Menu

Internet

Ghufron Writer
1 minggu yang lalu
0

Jobnas.com – Phishing merupakan salah satu bentuk serangan cyber umum yang dapat mengganggu keamanan datamu di era yang serba digital ini. Semua file serta dokumen pentingmu bisa hilang karena aktivitas data breaching tersebut, terlebih apabila kantor tempatmu bekerja sedang memberlakukan WFH. Lalu, seperti apa sih sebenarnya phising itu ? bentuk kegiatan kriminalnya seperti apa ? serta bagaimana cara mengatasinya ? 

Baca Juga: Hati-hati! 6 Hal Ini Tidak Boleh Dikatakan kepada Atasanmu

Nah, di artikel ini Jobnas.com akan menjawab itu semua secara komprehensif. Yuk, simak !

Pengertian Phishing

Secara definitit, menurut Imperva, phishing merupakan jenis serangan manipulasi psikologis yang sering digunakan untuk mencuri data pengguna device. Muncul di tahun 1990-an, membuat serangan cyber ini merupakan yang tertua. Hingga pada saat sekarang ini, phising masih menjadi salah satu teknik cyberattack yang paling merusak, terutama dengan metode eksekusinya yang menjadi semakin canggih.

Secara umum, kegiatan ini dilakukan untuk mencuri data-data login akun serta nomor seri kartu kredit seorang user. Untuk membuka email, media sosial, atau pesan teks di device seorang user, penipu menyamar sebagai seorang individu dari badan terpercaya dan meraih akses. Kemudian, korban akan termanipulasi untuk mengklik sebuah link berbahaya.

Link tersebut mengarahkan mereka kepada pemasangan malware, pembekuan sistem sebagai bagian dari serangan ransomware, atau pengungkapan informasi pribadi. Sebuah serangan phishing bisa berdampak buruk bagi korban. Untuk seorang user awam, kerugian ini termasuk pembelian item secara tidak sah, pencurian dana, atau pencurian identifikasi.

Di samping itu, jenis cyberattack ini sering kali digunakan untuk mendapatkan akses di dalam jaringan milik perusahaan atau instansi pemerintah. Peristiwa ancaman tingkat tinggi atau advanced persistent threat (APT) merupakan aktivitas tingkat lanjut yang biasanya dilakukan sebagai bagian dari serangan cyber yang lebih besar.

Dalam skenario itulah untuk melewati batas keamanan, jaringan milik karyawan disusupi para penyerang, di mana mereka akan mendistribusikan malware di dalam lingkungan tertutup. Selain itu, mereka juga bisa bisa mendapatkan akses khusus ke data-data yang diamankan. Tentu akan ada kerugian finansial yang kemudian muncul apabila suatu organisasi menyerah pada serangan semacam ini. 

Kerugian itu seperti penurunan pangsa pasar, reputasi yang tercoreng, hingga hilangnya kepercayaan konsumen. Phishing dapat meningkat menjadi insiden besar yang akan membuat sebuah bisnis kesulitan untuk kembali pulih, tergantung pada ukuran data yang hilang atau terbongkar.

Jenis-Jenis Phishing

Pada saat tertentu, penyerang bisa mengirim email ke seseorang yang memegang peran tertentu dalam sebuah organisasi, meskipun mereka sebelumnya tidak memiliki informasi apa pun tentang korban. Oleh karenanya, phishing tak hanya membobol cybersecurity milik pribadi atau perusahaan.

Baca Juga: 3 Hal Penting dalam UU Ketenagakerjaan, Hak dan Kewajiban bagi Pekerja

Jenis cyber attack tersebut juga bisa menyerang sistem penampung informasi lainnya tergantung kebutuhan para penyerang. Secara general, terdapat dua jenis phishing yang sering digunakan para penyerang. Berikut adalah penjelasannya.

1. Spear Phishing

Dikutip dari CS Online, jenis serangan ini adalah saat di mana penyerang mencoba menyusun sebuah pesan khusus untuk menarik individu tertentu. Pada awalnya, istilah ini dibentuk dari sebuah analogi seorang nelayan yang sedang membidik satu ikan tertentu dan bukan melemparkan kail berumpan ke dalam air untuk melihat siapa yang menjadi korban.

Untuk mengidentifikasi target , penipu biasanya menggunakan informasi di media sosial dan menggunakan alamat email palsu untuk mengirimkan pesan yang terlihat dari rekan kerja mereka. Contohnya, spear phisher dapat mengincar data dari staf departemen keuangan dan berpura-pura menjadi manajer korban yang meminta transfer bank dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat.

2. Whaling

Jenis serangan ini merupakan manifestasi dari spear phishing yang ditujukan untuk korban dengan jabatan yang sangat besar, seperti CEO atau target bernilai tinggi lainnya. Anggota dewan perusahaan seringkali menjadi target dari penipuan ini. Hal ini dikarenakan mereka mempunyai banyak otoritas atas data-data dan informasi yang penting. 

Kemudian, mereka sering menggunakan alamat email pribadi untuk korespondensi terkait urusan bisnis. Hal ini dikarenakan target yang diincar bukanlah seorang karyawan tetap. Email pribadi tidak memiliki sistem perlindungan yang baik, berbeda dengan struktur email perusahaan. Dengan demikian serangan dinilai lebih mudah untuk tembus.

Membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk mengumpulkan informasi yang cukup untuk mengelabui target whaling akan. Meski begitu, kerugian yang terbentuk karena serangan tersebut nyatanya sangat tinggi. Penjahat dunia maya menargetkan para CEO perusahaan besar dengan email yang mengklaim bahwa mereka memiliki surat panggilan pengadilan FBI di tahun 2018. 

Kemudian, mereka men-download keylogger ke komputer para eksekutif dan tingkat keberhasilan penyerang mencapai 10%, di mana mereka merenggut hampir 2.000 korban.

Cara Mengatasi Phishing

Tentu setiap problem pasti ada jalan keluarnya. Demikian pula phishing yang terlihat sangat berbahaya dan tidak dapat dibendung, ternyata masih ada beberapa langkah preventif yang efektif untuk mengatasinya. Agar data tidak tersentuh oleh para phiser, berikut adalah beberapa langkahnya yang perlu kamu ikuti:

-Jangan meng-klik link yang mencurigakan.

-Instal toolbar anti-phishing.

-Verifikasi terlebih dahulu keamanan sebuah situs.

-Periksa akun online-mu secara teratur.

-Jangan pernah memberikan informasi pribadi kepada siapa pun.

-Terus up-to-date terkait informasi phishing.

-Update browser pilihanmu secara rutin.

