Kerja Network Engineer dan 10 Pertanyaan yang Sering Keluar Saat Wawancara

Jobnas.com – Bekerja sebagai network engineer mengharuskan Anda memiliki beberapa keterampilan yang pasti akan diminta dalam wawancara.

Selain keterampilan teknis dalam perencanaan, pengembangan dan manajemen jaringan, seorang network engineermasa depan membutuhkan soft skill di berbagai bidang, terutama komunikasi.

Sekarang, untuk mempelajari pertanyaan wawancara umum bagi calon insinyur jaringan, lihat kuis berikut.

Daftar Pertanyaan Wawancara Kerja Network Engineer

Seorang network engineer sering dibutuhkan di lingkungan kerja perusahaan atau institusi serta terkait dengan budaya perusahaan.

Oleh karena itu, proses wawancara dengan seorang network engineersering kali merupakan campuran dari pertanyaan  perilaku dan  teknis.

Jika Anda ingin menghadapi wawancara sebagai network engineer,  hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah keberanian dan kepercayaan diri.

Dua hal ini adalah poin utama untuk memudahkan Anda mengingat dan  mengelola pengetahuan saat menjawab pertanyaan.

Untuk kejelasan, berikut adalah 10 pertanyaan wawancara kerja network engineeryang dapat Anda baca.

1. Bagaimana proses pemecahan masalah Anda?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sering diajukan oleh seorang network engineer ketika mengalami masalah jaringan atau troubleshooting.

Pewawancara ingin mengetahui atau melihat Anda menjelaskan proses logis untuk memecahkan masalah seperti ini dalam lingkungan bisnis.

Sebagai seorang insinyur jaringan, Anda perlu menjelaskan proses dengan cermat menggunakan metode analitis dan menyeluruh.

Tidak hanya itu, tetapi Anda juga perlu menjelaskan sumber daya apa yang  digunakan ketika Anda bingung tentang masalah jaringan dengan tekanan perusahaan dengan cara ini.

2. Mengapa Anda ingin menjadi insinyur jaringan?

Pertanyaan umum ini sering diajukan di awal pendahuluan dan penjelasan latar belakang Anda.

Maksud dari pertanyaan ini adalah pewawancara ingin mengenal Anda dan melihat antusiasme Anda saat melamar  posisi network engineer.

Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan satu jawaban:

“Ketika saya masih kuliah, saya mengambil jurusan ilmu komputer karena saya menyukainya. Tepatnya, saya mengambil jurusan teknik dan jaringan karena sangat menyenangkan. Berbagai pelajaran yang saya terima di bangku kuliah membuat saya semakin tertarik dengan ilmu ini. Kemudian saya percaya saya dapat menerapkan pengetahuan saya  untuk bekerja sebagai network engineerdi perusahaan ini. Alasannya adalah saya ingin mendukung perusahaan dengan kemampuan terbaik saya di belakang layar.

3. Sumber daya apa yang Anda gunakan untuk mengikuti perkembangan inovasi dalam suatu industri?

Untuk seorang insinyur jaringan, inovasi sangat penting untuk kelangsungan hidup yang efektif di sebuah perusahaan.

Akibatnya, network engineermasa depan akan ditanya tentang sumber daya, peningkatan infrastruktur jaringan, dan inisiatif.

Pertanyaan untuk Network engineerini menanyakan tentang kesediaan kandidat untuk mengabdikan diri pada  proses pembelajaran dan kemampuan mereka untuk mengikuti tren inovasi.

Anda dapat menjawab pertanyaan ini untuk network engineerdengan jawaban  berikut:

“Saya aktif di grup teknik jaringan area lokal dan membaca beberapa buletin online tentang pengembangan jaringan. teknik jaringan. Saya juga mengikuti pembaca Web World dan RSS (Rich Site Summary)  untuk mengumpulkan konten dari banyak dokumen XML, serta mengatur informasi atau konten yang masuk.

4. Apa kekuatan terbesar Anda sebagai insinyur jaringan?

Pertanyaan ini adalah salah satu area umum yang ditanyakan oleh calon network engineertentang bagaimana Anda dapat membantu perusahaan dengan kekuatannya.

Contoh jawaban untuk pertanyaan ini adalah:

“Saya memiliki kemampuan untuk menjelaskan atau mengajar orang di luar departemen saya bagaimana memecahkan masalah. Selain itu, saya dapat mengatur ulang kata sandi atau mengunggah gambar ke situs web untuk kenyamanan rekan non-teknis. Saya suka membantu dan bekerja dalam tim, karena menurut saya  jumlah tugas di departemen akan lebih mudah diselesaikan jika saya dapat menjalin komunikasi yang baik antar tim.

5. Apa kelemahan terbesar Anda sebagai insinyur jaringan?

Sekarang, inilah pertanyaan jebakan. Anda mungkin berpikir Anda tidak memiliki kelemahan, tetapi secara logis perusahaan yang Anda wawancarai tahu bahwa tidak ada kandidat yang sempurna.

Artinya, Anda diajak untuk melihat diri sendiri dan menyadari kelemahan Anda serta upaya yang akan Anda lakukan untuk menguranginya.

