibayar, ditolak, atau masih pending. Ikuti langkahnya berikut:

  • Buka aplikasi Jenius.
  • Pilih fitur Split Bill.
  • Tambahkan nama kontak teman-teman atau tambahkan manual dengan cara memasukkan nama dan nomor rekening tujuan.
  • Atur jumlah nominal yang akan dibagikan per-orang, lalu klik tombol Kirim Permintaan.

3. LINE

Aplikasi ketiga yang memiliki fitur split bill adalah LINE. Caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi LINE.
  • Pilih tanda 3 titik (Lainnya), dan pilih Split Bill.
  • Potret nominal tagihan dari struk atau nota.
  • Kemudian, pilih daftar kontak teman atau tambahkan manual.
  • Atur nominal yang ditagih ke masing-masing orang sesuai keinginan.
  • Periksa kembali apakah nominal tagihan sudah benar. Jika sudah, Anda bisa langsung membagikan tautan LINE tersebut ke teman-temanmu yang ikut split bill.

4. GoPay

Hampir mirip seperti aplikasi DANA, aplikasi split bill selanjutnya adalah GoPay. GoPay juga menghadirkan fitur Minta Uang atau Request kepada teman-temanmu sekaligus di waktu yang sama. Ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi GoPay.
  • Pilih menu Eksplor.
  • Tekan tombol Minta/Request
  • Selanjutnya, pilih Lihat Kontak – Pilih Grup untuk membagikan tagihan. Anda juga bisa membuat grup baru yang ikut split bill. Setiap grup dibatasi hanya berisi 51 orang, termasuk seorang admin.
  • Tambahkan kontak teman-temanmu yang akan Anda ikutkan split bill.
  • Atur berapa jumlah nominal tagihan setiap orang sesuai keinginan, atau cukup klik bagi rata untuk jumlah nominal yang sama dalam satu grup.
  • Tambahkan catatan pada ikon tema bila ada pesan yang ingin disampaikan.
  • Klik tombol OK untuk melanjutkan proses permintaan saldo GoPay dengan fitur split bill.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat split payment, serta rekomendasi aplikasinya. Silakan langsung dicoba dan mudah-mudahan bermanfaat untuk mengelola keuangan bisnis Anda. Selamat mencoba!

#Split Payment #Split Payment Adalah #Apa Itu Split Payment #Arti Split Payment #Split Payment Shopee Adalah #Split Payment Tokopedia #Split Payment Shopee #Split Payment Artinya #Cara Split Payment Shopee #Cara Split Payment Tokopedia #Split Payment Tokopedia Adalah #Maksud Split Payment Tokopedia #Split Payment Ibox #Iphone Split Payment Adalah #Apa Itu Split Payment Tokopedia #Split Payment Traveloka #Split Payment Iphone Adalah #Apa Itu Split Payment Shopee #Apa Yang Dimaksud Split Payment #Pengertian Split Payment #Split Payment Di Ibox #Split Payment Iphone #Split Payment Kredivo #Ibox Bisa Split Payment #Split Payment Akulaku #Split Payment Jd Id #Split Payment Renan Store #Sistem Split Payment #Contoh Split Payment #Apa Itu Split Payment Motor #Apa Itu Split Payment Traveloka #Split Payment Kartu Kredit #Split Payment Artinya Apa #Blibli Split Payment #Arti Auto Split Payment
Jobnas
Logo
Compare items
  • Total (0)
Compare
0
Shopping cart