-Instal aplikasi firewall pada device.

-Gunakan software antivirus.

-Tetap waspada terhadap iklan-iklan pop-up.

Itulah pemaparan Jobnas.com tentang phishing lengkap dengan cara-cara mengatasinya Kamu perlu ingat bahwa phishing merupakan aktivitas cyber attack berbentuk manipulasi psikis yang dapat mengancam keamanan datamu.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Jenis-jenis Hoax, Tips Menghidari Hoax, dan Dampaknya pada Karier

 Jangan takut meskipun para phiser melakukan serang dalam skala besar, sebab ada beberapa cara efisien yang bisa diterapkan untuk menghindari serangan tersebut.

Ghufron Writer
3 bulan yang lalu
0

Jobnas.com-Jika kamu sudah bosan dengan tampilan WordPress yang itu-itu saja, kini saatnya kamu mengetahui cara mengganti Tema WordPress agar tampilannya lebih menarik. 

Untuk mengoptimalkan salah satu aplikasi content management system ini, user experience menjadi salah satu faktor penting. Bahkan, seperti dikutip dari Giga Press, user experience menjadi salah satu unsur penting yang harus dipertimbangkan untuk perkembangan SEO.

Nah, dengan mengubah tema WordPress tentu menjadi salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut. Lantas, bagaimana sih cara mengubahnya ? Di artikel ini Jobnas.com akan mendeskripsikannya untuk mu. Yuk, simak sampai tuntas !

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Ganti Tema

Pada hakikatnya, tidak sulit untuk mengubah tema WordPress. Meski demikian, kamu harus berhati-hati saat mengubahnya. Seperti dikutip dari WP Engine, jika kamu memilih tema yang tidak relevan atau bahkan melakukan langkah yang salah, hal itu akan berakibat terhadap kinerja website mu. 

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini, Apabila Ingin Menulis Surat Rekomendasi Kerja untuk Temanmu

Bisa dibilang bahwa ada beberapa plugin dan halaman yang tidak aktif atau justru kecepatan website jadi semakin lambat. Bahkan, ada kemungkinan performa SEO-mu jadi menurun di halaman pencarian.

Dengan demikian, sebelum memutuskan untuk mengganti tema pada WordPress, sebaiknya kamu melakukan hal-hal di bawah ini terlebih dahulu.

1. Backup data Website

Menurut Theme Isle, salah satu langkah yang tepat saat ingin memperbarui tema adalah dengan membuat cadangan data website. Pasalnya, hal tersebut akan membantumu untuk memulihkan kinerja website kembali ke performa terakhirnya sebelum temanya diganti dengan yang baru. Untungnya, untuk melakukan backup data website secara mudah, kini WordPress menyediakan plugin bernama UpdraftPlus yang memungkinkan penggunanya.

2. Periksa Kode Dari Pihak Ketiga

Berikutnya, cara yang tepat untuk dilakukan sebelum mengganti tema WordPress adalah dengan memeriksa kode dari pihak ketiga. Kamu harus memperhatikan salin  kode-kode tersebut agar nantinya kamu tinggal menempelnya saat pemasangan tema sudah selesai setelah semua diperiksa. Google Analytics, Google Search Console, Google Adsense, dan lain-lain merupakan aplikasi pihak ketiga yang dimaksud.

Bagaimana Cara Mengganti Tema WordPress ?

Nah, kini saatnya untuk beralih ke pembahasan bagaimana cara mengganti tema WordPress apabila telah melakukan langkah-langkah di atas.

Seperti yang sudah Jobnas.com singgung sebelumnya, mengubah tema WordPress tidak sesulit seperti yang kamu bayangkan. Meski begitu, kamu harus pandai dalam memilih tema yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan website dan juga audiens.

Secara umum, kamu bisa mengganti tema dengan berbagai pilihan yang sudah disediakan oleh WordPress. Di samping itu, kamu juga bisa men-download temanya terlebih dahulu di berbagai situs download tema WordPress, baik yang gratis atau berbayar.

1. Instal tema WordPress

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menginstal tema WordPress adalah klik “Appearance”, lalu pilih “Theme” dan klik “Add New”. Kemudian, kamu dapat memilih tema-tema yang sudah disajikan oleh WordPress. Bahkan, kamu bisa memilih tema sesuka hatimu dengan memanfaatkan fitur kotak penelusuran yang terletak di kanan atas. Nah, kamu pun tinggal klik instal dan tunggu beberapa detik setelah menemukan tema yang tepat.

2. Aktifkan Tema

Apabila kamu sudah menginstalnya, langkah selanjutnya yaitu dengan mengaktifkan tema tersebut. Sebelum diaktifkan, dengan mengklik “Live Preview” kamu bisa melihat preview-nya terlebih dahulu.

Baca Juga: SEO Audit, Optimalkan Kinerja Website di Halaman Pencarian

Jika sudah puas dengan hasilnya, kemudian tekan “Activate” agar temanya segera terpasang di website-mu. Nah, itulah tutorial cara mengganti tema yang sudah disediakan oleh WordPress.

Lalu, bagaimana caranya jika ingin menggunakan tema yang sudah di-download dari situs-situs penyedia tema WordPress?

Langkah pertama sudah jelas, kamu harus mencari temanya terlebih dahulu dan di-download. Kemudian, file download tersebut akan berbentuk Zip.

Apabila sudah, saatnya meng-upload tema ke WordPress. Caranya juga sama seperti di atas, yaitu pilih “Appearance”, lalu “Theme”, kemudian “Add New”.  Bedanya, setelah itu kamu tinggal klik tombol “Upload Theme” yang berada di atas. Pilih tema yang akan di-upload, kemudian sesudah itu tinggal tekan tombol “Install Now”. Mudah, bukan?

Baca Juga: Sebelum Mulai Investasi Pahami Dulu 5 Perbedaan Reksa Dana Syariah dan Konvensional

Itulah uraian singkat Jobnas.com tentang cara mengganti tema WordPress tanpa merusak website. Kini saatnya kamu memastikan semua data website sudah di-backup terlebih dahulu agar penggantian tema berjalan dengan lancar.

Iwan Bisa
4 bulan yang lalu
0

Jobnas.com – Menambahkan tag pada setiap postingan di website sangat penting untuk dilakukan. Untuk menentukan tag yang baik dan mendukung SEO kamu bisa menggunakan Google Tag Manager.

Dewasa ini, google tag meneger sudah tidak asing lagi, khususnya bagi marketer atau content creator media sosial.

Sebab, tool yang satu ini selalu berkaitan dengan Google Analytics.

