Menguasai Keterampilan People Management Auto Menjadi Manager yang Baik

Google News
Keterampilan People Management
Keterampilan People Management

Jobnas.com – Jika bercita-cita ingin menjadi seorang manajer, maka kalian perlu menguasai keterampilan atau skill people menagement dan hal itu sangat begitu penting untuk dikuasai. Bagaimana tidak, dalam satu tim tertentu akan mengorganisir banyak orang.

Tanpa keterampilan people management yang baik, otomatis kalian akan kesulitan dalam mengelolanya. Jadi apa pendapat kalian tentang keterampilan people management?

Dan bagaimana cara meningkatkannya? Untuk menaklukkan rasa penasaran yang ada di dalam diri kalian, maka Jobnas akan membantu mengusirnya dengan cara menjelaskan lewat artikel ini.

Apa itu Skill People Managemant?

Bagi seorang pemimpin atau manajer, keterampilan ini harus dikuasai dengan benar. People Managemant adalah kemampuan untuk memotivasi, mengatur dan mengarahkan karyawan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan mempromosikan pengembangan profesional.

Pasalnya, jika karyawan tidak termotivasi untuk bekerja, otomatis mereka akan kurang semangat untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Di sisi lain, seorang manajer juga harus mengelola dan peduli terhadap proses kerja karyawan. Di sinilah peran kunci keterampilan manajemen orang masuk. Dengan menguasai kemampuan ini, manajer dapat membuat karyawannya betah bekerja dengan mereka.

Setiap hari, seorang manajer harus berusaha memberikan kontribusi untuk meningkatkan kinerja karyawan. Pastinya akan berdampak baik bagi kinerja dan bagi perusahaan secara keseluruhan jika karyawan disiplin dan profesional.

Bahkan tidak hanya itu, seorang manajer melalui skill ini harus berhati-hati mengelola konflik yang muncul dalam tim.

Apa Saja Keterampilan People Management?

Ketika melakukan atau menerapkan people management, ada berbagai jenis soft skill yang perlu dikuasai oleh seorang manager, salah satunya komunikasi.

Lantas skill apa saja dari people management yang perlu diterapkan di dunia kerja?

1. Komunikasi

Keterampilan komunikasi sangat penting untuk dikuasai dan diterapkan dalam manajemen orang. Sebab, dalam kesehariannya, kalian akan berkomunikasi langsung dengan karyawan.

Tanpa keterampilan komunikasi yang memadai, sulit untuk menyampaikan informasi yang jelas dan terperinci kepada seluruh karyawan.

2. Mendengarkan Secara Aktif

Pasalnya, di tempat kerja, pasti ada banyak karyawan yang bertanya atau berbicara kepada Anda tentang pekerjaan mereka setiap hari. Bukan hanya keterampilan komunikasi, mendengarkan secara aktif juga penting untuk diterapkan di dunia kerja.

Dalam kasus ini, kalian harus mendengarkan dengan cermat. Ketika seseorang meminta saran, berikan saran terbaik untuk menyelesaikan masalah.

3. Pintar dalam Memanagement Konflik

Dalam hal ini, sebagai seorang manajer, kalian harus menjadi penengah jika sewaktu-waktu timbul konflik. Tidak dapat dipungkiri, dalam setiap tim akan selalu ada konflik yang muncul, baik itu perbedaan pendapat atau masalah lainnya.

Pasalnya, jika tidak segera diselesaikan akan berdampak negatif pada performa tim ke depan. Keterampilan manajemen orang ini sangat penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam tim.

4. Kerjasama

Selain berkolaborasi dengan manajer lain, kalain juga perlu berkolaborasi dengan karyawan kalian. Dalam sebuah tim, kemampuan untuk berkolaborasi adalah sesuatu yang wajar untuk dimaksimalkan, ketika kalian juga menjadi manajernya.

5. Fleksibilitas

Pada dasarnya, dalam hal apa pun, fleksibilitas penting bagi manajer. Sebagai seorang manajer, kalian juga dituntut untuk fleksibel. Jika seorang karyawan tiba-tiba meminta bantuan untuk masalah proyek, kalian perlu membantu mereka.

Bagaimana Cara Meningkatkan Keterampilan People Management

Sangat beruntung sekali kalian sekarang dapat mengembangkan keterampilan manajemen orang dengan baik. Jadi kalian tidak perlu khawatir jika kalian belum menguasainya dengan sepenuh hati.

Lalu apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tersebut? Di sini jobans akan memberikan sebuah metode yang sangat di percaya:

1. Fokus pada Satu Keterampilan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dalam manajemen orang ada banyak keterampilan yang perlu diketahui. Jadi pilih satu, misalnya manajemen konflik. Dari sana, kalian bisa fokus mengelola konflik terlebih dahulu.

Kalian bisa belajar sendiri atau bertanya pada ahlinya. Ini akan membantu kalian menguasai keterampilan mengelola orang lain.

2. Temukan Mentor

Cara berikutnya untuk meningkatkan skil keterampilan manajemen orang adalah dengan menemukan mentor kalian sendiri. Melalui mentor, kalian dapat melihat umpan balik apa yang akan mereka berikan kepada kalian. Dengan cara yang kedua ini, kalian dapat menilai kemampuan kalian dalam mengatur orang secara teratur.

3. Mencari Umpan Balik atau Saran dari Manajer Lain

Jika kalian memiliki rasa skeptic, maka buanglah jauh-jauh. Jangan ragu untuk meminta umpan balik atau nasihat dari manajer lain atas kinerja kalian dalam mengelola tim. Ini akan berguna bagi kalian di masa depan. Sehingga kalian tahu apa yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan di masa depan.

Begitu saja penjelasan singkat mengenai people management skills dan cara meningkatkannya. Yang perlu kalian ingat keterampilan manajemen orang adalah salah satu kunci bagi manajer untuk memahami bagaimana karyawan mereka bekerja di perusahaan.

Baca juga: Kenali Langkah Penting dan Menyikapi Labour Market

Dan jika kalian tertarik untuk mengembangkan skill kalian di dunia kerja, Jobnas.com memberikan banyak informasi tentang skill di dunia kerja, tips menghadapi dunia kerja, dan lainnya. Kalian bisa mendapatkannya secara gratis dengan terus membaca artikel di blog Jobans.

Dan kalian juga bisa mendaftarkan diri kalian sekarang juga untuk memperloh informasi menarik lainnya!