Pahami Konsep Kepemimpinan Perusahaan yang Terdistribusi; dengan Shared Leadership

Pahami Konsep Kepemimpinan Perusahaan yang Terdistribusi; dengan Shared Leadership

Jobnas.com – Shared Leadership adalah jenis manajemen bisnis baru terus bermunculan, salah satunya adalah kepemimpinan bersama. Jelas seperti namanya, kepemimpinan bersama berarti kepemimpinan bersama, sehingga karyawan dapat lebih terlibat dalam menghasilkan ide dan pengambilan keputusan untuk bisnis.

Ingin tahu lebih banyak tentang kepemimpinan bersama? Inilah ringkasan Jobans yang sudah disediakan untuk kalian.

Apa itu Shared Leadership?

Dalam konsep kepemimpinan bersama, Anda dapat memiliki lebih banyak kesempatan untuk berpendapat dan lebih berperan dalam pengambilan keputusan. Jenis  kepemimpinan terdistribusi  semacam ini tentu sangat rumit, tetapi seringkali efektif dan berhasil.

Kali ini saya akan jelaskan satu persatu mengenai apa itu shared eleadership. Mungkin dari pemaparan di atas sudah cuku mewakili. Akan lebih baiknya saya akan memeprjelas apa itu shared leader ship?

Shared leadership adalah konsep kepemimpinan yang bertujuan memaksimalkan sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan atau organisasi sebaik mungkin.

Sesuai dengan peragrap di atas sulit untuk dicapai dan agar bisa mencapainya bisa dengan cara memberikan masing-masing individu yang tergabung kesempatan untuk mencoba memimpin di bidang keahliannya masing-masing.

Saat ini Shared leadership semakin populer karena  pada kenyataanya pasar telah menjadi semakin dinamis dan kompleks. Hal itu membuat kepemimpinan oleh satu orang saja menjadi semakin sulit.

Dengan demikian, ada 3 hal dasar yang harus dipahami dalam kepemimpinan bersama, yaitu:

1. Tujuan Bersama

Semua anggota tim perlu memahami tujuan utama yang ingin dicapai. Dengan cara ini, mereka dapat menghargai tujuan utama yang harus dicapai dengan proyek tim dan memastikan bahwa semua anggota bekerja sama untuk mencapainya.

2. Dukungan Sosial

Dasar kepemimpinan bersama berikutnya adalah dukungan sosial, karena konsep ini tidak akan berhasil tanpa dukungan dari setiap anggota kelompok terhadap anggota lainnya. Setiap orang yang terlibat dalam sebuah proyek harus antusias dan menghargai kontribusi setiap individu yang hadir.

3. Menyumbangkan Ide

Pemimpin bersama memprioritaskan inisiatif individu yang berpartisipasi dalam kelompok untuk berkontribusi dan menyumbangkan ide yang positif.

Manfaat Kepemimpinan Bersama

Kepemimpinan bersama berdampak positif pada cara bisnis beroperasi. Ketika seorang karyawan merasa dihargai dan diberi kesempatan untuk memainkan peran sesuai keahliannya alih-alih menunggu pesanan, produktivitas dan kepuasan kerja dapat meningkat secara signifikan.

Lain dari itu, jika karyawan merasa dapat mempengaruhi bisnis dan mengambil lebih banyak tanggung jawab, mereka akan merasa lebih termotivasi untuk berhasil. Secara keseluruhan, kepemimpinan bersama adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kinerja karyawan.

Kerugian dari Shared Leadership

Meskipun banyak efek positifnya, kepemimpinan bersama juga memiliki kekurangan atau keterbatasan. Secara umum, kelemahan penerapan kepemimpinan bersama dalam sebuah perusahaan adalah membutuhkan waktu lebih lama untuk mengambil keputusan.

Karena proses pengambilan keputusan dilakukan oleh semua orang yang terlibat, bukan hanya manajer atau atasan.

Membangun keterikatan antar anggota tim tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Selain itu, untuk kepemimpinan bersama yang berhasil, pembangunan tim membutuhkan waktu. Dari hasil proses panjang ini umumnya lebih baik daripada kepemimpinan konvensional.

Menerapkan Kepemimpinan Bersama

Kepemimpinan bersama adalah Sebuah konsep yang jika diterapkan, akan berdampak pada banyak aspek organisasi, terutama pemikiran dan struktur.

Jadi, untuk mempelajari lebih lanjut tentang menerapkan kepemimpinan bersama, ada 3 perubahan yang biasa dilakukan oleh perusahaan yang mengadopsi konsep ini:

1. Mengubah Pola Pikir dan Tugas

Setiap karyawan atau anggota tim harus siap mengambil peran kepemimpinan. Oleh karena itu, jika kalian perlu meningkatkan keterampilan, maka kalian harus melakukannya, misalnya dengan menambahkan keterampilan kepemimpinan, komunikasi, berbicara di depan umum, dan lainnya.

2. Restrukturisasi Organisasi

Restrukturisasi organisasi yaitu merupakan hal yang wajar jika sebuah perusahaan ingin menerapkan konsep kepemimpinan bersama. Dalam proses ini, ukuran keberhasilan baru telah dikembangkan agar selaras dengan konsep kepemimpinan bersama.

3. Perubahan Budaya Perusahaan

Mengubah budaya perusahaan agar sesuai dengan konsep kepemimpinan bersama adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Perubahan yang ketiga ini dapat juga terjadi kepada budaya perusahaan.

Dengan  dilakukannya hal tersebut agar setiap orang di perusahaan dapat mengembangkan rasa saling menghormati, kepercayaan, dan akuntabilitas selama proses berlangsung.

Baca juga: Ketahui 7 Warna Kerah Pekerja Berdasarkan Posisinya

itulah macam-macam masalah kepemimpinan bersama yang dapat kalian baca dan pahami. Jika kalian merasa tertarik dengan konten  ini maka kalian bisa terus membacanya di blog artikel Jobnas yang sudah disediakan.

0
41