Nah, jika kamu ingin satu lebih detail, baik pengertian dari Google Tag Manager itu sendiri, manfaat dalam menggunakannya, dan komponen apa saja yang ada di dalamnya, baca dan simak pembahasan pada artikel berikut ini, ya.

Apa Itu Google Tag Manager?

Sebagaimana yang disadur dari Orbit MediaGoogle, Tag Manager merupakan tool yang memudahkan penggunanya untuk mengelola tag pada website. Tenang saja, tool ini gratis. Siapapun boleh mengaksesnya.

Dengan Google Tag Manager, seorang marketer bisa mengetahui bagaimana orang menemukan situs web, mengetahui durasi kunjungan di web, bahkan dengan tool ini dia bisa melakukan survei.

Nah, pertanyaan selanjutnya, yang dimaksud tag itu seperti apa, sih?

Sebagaimana yang dilansir dari Moz, yang dimaksud tag ialah potongan kode atau script yang ditambahkan ke HTML situs web untuk mengumpulkan informasi dan mengirimkannya kepada pihak ketiga, seperti Google Analytics dan Google AdWords.

Dalam penggunaannya, setiap website memasukkan tag yang sesuai dengan fokus dan target pasarnya. Ada berbagai macam tag dan setiap tag akan melacak data-data yang berbeda.

Nah, tool yang bisa mengelolanya dengan baik adalah Google Tag Manager.

Karena dengan tool ini, kamu dapat menambah, mengedit, memonitor dan menonaktifkan tag tanpa perlu memahami sumber kode.

Dengan arti lain, ia membantumu untuk mengelola tag sendiri tanpa harus mempekerjakan orang lain, sebab, cara memamnfaatkannya sangat mudah.

3 Manfaat Google Tag Manager

Berangkat dari penjelasan di atas, sudah jelas bahwa Google Tag Manager adalah tool yang memudahkan marketer untuk mengelola tag.

Jadi, marketer tidak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengelola tag pada sebuah website saja.

Dalam menjalankan bisnis, ada beberapa manfaat yang didapat dengan menggunakan tool ini, di antaranya adalah:

1. Bisa lebih mandiri

Salah satu manfaat terbesar saat menggunakan Google Tag Manager adalah kamu bisa lebih mandiri dan tidak perlu bergantung lagi pada developer.

Selain dapat menghemat biaya, kamu juga dapat melakukannya dengan cepat dan efisien saat ingin mengedit ataupun menambahkan tag.

2. Mengelola tag lebih efisien

Seperti pada pengembangan manfaat yang pertama, dengan Google Tag Manager kamu bisa lebih efisien dalam mengelola tag, baik untuk mengedit, menambahkan, menonaktifkan, dan menghapus tag pada website.

3. Mempercepat website

Jika mengaktifkan tag biasanya akan mengakibatkan kinerja website menjadi lemot, maka solosinya adalah dengan memanfaaatkan Google Tag Manager.

Sebab, melalui tool yang satu ini, kamu bisa memperbaiki masalah tersebut. Karena ia dapat mengatur prioritas tag mana yang harus diprioritaskan terlebih dahalu.

Komponen Google Tag Manager

Selanjutnya, masih tetap di bahasan seputar Google Tag Manager, alangkah baiknya juga untuk mengetahui komponen-komponennya, yaitu:

1. Container

Disadur dari Moz, container adalah tempat untuk menyimpan semua tag yang berada pada situs web.

Membuat container adalah langkah pertama setelah kamu memiliki akun Google Tag Manager.

Setelah membuat container baru, kamu akan mendapatkan kode untuk ditempatkan di situs web agar muncul di halaman website.

2. Tag

Sebagaimana yang sudah di bahas di atas bahwa tag adalah kode atau script yang akan dipasangkan ke HTML situs web untuk mendapatkan informasi.

Ia juga merupakan salah satu dari komponen Google Tag Manager.

3. Trigger

Trigger dapat dipahami sebagai sebuah pemicu supaya tab berfungsi dengan baik dan mengahasilkan sesuatu. Jadi, pada setiap tag, harus ada satu trigger.

4. Data layer

Adapun komponen yang keempat adalah data layer. Ia merupakan objek yang menyimpan tag informasi dan mengirimkannya ke Google Tag Manager.

Namun, berbeda dengan 3 komponen sebelumnya, data layer bersifat opsional.

Ia hanya dibutuhkan untuk melacak event atau peristiwa tertentu melalui Google Tag Manager.

Dari pembahasan di atas, sederhananya, Google Tag Manager hadir untuk memberi kemudahan dalam mengelola tag agar dapat mengembangkan bisnis dengan cepat.

Iwan Bisa
4 bulan yang lalu
0

Jobnas.com – Lebih hati-hati diperlukan dalam optimasi SEO untuk memaksimalkan lalu lintas. Nah, salah satu hal yang harus dihindari adalah kanibalisasi kata kunci atau istilah popularnya Keyword Cannibalization.

Lalu mengapa? Karena begitu Anda menggunakannya, itu akan berdampak negatif pada kinerja SEO anda. Apa definisi kanibalisasi kata kunci? Jadi mengapa ini harus dihindari dalam praktik SEO situs web? Pada artikel kali ini, Jobnas akan mengulasnya satu per satu untuk Anda.

Definisi Kanibalisasi Kata Kunci atau Keyword Cannibalization?

Seperti yang dilaporkan Ahrefs, kanibalisasi kata kunci terjadi ketika sebuah situs web memasukkan kata kunci yang sama dalam dua posting berbeda. Hal ini biasanya terjadi karena pemilik website secara tidak sengaja atau mungkin sengaja memasukkan kata kunci yang sama di beberapa postingan namun kemudian tidak melakukan audit SEO. Akibatnya, Google tidak dapat menentukan konten apa yang harus ditempatkan dengan benar di halaman pencarian.

Menurut Digital Marketing Institute, praktik ini juga bisa menurunkan peringkat semua postingan dengan kata kunci yang sama. Secara umum, kanibalisasi kata kunci sama berbahayanya dengan isian kata kunci. Anda harus menghindari dua kata kunci di atas sebisa mungkin untuk membuat SEO seefektif mungkin pada sebuah website.

Efek Negatif dari Kanibalisasi Kata Kunci pada Optimasi Mesin Pencari

Jika Anda secara tidak sengaja melakukan tindakan ini dan tidak mengetahuinya, Anda akan mendapatkan kesalahan fatal. Hampir semua orang pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya. Itu sebabnya penting untuk melakukan audit SEO dan memeriksa kata kunci dari semua posting di situs.

