Kisi-kisi Tes CPNS 2023, Baca Sampai Akhir, Ya!

Google News
Kisi-kisi Tes CPNS 2023, Baca Sampai Akhir, Ya!
Kisi-kisi Tes CPNS 2023, Baca Sampai Akhir, Ya!

Jobnas.comTes CPNS atau Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan segera dibuka. Dalam hal ini, pemerintah menargetkan membuka pemilu pada Juni 2023, bersamaan dengan penyelenggaraan Pegawai Negeri Sipil dengan Pengaturan Kerja (PPPK). 

Calon CPNS bisa mulai mempersiapkan diri dari sekarang, mengingat tinggal  beberapa bulan lagi proses seleksi dimulai.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama, bahwa tes CPNS pada tahun 2023 kali ini dibagi ke dalam 2 tahapan seleksi, meliputi, seleksi kompetensi dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Sementra untuk SKD, nantinya akan dibagi pada 3 bagian, meliputi; Pertama, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Kedua, Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Ketiga, Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Begitu juga denga Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yang nantinya tes ini akan menilai kompetensi bidang yang dimiliki pelamar, karena nantinya hasilnya akan disesuaikan dengan kompetensi bidang yang dibutuhkan oleh formasi jabatan yang dipilih pelamar.

Dalam dua tahapan tersebut, ujian ini juga menjadi salah satu dasar evaluasi seleksi tahun sebelumnya.

Tes akan dilakukan dengan menggunakan sistem Computer Aided Testing (CAT) yang diselenggarakan oleh BKN. 

Selain itu, dokumen Seleksi Keterampilan Dasar (SKD) CPNS berpedoman pada Peraturan Menteri PANRB (PermenPANRB) yang diterbitkan bersama sebelum seleksi. 

Seleksi CPNS terakhir dilakukan pada tahun 2021, dimana dokumen ujian mengacu pada PermenPANRB No. 27 Tahun 2021 tentang rekrutmen PNS. Dokumen tersebut meliputi kuesioner TWK, kuesioner TIU dan kuesioner TKP. Untuk SKB mohon koordinasi dengan instansi terkait untuk diatur.

Sementara itu, beberapa waktu lalu, Alex Denni selaku Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)mengatakan, pihaknya telah menyiapkan kelompok khusus antarkementerian khusus untuk menyiapkan soal-soal ujian tes.

Baca juga: Simulasi TKP Online Gratis dan Kunci Sukses Tes Karakteristik Pribadi

Tidak hanya itu saja, Alex juga mencontohkan seleksi ACESN kali ini akan memberikan pelatihan yang lebih banyak dari tahun lalu karena mencakup semua kebutuhan pelatihan yaitu CPNS dan PPPK.

Seleksi juga terbuka untuk umum, tidak hanya untuk pelamar dari sekolah resmi, atau terutama tenaga medis atau pendidikan.

Baca Juga: 10 Daftar Jurusan yang Memiliki Peluang Besar Untuk Menjadi CPNS

Kisi-kisi Tes CPNS 2023

Adapun kisi-kisi tes CPNS yang umum terjadi meliputi beberapa hal berikut ini.

1. Tes Kemampuan Akademik (TKA) atau Tes Potensi Akademik (TPA)

TKA atau TPA adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan akademik calon pegawai. Tes ini biasanya terdiri dari soal-soal matematika, fisika, kimia, biologi, atau ilmu-ilmu lain yang sesuai dengan bidang yang akan dijabat oleh calon pegawai tersebut.

Tes ini digunakan untuk mengukur seberapa baik calon pegawai dalam mengolah dan menganalisis informasi serta menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan bidang yang akan dijabatnya.

2. Tes Kemampuan Umum (TKU) atau Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TKU atau TWK adalah tes yang digunakan untuk mengukur pengetahuan umum calon pegawai tentang sejarah, geografi, ekonomi, dan politik Indonesia.

Tes ini digunakan untuk mengukur seberapa baik calon pegawai dalam memahami dan menganalisis situasi dan permasalahan yang terjadi di Indonesia serta memahami peran PNS dalam pembangunan negara.

3. Tes Kemampuan Bidang (TKB) atau Tes Kemampuan Teknis (TKT)

TKB atau TKT adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan khusus calon pegawai dalam bidang yang akan dijabatnya.

Biasanya, tes dalam bidang ini digunakan untuk mengukur seberapa baik calon pegawai dalam mengerti dan mengaplikasikan konsep-konsep dan teknologi yang digunakan dalam bidang yang akan dijabatnya.

4. Tes Psikologi

Tes Psikologi adalah serangkaian tes yang digunakan untuk mengukur kesiapan mental dan emosional calon pegawai untuk bekerja di lingkungan PNS.

Umumnya, tes ini digunakan untuk mengukur seberapa baik calon pegawai dalam mengatasi stres, bekerja dalam tim, dan membuat keputusan yang tepat dalam situasi yang menegangkan.

5. Tes Kesehatan

Berikutnya adalah tes kesehatan yang digunakan untuk mengukur kondisi kesehatan fisik calon pegawai.  

Hal ini digunakan untuk mengukur seberapa sehat calon pegawai dan apakah ia memenuhi syarat kesehatan yang ditetapkan untuk bekerja sebagai PNS.

6. Tes Bahasa Inggris (jika diperlukan)

Tes bahasa Inggris biasanya digunakan dalam beberapa lembaga terstentu saja, dengan tujuan untuk mengukur kemampuan calon pegawai dalam bahasa inggris.

Tes ini digunakan untuk mengukur seberapa baik calon pegawai dalam berbahasa inggris, baik dalam berbicara, menulis, atau memahami teks yang dibacanya.

Baca juga: Simulasi TWK dan Kunci Sukses CAT Tes Wawasan Kebangsaan

Kemampuan bahasa inggris sangat penting jika calon pegawai akan bekerja di posisi yang memerlukan komunikasi dengan asing atau di instansi yang memerlukan komunikasi dengan bahasa inggris.

Sebagai catatan penting, bahwa kisi-kisi tes CPNS bisa berbeda-beda tergantung dari instansi maupun jenis formasi yang diikuti.