Rekomendasi 5 Ide Kegiatan CSR selama Pandemi

Google News
Kegiatan CSR selama Pandemi
Kegiatan CSR selama Pandemi

Jobnas.com – Selama Pandemi Covid-19 tidak ada yang bisa menghalangi perusahaan untuk melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR). Di masa pandemi, banyak sekali ide kegiatan CSR yang bisa dilakukan.

Akibat pandemi hampir semua orang merasakan dampak negatif dari Covid-19, baik dari segi kesehatan, ekonomi, pendidikan dan masyarakat. Oleh sebab itu, perusahaan dapat berperan dalam melindungi kehidupan masyarakat.

Jika kalian sedang mencari ide untuk kegiatan CSR di masa pandemi, pada artikel ini Jobnas akan merekomendasikan 5 ide yang dapat dilakukan di antaranya adalah:

1. Balapan virtual

Banyak orang yang berusaha mencari hobi baru di masa pandemi Covid-19. Salah satu hiburan paling populer selama pandemi adalah berlari atau jogging.

Hobi baru ini bisa kalian jadikan ide untuk kegiatan CSR. kalian tidak perlu mengundang orang ke lokasi untuk mengadakan perlombaan atau lari maraton. Peserta dapat berlari ke manapun mereka mau. Para peserta kemudian dapat menghitung jarak yang telah mereka tempuh dengan menggunakan aplikasi.

Berapapun jarak yang dilakukan oleh peserta dapat dihitung sebagai donasi kepada sesama yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Misalnya, perusahaan kalian akan membayar Rp 250.000 untuk setiap perjalanan peserta 5 km. Dengan demikian, CSR kalian membuat peserta tetap sehat sekaligus membantu mereka yang terdampak pandemi.

2. Bantuan Pendidikan Online

Dampak covid terhadap pendidikan tidak kalah signifikan.

Pada saat covid seperti ini, siswa harus belajar mandiri di rumah dengan metode online.

faktanya, tidak semua siswa mempunyai fasilitas yang diperlukan untuk berpartisipasi dengan baik dalam pembelajaran online. Banyak para siswa yang tidak memiliki smartphone, laptop atau bahkan kuota. Dengan begitu, mendukung pendidikan online bisa menjadi ide untuk kegiatan CSR yang berdampak sangat tinggi selama pandemi.

Kalian dapat membantu banyak siswa supaya mereka bisa belajar dengan baik.

3. Mengembangkan UMKM

Banyak usaha yang terhenti selama pandemi, termasuk usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM. Ketika daya beli masyarakat menurun, pendapatan UMKM juga menurun. Mereka tidak punya banyak uang untuk mengembangkan bisnis mereka.

Maka, jika ingin menerapkan strategi CSR, mengembangkan UMKM bisa menjadi ide bisnis yang menarik. kalian dapat membiayai usaha kecil dan menengah. Selain itu, kalian dapat membantu dan mendistribusikan produk atau layanan UMKM kepada masyarakat.

Kegiatan seperti CSR jenis ini tidak hanya akan membantu UMKM bertahan dari pandemi. Apalagi dampaknya akan terasa dalam jangka panjang, bahkan setelah pandemi berakhir.

4. Dukung Staf Medis dan Relawan

Terhitung sangat sedikit jumlah tenaga kesehatan dan relawan di Indonesia. Menurut Gugus Tugas atau Satgas Covid-19 ada sekitar 6.000 tenaga kesehatan yang terdaftar sebagai relawan.

Angka tersebut tentu tidak sebanding dengan jumlah infeksi Covid-19 di Tanah Air yang terus meningkat setiap harinya.

Mengapa pada hal di atas, kalian dapat mewujudkan ide kegiatan CSR dengan mendukung tenaga medis dan relawan. Dukungan dapat diberikan dalam bentuk apapun, seperti makanan, suplemen, vitamin, dan alat pelindung diri (APD). Sebab hal ini sangat diperlukan dalam kegiatan keseharian mereka.

5. Menyediakan Fasilitas Cuci Tangan

Ketika kalian melewati atau pergi ke tempat umum, ada berapa banyak keran dan sabun tangan yang Anda temui? Jika masih dianggap kurang dan begitu sedikit menurut kalian maka kalian bisa menambah penyediaan tersebut.

Meski masih dalam kondisi pandemi, banyak orang yang masih perlu melakukan aktivitas di luar ruangan. Ada yang naik angkutan umum, pergi bekerja, membeli kebutuhan dan lain-lain. Tidak semua membawa hand sanitizer. kalian dapat menyediakan fasilitas cuci tangan di daerah lalu lintas tinggi tetapi kekurangan keran dan sabun.

Baca juga: Pentingnya Brand Credibility, Biar Pelanggan Puas dan Makin Percaya

Ide kegiatan CSR yang ke lima ini tentu sangat penting di masa pandemi.

Jadi, kesimpulannya di sini adalah selain meningkatkan citra perusahaan, kamu juga turut berpartisipasi dalam menjaga kelangsungan hidup masyarakat selama pandemi.

Apakah kamu punya ide-ide CSR lainnya? Jika ada kalian bisa mendiskusikannya di sini.