Pasalnya, efek negatif kanibalisasi kata kunci terhadap optimasi mesin pencari cukup besar. Misalnya, hilangnya lalu lintas karena kepercayaan pengguna.

1. Kurangi Otoritas Halaman

Kanibalisasi kata kunci, seperti yang dilaporkan dalam log mesin pencari, menyebarkan RKPT (rasio klik-tayang) atau rasio klik-tayang (RKT) di beberapa halaman dengan permintaan pencarian serupa.

Ini membuat posting dengan kata kunci yang sama bersaing satu sama lain di situs. Ini secara otomatis mengurangi otoritas halaman dan mempersulit Google untuk mengirimkan cuplikan unggulan.

2. Tingkat Konversi Rendah

Menurut Crazy Egg, kanibalisasi kata kunci berpotensi mengarahkan pengunjung ke halaman pucat. Alih-alih ingin mengarahkan ke halaman dengan tingkat konversi yang tinggi, mereka dialihkan ke halaman yang berbeda dan tidak terkait. Tentunya hal ini juga dapat meningkatkan bounce rate karena pengunjung website tidak puas dengan hasil pencariannya.

Identifikasi Kanibalisasi Kata Kunci atau Keyword Cannibalization

Nah, seperti yang sudah dijelaskan di atas, terkadang tanpa disadari kita para pemilik website melakukan praktik seperti itu. Karena terlalu banyak postingan, kita mungkin lupa bahwa kita menggunakan kata kunci yang sama di postingan yang berbeda.

Jadi, secara umum, bagaimana Anda mengidentifikasi kata kunci kanibal di situs web? Saat Anda memulai Digital Marketing Institute, Anda bisa mengidentifikasinya dengan mengetik website dan kata kunci yang menurut Anda mirip di Google.

Misalnya nama website Anda onjualrumah.com dan beberapa kata kuncinya mirip, mis. B. Menjual rumah mahal. Jadi ketik saja downjualrumah.com yang menjual rumah mahal di google dan lihat apakah ada artikel lain dengan kata kunci yang sama. Selain itu, Anda bisa mengidentifikasinya sendiri dengan membuat tabel dan memasukan kata kunci di setiap artikel. Namun, hal ini bisa dilakukan di awal pembuatan website untuk menghindari kanibalisasi kata kunci.

Memperbaiki Kanibalisasi Kata Kunci atau Keyword Cannibalization

Jadi, jika Anda telah melakukan audit situs dan menemukan banyak postingan dengan kata kunci yang sama, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

1. Hapus Pesan

Ini bisa menjadi solusi tercepat dan paling ekstrim. Jika Anda menemukan dua posting dengan kata kunci yang sama, hapus salah satunya. Untuk memutuskan mana yang akan dihapus, pilih yang tidak terlalu relevan dengan kata kunci yang ditampilkan.

2. Gabungkan Konten

Metode ini sangat efektif. Jika dua konten terkait dengan kata kunci yang sama, tidak ada salahnya menggabungkan keduanya. Setelah menggabungkannya dengan baik, pilih kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan kesulitan kata kunci rendah.

3. Temukan Kata Kunci Baru

Jika kedua konten tersebut tidak terkait, Anda mungkin dapat menemukan kata kunci baru untuk salah satunya. Namun, pastikan kata kunci baru yang Anda cari terkait dengan konten konten.

Demikian penjelasan tentang kanibalisasi kata kunci dan cara mengatasinya. Harap dicatat bahwa praktik ini terkadang tidak disengaja dan kami tidak menyadarinya. Itulah mengapa penting untuk melakukan audit konten secara rutin untuk mengoptimalkan SEO.

Untuk mengoptimalkan SEO situs web Anda, Jobnas menawarkan berbagai artikel dengan tips tentang cara meningkatkan SEO, kata kunci, dan kata kunci. Anda bisa mendapatkannya secara gratis dengan berlangganan atau terus ikuti setiap harinya. Jangan sampai ketinggalan informasi, ya! Ayo pesan sekarang!

Iwan Bisa
4 bulan yang lalu
0

Jobnas.com – Jika anda memiliki atau sedang mengelola situs web, anda harus melakukan pemindaian keamanan secara rutin menggunakan alat. Jobnas akan merekomendasikan kepada anda dalam artikel ini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa website rentan terhadap serangan tak terduga seperti malware, virus, atau bahkan hacker. Oleh karena itu, penting untuk melakukan audit keamanan secara berkala agar kami tahu bahwa situs web kami terlindungi dari serangan ini.

Lalu alat apa yang bisa digunakan untuk mengendalikannya? Jangan khawatir, Jobnas punya rekomendasi untuk anda. Yuk, simaka artikel kami di bawah ini.

1. Pertolongan Pertama

Sucuri adalah salah satu alat gratis terpopuler yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa keamanan situs web. Selain itu, alat ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga cocok untuk pemula. Bagaimana tidak, anda tinggal membuka Sucuri Sitecheck, setelah itu ketik website anda pada kolom yang tersedia lalu klik tombol Check Website.

Selanjutnya, Anda akan disajikan situs web malware dan keamanan serta daftar dengan status daftar hitam situs web. Sucuri, diterbitkan oleh Geek Flare, juga membantu Anda membersihkan situs web dan melindungi dari ancaman online. Selain itu, alat ini dapat digunakan di berbagai platform situs web seperti WordPress, Joomla, Magento, Drupal, dan lainnya.

2. Qutter

Sama seperti Sucuri, Quttera memiliki antarmuka yang sederhana dan ramah. Dengan alat ini Anda dapat mengetahui keberadaan malware di file situs web dan PhishTank dan memeriksa file berbahaya dan mencurigakan lainnya.

3. Proksi Serangan Zed (ZAP)

Alat lain yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa keamanan situs web adalah Zed Attack Proxy atau ZAP. OWASP (Proyek Keamanan Aplikasi Web Terbuka) mengembangkan ZAP dimulai oleh Hackri.

Dengan alat ini, Anda dapat memindai berbagai data keamanan yang rentan terhadap serangan situs web online. Selain itu, ZAP juga dapat menampilkan hal-hal lain seperti injeksi SQL dan XSS, informasi IP pribadi, kesalahan aplikasi, dan lainnya.

4. Pemeriksaan Keamanan WordPress

Bagi Anda yang menggunakan sistem manajemen konten seperti WordPress, alat ini terlihat sangat berguna. Ini karena Hacker Target melaporkan bahwa WordPress Security Scan dapat memeriksa keamanan server WordPress, keamanan plugin, dan juga domain hosting.

Cara pemakaiannya hampir sama dengan Sucuri. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan situs web Anda setelah membuka alat Pemeriksa Keamanan WordPress.