Apapun kelemahannya, Anda harus menjelaskan dengan jelas bagaimana mengatasinya. Berikut adalah contoh jawaban atas pertanyaan network engineer ini:

“Saya memiliki keterbatasan dalam mengelola atau memimpin tim karena saya mudah frustrasi dengan banyak pendapat atau kontribusi saya. Saya mungkin perlu mengelola emosi saya untuk dapat menangani proses kolaboratif dengan pikiran jernih. Setelah beberapa saat frustrasi,  saya sering memasukkan kalender saya untuk bekerja dan membiasakan diri dengan jadwal yang padat untuk menenangkan emosi saya.

Baca Juga: 10 Tips PR Campaign Agar Berjalan Dengan Efektif

6. Ceritakan tentang kesalahan yang Anda buat  sebagai insinyur jaringan!

Pertanyaan ini untuk calon network engineeryang benar-benar ingin melihat apa latar belakang Anda di bidang teknik jaringan.

Pewawancara akan melihat bagaimana Anda menangani kesalahan dan masalah, jadi Anda harus jujur ​​tentang kesalahan yang Anda buat.

Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan jawaban berikut:

“Selama tahun pertama saya bekerja, saya menjadi terlalu percaya diri dan memposting beberapa pembaruan ke situs web yang tidak saya sediakan untuk saya. Ini kemudian berdampak buruk sebagai ternyata update yang saya buat masih ada bug disana-sini. Akhir kata saya mohon maaf dan mohon bantuan rekan-rekan lainnya untuk menyelesaikan masalah ini. Dari situ, saya belajar bahwa sangat penting untuk memiliki peer review sebelum merilis pembaruan.

7. Apa jaringan terbesar yang pernah Anda rancang?

Pertanyaan untuk calon network engineerini bersifat teknis karena berkaitan dengan proses merancang atau mengimplementasikan jaringan.

Anda dapat menjawabnya dengan proyek teknis yang telah Anda lakukan dengan jujur ​​agar pewawancara mengetahui kemampuan dan kemampuan Anda dari pengalaman tersebut.

Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan menjelaskan proses rekayasa logika yang Anda lakukan.

Anda dapat menggunakan metode STAR (situasi, tugas, tindakan, dan hasil) untuk menggambarkan masalah dan bagaimana Anda dapat menyelesaikannya secara holistik.

Inti dari umpan balik Anda nanti adalah kejujuran dan konsistensi dalam pekerjaan yang telah Anda lakukan.

8. Dapatkah Anda menggambar topografi jaringan yang telah Anda pelajari dan menjelaskannya kepada kami?

Salah satu tugas utama seorang network engineer adalah membuat rekayasa jaringan atau rencana desain untuk bisnis atau organisasi.

Oleh karena itu, seorang calon network engineerharus memiliki portofolio yang berisi sketsa skema desain jaringan dan mampu menginterpretasikannya.

Pertanyaan ini memungkinkan Anda untuk menggambar dan menginterpretasikan portofolio Anda.

Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan menyajikan gambar atau ilustrasi yang tertata dengan baik.

Selain itu, Anda juga harus menjelaskan segala sesuatu tentang portofolio Anda dengan bahasa yang mudah dipahami.

Misalnya, Anda menjelaskan penerapan topografi jaringan ke lembaga keuangan menengah, dan menjelaskan cara merancang keamanan jaringan dan konfigurasi khusus berdasarkan kebutuhan pelanggan.

9. Bagaimana Anda meningkatkan jaringan Anda untuk memenuhi perubahan kebutuhan organisasi?

Peningkatan jaringan dan pengembangan jaringan di dalam organisasi adalah tanggung jawab utama insinyur jaringan.

Adaptasi dan pertumbuhan tidak dapat dihindari dalam sebuah organisasi. Oleh karena itu, seorang network engineer masa depan harus mengikuti kebutuhan dan perkembangan baru. Pertanyaan wawancara ini meminta calon network engineeruntuk menjelaskan bagaimana perluasan jaringan  akan ditingkatkan.

Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan menjelaskan metode penskalaan Anda serta pengalaman Anda dengan penskalaan jaringan.

Anda juga dapat menggambarkan pengalaman Anda sebagai magang atau bekerja di  perusahaan  produk 1000 dengan jaringan skala kecil dan kemudian berkembang untuk mendominasi pasar tertentu dengan ukuran jaringan seperti Web ACME (Automated Certificate Management Environment).

10. Dimana Anda melihat diri Anda dalam lima tahun?

Sebuah pertanyaan yang sering diajukan setelah wawancara dengan network engineeradalah tentang tujuan dan ide jangka panjang Anda.

Ini diperlukan dengan konsep seperti mengacu pada waktu tertentu dalam setahun. Pewawancara ingin tahu seberapa setia Anda pada perusahaan  dan  posisi apa yang ingin Anda pegang di sana.

Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan aspirasi seperti ingin menjadi network engineeratau direktur teknis, dll.

Buat daftar apa yang ingin Anda capai dalam lima tahun atau periode waktu tertentu dan ide spesifik di baliknya.

Itu lah 10 daftar pertanyaan wawancara network engineer yang dapat Anda pelajari sebelum pergi ke wawancara atau proses perekrutan.

Anda perlu mengembangkan keterampilan untuk berkomunikasi dan mempresentasikan secara efektif dan efisien di tempat kerja.

Dan seringkali kemampuan itu terlihat dari proses wawancara seperti ini. Jadi Anda juga harus menguasai cara berkomunikasi secara efektif agar tidak hanya terobsesi dengan kemampuan teknis.

Jobnas
Logo
Compare items
  • Total (0)
Compare
0
Shopping cart