6 Kelebihan WordPress Dibandingkan CMS Lain

Kelebihan WordPress Dibandingkan CMS Lain

Jobnas.com – Ketika ada pertanyaan tentang cms dalam istilah indonesianya (sistem manajemen konten), salah satu yang paling populer adalah WordPress. Memang, platform ini memegang pangsa pasar 60,8% di CMS.

Menurut Kinsta, data menunjukkan bahwa lebih dari 500 situs web dibuat dengan WordPress setiap hari. WordPress memiliki banyak keunggulan dibandingkan yang lain.

Data di atas menunjukkan bahwa WordPress tetap menjadi pilihan utama masyarakat luas untuk membangun website. Lalu apa sebenarnya kelebihan WordPress? Mengapa kebanyakan orang memilih CMS ini?

Pada artikel ini, Jobnas akan kasih tahu tentang manfaatnya kepada kalian. Baca sampai habis jika kalian ingin mengetahuinya.

1. Ramah Seluler

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini kebanyakan orang mengakses internet melalui perangkat mobile. Oleh karena itu, penting untuk membuat website kita mobile friendly agar mudah diakses.

Seperti yang dilansir dari Search Engine Journal, sebagian besar tema WordPress telah dioptimalkan untuk perangkat seluler. Jadi secara otomatis, kalian tidak perlu melakukan upgrade saat menggunakan WordPress.

Tentu saja, ini adalah kelebihan WordPress yang harus kalian pertimbangkan. Memang, pengguna seluler akan membawa banyak lalu lintas ke situs web kalian.

2. Integrasi dengan Jejaring Sosial

Keuntungan lain dari WordPress adalah kalian dapat menambahkan konten media sosial ke posting Anda. Misalnya, video YouTube dalam postingan, foto Instagram, tweet, dll. Dengan cara ini, WordPress tidak hanya terbatas pada teks, file audio, gambar, dan video.

3. Mudah Dikelola

Tidak mengherankan jika WordPress adalah CMS paling populer. Pasalnya, CMS ini hadir dengan layar yang sederhana, sehingga cocok untuk pemula. Oleh karena itu, kalian tidak perlu khawatir tentang manajemen WordPress. Semuanya dapat dilakukan dengan mudah berkat tampilan panel yang sudah jadi.

4. Optimalkan untuk SEO

Selain yang disebutkan tadi, WordPress juga dianggap sebagai CMS terbaik untuk kategori SEO-friendly. Bagaimana tidak, optimasi SEO di WordPress tidak begitu rumit. Faktanya, ada beberapa plugin WordPress yang ramah SEO, termasuk Yoast SEO.

Plugin ini dapat mengukur kualitas performa SEO website Anda. Indikator terlihat dari warna tampilan. Jika hijau berarti SEO Anda sangat bagus. Namun, jika warnanya merah atau oranye, Anda harus memperbaikinya secara otomatis terlebih dahulu.

Ini berlaku saat menambahkan deskripsi meta, judul SEO, kepadatan kata kunci, dan lainnya. Manfaat ini menjadikan WordPress sebagai CMS yang harus dipertimbangkan semua orang, terutama pemasar yang menargetkan lalu lintas organik.

5. Berbagai Pilihan Tema dan Plugin

Diluncurkan dari WP Beginner, ada ribuan tema website gratis yang bisa kalian unduh untuk WordPress. Ini akan memudahkan kalian untuk memilih tema yang tepat untuk website, baik itu blog pribadi maupun toko online.

Selain itu, kalian juga tidak perlu memahami bahasa pemrograman apa pun untuk berpindah tema di WordPress. Selain ribuan tema unggulan, WordPress juga memiliki sejumlah plugin yang siap memanjakan penggunanya.

Menurut situs resminya, lebih dari 50.000 plugin dapat digunakan untuk melengkapi website, seperti alat analisis, SEO, plugin e-commerce.

6. Pengoptimalan Gambar yang Mudah

Seperti dilansir Search Engine Journal, WordPress menawarkan plugin yang memungkinkan pengguna menambahkan teks alt ke gambar. Alternatifnya, kaliam juga bisa menyesuaikan ukuran gambar di postingan WordPress agar tidak memperlambat kecepatan situs kalian.

Gambar dalam artikel adalah salah satu faktor penting untuk peringkat SEO di halaman pencarian Google. Makanya harus dioptimalkan. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan teks alt pada gambar.

Jika Anda ingin menambahkan plugin, cukup klik opsi plugin lalu pilih plugin yang ingin kalian tambahkan. Hal yang sama terjadi ketika kalian ingin membuat postingan, mengubah tema, mengubah pengaturan dasar. Semuanya tertata rapi di dashboard.

Hal terpenting tentang WordPress adalah kalian akan diberi tahu setiap kali pembaruan ke versi terbaru tersedia.

Baca juga: Visibilitas Brand; Konsep yang Bisa Meningkatkan Kesadaran Brand

Inilah enam keunggulan WordPress yang membuat orang memilihnya sebagai CMS untuk pemasaran konten atau bahkan kegiatan bisnis. Jika kalian adalah pengguna WordPress, jangan ragu untuk membagikan pengalaman kalian menggunakan CMS ini di Jobnas.

Jobnas juga mempunyai sebacam wadah bagi siapa saja dari berbagai latar belakang yang bersedia diajak berdiskusi dan berbagi pengalaman, baik itu dunia content marketing maupun bisnis.

0
527