5. Kelayakan

Jika Anda ingin mengetahui informasi tentang tanggal kedaluwarsa SSL, Qualys adalah salah satu alat pemantau keamanan situs web yang harus Anda coba. Diluncurkan oleh Geek Flare, Qualys memberikan analisis mendalam https:

// URL Anda termasuk tanggal kedaluwarsa, peringkat keseluruhan, mock handshake, detail log, dll. Jika Anda ingin mengubah SSL, coba Qualys terlebih dahulu.

6. UpGuard

Tool berikutnya yang bisa digunakan untuk mengecek keamanan website adalah UpGuard. Alat ini dinilai sangat baik karena dapat mendeteksi beberapa kategori seperti risiko email, risiko situs web, keamanan jaringan, phishing dan malware, serta perlindungan merek. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu membuka situs web dan memasukkan alamat situs web Anda.

7. Pemantauan Situs

Alat ini dianggap sangat baik untuk memeriksa keamanan situs web. Mengapa tidak, SiteGuarding membantu Anda menemukan malware, daftar hitam, spam, dan banyak lagi. Sama seperti Sucuri, SiteGuarding dapat digunakan di semua platform website seperti WordPress, Joomla, Drupal, Magento, Bulletin dan lainnya. Hal terpenting tentang alat ini adalah Anda dapat menghapus malware dari situs web Anda. Ini sangat berguna ketika website Anda terkena virus.

8 Penyerbu

Mengalami masalah dengan sistem manajemen konten Anda? Jangan khawatir, Intruder dapat dengan mudah menyelesaikan masalah tersebut. Selain itu, alat ini juga dapat mengidentifikasi kesalahan dalam konfigurasi, injeksi SQL, dan banyak lagi.

Perlu dicatat bahwa Intruder terintegrasi dengan penyedia layanan cloud seperti AWS, GCP, dan Azure. Sayangnya, alat ini hanya gratis untuk masa percobaan 30 hari.

9. Identifikasi Detectify

Dianggap sebagai salah satu rekomendasi yang tepat bagi Anda untuk mengecek keamanan website.Ini karena Geek Flare melaporkan bahwa alat ini dapat mendeteksi hingga 1.500+ jenis ancaman situs web. Namun, alat ini tidak bebas untuk digunakan. Namun, Anda dapat menggunakan versi gratis selama 14 hari. Detectify menawarkan tiga paket harga dengan harganya sendiri, mulai dari $50 per bulan untuk pemula, $85 per bulan untuk profesional dan bisnis.

10. PindaiWP

ScanWP adalah alat yang sangat sederhana untuk memeriksa keamanan situs web. Anda hanya perlu memasukkan situs web yang diberikan, alamat email dan kode, Alat ini dapat mentransfer file situs web Anda dan mengontrol pembuat tag. Ini adalah sepuluh alat yang dapat digunakan untuk memeriksa keamanan situs web dari berbagai ancaman yang datang. Jika memungkinkan, periksa secara berkala kemajuan jangka panjang situs anda, agar wabsite anda semakin aman dan bagus!

Iwan Bisa
4 bulan yang lalu
0

Jobnas.com – Dalam dunia pemprograman, anda mungkin harus memahami yang dinamakan format JSON. Mengapa harus demikian? Apakah itu terlalu penting bagi seorang yang bergelut di dunia peprograman? Jawabannya “Ya”, karena JSON banyak digunakan untuk membangun aplikasi dan digunakan dalam banyak sekali bahasa pemrograman.

Tanpa memahami format JSON, pemrograman bisa menjadi sedikit lebih rumit. Nah kalau kamu penasaran dengan apa itu yang dinamakan JSON dan ingin mempelajarinya lebih lanjut, baca artikel jobnas di bawah ini!

Definisi JSON?

JSON adalah singkatan dari Notasi Objek JavaScript. Cara membacanya adalah “Json”, seperti namanya. Umumnya, JSON adalah format yang digunakan untuk bertukar dan juga menyimpan data. Karena JSON merupakan subset atau bagian dari Javascript, maka JSON dapat dibaca oleh banyak bahasa pemrograman, seperti C, C++, C#, Java, JavaScript, Python, Perl, dan masih banyak lagi. Ekstensi yang digunakan oleh format ini adalah .json jika berdiri sendiri.

Namun, JSON juga dapat ditentukan dalam format file lain, misalnya .html. Jika demikian, JSON ditampilkan sebagai string JSON di antara tanda kutip. JSON juga bisa dimuat dalam variabel. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa JSON memiliki banyak kegunaan. Selain itu, bentuk pemrograman ini juga sangat mudah dibaca dan lebih ringan dari yang lain.

Meskipun mudah, menurut Mozilla, ada beberapa hal yang perlu Anda kuasai sebelum bisa menggunakan JSON:

  • Dasar Komputer
  • Memahami HTML dan CSS
  • Pengetahuan dasar JavaScript
  • Dasar-dasar OOJS

Keuntungan Menggunakan JSON

1. Lebih Cepat

Sintaks JSON sangat mudah digunakan. Pengembang hanya perlu menggunakan sebagai sintaks agar tidak lagi mempersulit analisis dan eksekusi data. Tentunya, kesederhanaan format ini juga membuatnya ringan, sehingga respons dapat diimplementasikan lebih cepat.

2. Kompatibel dengan Browser yang Berbeda

JSON didukung di banyak browser pada sistem operasi yang berbeda. Jika Anda mengompilasi kode JSON, tidak sulit untuk membuatnya dapat dioperasikan di semua browser.

3. Struktur Server

Parsing adalah proses parsing string atau simbol dalam bahasa pemrograman. Proses ini sangat penting dan bisa lebih cepat dengan JSON.

4. Pertukaran Informasi

JSON adalah alat yang sempurna untuk berbagi data dengan berbagai ukuran dan format. JSON menyimpan data dalam array sehingga transfer menjadi lebih mudah.

Komponen-komponen Penting dalam JSON

Saat menerjemahkan kode JSON, kita perlu menggunakan komponen yang benar agar program dapat berfungsi. Nah, objek JSON memiliki dua elemen inti yang penting dalam hal ini, yaitu key dan value.

Kunci adalah komponen yang selalu berupa string, diawali dan diakhiri dengan tanda kutip. Menurut Squarespace, nilai dapat berupa string, angka, boolean, array, atau objek. Ada juga komponen pasangan kunci/nilai yang mengikuti sintaks tertentu. Untuk kunci/nilai, elemen kunci diakhiri dengan titik dua dan dilanjutkan dengan nilai. Pasangan kunci/nilai dipisahkan koma.

JSON vs XML

JSON adalah format yang sering dibandingkan dengan XML (eXtensible Markup Language). Keduanya adalah cara menyimpan data terstruktur. Apakah JSON lebih modern dan indah daripada XML? Ternyata tidak juga.

Keduanya masih digunakan oleh pengembang di seluruh dunia. Faktanya, XML membutuhkan lebih banyak teks dan terlihat lebih panjang daripada JSON, membuat orang lebih sulit untuk membacanya.

Meskipun demikian, XML tetap diperlukan tergantung pada proyek yang akan diedit dan struktur data yang akan digunakan. Meskipun XML terlihat sedikit lebih kompleks, XML mendukung lebih banyak tipe data seperti teks, angka, gambar, grafik, bagan, dll.

Jadi sudah paham kan betapa pentingnya dan bergunanya JSON dalam pemrograman? Menarik untuk dipelajari, ya! Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik teknologi, Jobnas memiliki banyak artikel yang dapat Membantu anda untuk meraih kesuksesan. Jadi berlangganan mulai dari sekarang.

Iwan Bisa
4 bulan yang lalu
0

Jobnas.com – Fleets Twitter adalah fitur terbaru yang perlu Anda gunakan untuk tetap di atas media sosial. Fitur terbaru dari Twitter ini sedang ramai diperbincangkan dan diharapkan menjadi senjata andalan baru untuk dunia social media marketing. Jadi kira-kira seperti apa armada Twitter ini? Jadi apa cara terbaik untuk menggunakan fitur ini? Tenang, jobnas telah menyiapkan semuanya untuk Anda. Lihat selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Twitter Fleets?

Twitter Fleets, diadaptasi dari The Verge, adalah fitur yang dapat menampilkan tweet untuk sementara. Pada prinsipnya, Armada Twitter setara dengan Instagram Stories.

Lalu mengapa? Alasannya adalah Fleets meminjam ide-ide terbaik yang telah diterapkan Instagram dan Snapchat ke dalam fitur Stories mereka. Pengguna dapat mengirim pesan, membalas tweet orang lain atau mengirim video dengan warna latar belakang dan opsi teks yang ditemukan di media sosial lain juga.

Konten yang ditampilkan dalam fitur ini akan hilang setelah 24 jam dan tidak dapat di-retweet, dibalas, atau disematkan di situs lain.

Mirip dengan tata letak Instagram, pengguna Fleets sekarang akan melihat bagian di atas timeline Twitter setiap akun dengan ikon cerita melingkar. Pengguna dapat bereaksi terhadap armada orang lain dengan mengetuk ikon armada dan mengirim pesan atau emoji langsung ke pembuatnya.

Beginilah cara pengguna memulai percakapan di DM, seperti cara kerja membalas Stories di Instagram. Twitter mengatakan akan memperkenalkan stiker dan streaming langsung di beberapa titik di masa mendatang. Namun, Armada tidak dapat disukai atau di-retweet.

Saat ini, Twitter mengatakan tidak akan ada pemberitahuan jika seseorang mengambil tangkapan layar dari salah satu inventaris Anda. Pengikut kemudian dapat melihat armada secara langsung dengan mengunjungi profil Anda atau mengklik ikon armada.

Twitter berharap fitur baru ini akan membantu mengurangi tekanan pada pengguna untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka dengan cara yang lebih santai dan informal. Tujuan ini tercapai setelah Twitter mempelajari bagaimana Armada bekerja di beberapa negara seperti Brasil, Italia, dan India.

Penelitian menunjukkan bahwa Armada membantu orang berbicara. Twitter juga memperhatikan bahwa orang-orang menjadi lebih aktif di jejaring sosial berkat Twitter Fleets. Armada Twitter tiba di Indonesia pada 19 November 2020 dan kini menjadi media sosial yang paling diminati netizen.

Cara Menggunakan Perangkat Twitter Fleets

Seperti yang dijelaskan Glints, Twitter Fleets adalah fitur yang sangat mirip dengan Instagram Stories. Oleh karena itu, menggunakan Armada Twitter seharusnya tidak menjadi masalah bagi para penggemar Instagram.

Namun, ada beberapa langkah unik yang tidak akan Anda temukan di fitur Stories Instagram atau Snapchat. Bagaimana Anda menggunakan fitur Armada Twitter? Menurut halaman bantuan Twitter, berikut penjelasannya:

1. Buat Fleets Baru

Jika Anda menggunakan armada Twitter, Anda harus terlebih dahulu mempelajari cara membuat armada baru.

Metodenya sangat sederhana. Buat armada baru dengan mengetuk profil atau foto kamera Anda di baris armada di atas garis waktu Anda.

Kemudian Anda datang ke bagian unduhan Armada. Perhatikan pilihan menu di bawah yang bisa Anda geser ke kiri dan kanan.

Pilih jenis konten yang ingin Anda tawarkan di Armada Twitter. Konten dapat berupa teks, video, gambar, atau GIF dan semuanya dapat diunduh dari perangkat Anda.

2. Dengan Editor Teks

Secara keseluruhan, editor teks Armada Twitter adalah fitur yang memberi Anda opsi untuk media Armada. Tidak sulit untuk digunakan juga. Ketuk layar terlebih dahulu untuk menampilkan keyboard dan bilah alat.

Kemudian tekan tombol perataan ke tengah, kiri atau kanan tempatkan teks.

Tekan tombol B untuk membuat teks tebal. Anda kemudian dapat menyorot teks dengan memilih tombol sorot. Anda dapat menggunakan roda warna untuk mengubah warna teks dan sorotannya. Pilih warna dengan menekan warna yang diinginkan pada ikon roda warna.

Jika Anda ingin memindahkan atau mengubah ukuran material di Fleet, gunakan jari Anda dan sesuaikan sesuai kebutuhan.

Terakhir, tekan ikon lingkaran di pojok kiri bawah layar untuk mengubah warna latar float.

Setelah selesai, tekan tombol Fleet dan Anda akan melihat hasilnya langsung di baris Fleets. Manfaat armada Twitter untuk merek

Meskipun kelihatannya terlalu dini, Armada Twitter adalah fitur yang dapat dimanfaatkan oleh merek.

Meskipun masih belum ada contoh penggunaan yang efektif, pemasar harus mengetahui beberapa hal penting tentang salah satu fungsi pendukung pemasaran Twitter.

Apa saja keunggulan Armada Twitter yang bisa dimanfaatkan pemasar? Menurut Hubspot, inilah paparannya:

Armada Twitter adalah alat pencitraan merek untuk menawarkan kampanye terbatas.

Hadiah harian bisa menjadi pilihan bagi pemasar. Acara langsung di Armada Twitter bisa sangat menguntungkan.

Umpan Twitter adalah cara terbaik untuk berinteraksi dengan pengguna.

Konten di balik layar cocok untuk Armada Twitter.

Berikut penjelasan singkat Jobnas tentang fitur baru Twitter bernama Fleets.

Pada dasarnya, Twitter Fleets adalah fitur yang dapat digunakan pengguna untuk membuat profil Twitter yang lebih casual dan informal. Di sisi lain, pemasar dapat mulai mempromosikan merek perusahaan mereka.

Nah, masih banyak berita lain seputar evolusi media sosial yang bisa Anda simak. Cara membuatnya mudah, kok. Yang harus Anda lakukan adalah berlangganan jobnas saat ini juga.

Iwan Bisa
4 bulan yang lalu
0

Jobnas.com – Untuk memaksimalkan kinerja situs web perusahaan, site audit perlu dilakukan secara rutin.

Sebab, kualitas seo dan tampilan situs memiliki peran penting dalam kesuksesan perusahaan.

Jika tidak dilakukan secara rutin, eksistensi situs web mereka akan tertinggal dan konten yang disajikan menjadi terabaikan karena SEO dan tampilan situs yang sudah tertinggal.

Sayangnya, masih banyak perusahaan yang tidak melaksanakannya secara rutin.

Berengkat dari fakta tersebut, artikel ini akan membahas seputar Site Audit, mulai dari definisi hingga manfaatnya untuk perusahaan khusus untukmu. Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Site Audit?

Berdasarkan definisi yang dilansir dari SEO Clarity, site audit atau website audit, adalah proses evaluasi terhadap kualitas performa sebuah situs web perusahaan.

Kegiatan ini bisa dianggap sebagai uji coba komprehensif terhadap keseluruhan performa situs web perusahaan dengan berpedoman pada hasil pencarian situs di dalam search engine’s result page (SERP).

Namun, kini tahap-tahap uji coba telah mengalami perkembangan. Proses audit akan diselesaikan dengan cara melihat segala kekurangan dalam situs yang mungkin masih bisa ditingkatkan.

Pada proses audit, tools yang digunakan akan memberikan semacam laporan bagi para marketer.

Marketer akan menerima informasi lengkap mengenai segala perbaikan yang dapat dilakukan agar kualitas situs meningkat melalui laporan tersebut.

Pada dasarnya,site audit adalah salah satu aspek yang paling sulit untuk dilakukan terkait meningkatkan kualitas SEO di bidang marketing.

Seorang marketer harus memahami secara saksama informasi dalam data yang ia terima. Setelah itu, mereka akan memakan waktu yang lama guna menganalisis keterangan di dalam data tersebut.

Lalu, proses audit akan berlanjut dan menganalisis seluruh detail situs, mulai dari tampilan hingga kualitas user experience.

Maka, agar audit lebih efisien dan tidak memakan banyak waktu, alangkah lebih baik jika dilakukan bersama tim marketing yang lain.

Jenis-Jenis Site Audit

Menurut All Things Web, berikut 3 jenis site audit yang biasa dilakukan oleh suatu perusahaan, yaitu:

1. Technical audit

Jenis site audit pertama yang bisa dilakukan perusahaan adalah technical audit.

Technical audit lebih berfokus pada praktik-praktik terbaik yang dapat meningkatkan visibilitas situs.

Selain itu, jenis audit ini dapat memastikan bahwa situs web perusahaan telah memenuhi semua persyaratan yang dapat memudahkan proses crawling dan indexing.

2. SEO audit

Berikutnya adalah SEO audit. Sesuai judulnya, jenis auditing ini mengukur seberapa baik kualitas SEO yang dimiliki situs web.

Proses evaluasi dapat mencakup analisis penggunaan keyword, link profiles, perilaku traffic dalam situs, target konversi, dan metadata.

Masih banyak aspek teknis lainnya yang akan melewati proses audit.

3. Content audit

Jenis site audit selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah content audit.

Content audit sifatnya penting untuk mengevaluasi konsistensi brand, terutama bagi perusahaan yang sedang melakukan akuisisi atau merger.

Selama proses audit, marketer tidak hanya memastikan bahwa konten sudah mencerminkan identitas brand, tetapi, juga mengidentifikasi konten apa yang bisa mendorong konversi.

Manfaat Site Audit untuk Perusahaan

Setelah melihat definisi dan jenis-jenisnya, kira-kira, seperti apa manfaat yang bisa diraih perusahaan dengan melakukan site audit?

Menurut Exai, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Meningkatkan performa situs

Pertama-tama, website audit memiliki peran besar dalam meningkatkan performa situs web milik perusahaan.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Sebab, proses website audit secara langsung menganalisis kinerja framework dan infrastruktur situs. Hasilnya, pengalaman pengguna dalam situs meningkat.

2. Kualitas SEO situs meningkat

Berikutnya, site audit juga dapat meningkatkan kualitas dari SEO sebuah situs web.

Hal ini karena proses audit dapat mengidentifikasi isu SEO dalam situs secara efektif tanpa melewatkan satu aspek yang bermasalah.

Selain itu, proses audit juga dapat memberikan solusi atas semua masalah SEO yang dimiliki situs perusahaan. Hal ini secara tidak langsung meringankan tugas marketer.

3. Memperbaiki kualitas conversion rate

Sesungguhnya, cara terbaik untuk mengkonversi audiens menjadi pelanggan tetap adalah dengan memiliki performa situs web yang apik.

Nah, dengan melakukan site audit, performa situs yang meningkat secara tidak langsung juga memengaruhi pengalaman pengguna.

Bila pengalaman pengguna di situs baik, maka, angka conversion rate dalam situs web dapat meningkat secara drastis.

Kesimpulannya, tanpa site audit, strategi pemasaran dan bisnis yang telah mereka terapkan besar kemungkinan tidak bisa menyentuh perhatian pelanggan.

Semoga bermanfaat!

Iwan Bisa
4 bulan yang lalu
0

Jobnas.com – Joomla adalah salah satu cms (content management system) yang bisa dipakai untuk melakukan kegiatan content marketing.

Jika kamu sudah tahu CMS, tentu kamu juga sudah tidak asing lagi dengan WordPress, bukan? Sebab, sampai saat ini, WordPress masih tetap menjadi CMS yang paling populer di kalangan marketer.

Meski sebenarnya, Joomla juga tidak kalah hebat dari WordPress, mulai dari segi tampilan hingga fitur yang disajikan.

Penasaran mengenai CMS yang satu ini? Barikut ini akan mimin bahas prihal Joomla; pengertiannya, fitur-fitur yang ditawarkan serta perbedaannya dengan WordPress.

Simak sampai selesai, ya!

Apa Itu Joomla?

Sebagaimana yang dilansir dari Techopedia, Joomla adalah content management system atau CMS open source yang biasanya digunakan untuk membuat konten website.

CMS yang satu ini ditulis dalam PHP dan menggunakan database MySQL untuk menyimpan data.

Melansir situs resminya, versi pertama Joomla dirilis pada tahun 2005. Sejak saat itu, CMS ini menjadi salah satu opsi terbaik selain WordPress dalam pengembangan konten web.

Bagi kamu yang masih pemula mengenai CMS, Joomla masih cocok digunakan karena mempunyai interface atau tampilan yang intuitif. Hal itu memudahkanmu dalam memaksimalkan fitur yang tersedia.

Selain itu, sistem manajemen kontennya dinilai sangat mudah untuk diakses dan diaplikasikan, meskipun kamu tidak mempunyai pengetahuan pemrograman web sebelumnya.

Untuk men-download Joomla, kamu bisa langsung menuju ke situs resminya. Untuk saat ini Joomla menggunakan versi 3.9.23 yang telah dirilis pada tanggal 24 November 2020 lalu.

Bagi kamu yang mungkin ingin mencari suasana baru perihal CMS selain WordPress, Joomla menjadi alternatif yang tepat untuk melakukan content marketing.

Baca juga: 6 Kelebihan WordPress Dibandingkan CMS Lain

Fitur-Fitur Joomla

Joomla memiliki ribuan ekstensi dan template gratis yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik website-mu.

Nah, selain itu, masih banyak fitur-fitur dari Joomla yang sangat memanjakan penggunanya, antara lain:

1. Multilingual

Salah satu fitur unik dari Joomla adalah multilingual. Bahkan, CMS ini mendukung 75 macam bahasa sekaligus.

2. Keamanan

Saat memilih CMS, salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah sistem keamanannya.

Jika sistem keamanannya buruk, otomatis itu akan membuat website-mu rawan terkena serangan virus atau bahkan hacker.

Nah, Joomla mempunyai fitur keamanan yang kuat. Pasalnya, CMS ini menyediakan two factor authentication.

3. Forum

Siapa sangka kalau Joomla mempunyai forum bagi para penggunanya dan bersifat terbuka. Dengan begitu, siapa saja dapat bergabung di dalamnya.

Melalui forum ini, kamu dapat berbagi kreasi website-mu, bisnismu, atau bahkan saling belajar satu sama lain dengan sesama pengguna.

Forum menjadikan semua orang di seluruh dunia dapat terhubung dalam satu lingkaran pembicaraan online.

4. Media manager

Fitur Joomla lainnya adalah media. Hal ini tidak berbeda jauh dengan WordPress. Kamu dapat menambahkan file gambar apapun ke dalam artikel yang ingin dipublikasikan.

Selain itu, media manager juga memudahkanmu dalam mengelola folder media dengan mudah.

5. Content management

Fitur ini juga hampir sama dengan WordPress. Joomla memudahkan penggunanya untuk mengatur setiap konten yang ada di dalam website.

Kamu bisa mengatur sistem pengkategoriannya, waktu publikasinya, pengeditannya, atau bahkan pengarsipan beberapa konten untuk diamankan.

6. Responsif

Siapa yang tidak ingin mempunyai website yang responsif saat dibuka, entah itu melalui seluler ataupun komputer.

Nah, Joomla hadir dengan fasilitas website yang responsif dan mudah dijelajahi oleh user.

Perbedaan Joomla dan WordPress

Sejatinya, Joomla kurang lebih sama dengan WordPress. Ada beberapa letak persamaan antara kedua CMS tersebut.

Meski demikian, masih ada perbedaan yang mencolok antara keduanya, anatara lain:

7. Search engine optimization (SEO)

Berbicara tentang content marketing tentu tidak terlepas dari search engine optimization (SEO). Pasalnya, SEO membantu artikelmu untuk berada di peringkat teratas pada halaman pencarian Google.

Nah, letak perbedaan pertama antara Joomla dan WordPress adalah dari segi SEO-nya.

Sebagimana yang dilansir dari Theme Isle, pemakai jasa WordPress biasanya menggunakan plugin yang bernaam Yoast SEO.

Kualitas dari plugin tersebut sangat baik untuk meningkatkan SEO website dengan mengukur warna dari merah, oranye, hingga hijau.

Jika warnanya hijau, otomatis kualitas SEO-nya sudah bagus. Namun, apabila merah dan oranye, kamu perlu memperbaikinya terlebih dahulu.

Hal itu berlaku dalam meta description, SEO title, keyword density, dan lain-lain.

Sementara dari sisi Joomla, CMS ini juga mempunyai plugin yang mirip seperti Yoast, yaitu Easy Fronted SEO (EFSEO).

Kendati demikian, dinilai Yoast SEO mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan EFSEO.

8. Keamanan

Perbedaan lainnya terletak dari segi keamanan.

Dari perbedaan yang satu ini, bisa dinilai kalau Joomla memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan WordPress.

Bagaimana tidak, CMS yang satu ini sudah dilengkapi dengan fitur keamanan dasar seperti SSL dan opsi lainnya seperti two factor authentication.

Sementara itu, WordPress tidak dilengkapi dengan fitur SSL. Kendati demikian, kamu bisa mengubah file intinya untuk bisa mengaktifkannya beserta two factor authentication.

Dari segi keamanan, WordPress lebih bergantung kepada plugin yang sudah tersedia.

Nah, setelah membaca artikel ini, kira-kira CMS mana yang lebih kamu pilih? Tulis komentarmu di bawah ya.

Semoga bermanfaat!

Enol Writer
4 bulan yang lalu
0

Jobnas.com – Jika Anda memiliki minat dan pengetahuan tentang TI, khususnya manajemen basis data, Anda harus mempertimbangkan untuk berkarir sebagai administrator basis data (DBA).

Apalagi di era digital saat ini, kebutuhan tenaga ahli di bidangnya semakin meningkat. Misalnya, di Amerika Serikat,  permintaan untuk administrator basis data diproyeksikan tumbuh sekitar 9 persen antara 2018 dan 2028.

Faktanya, database administrator basis data sebagai karier TI teratas dengan  gaji yang luar biasa.

Hal yang sama juga bisa terjadi di Indonesia yang sedang berada di tengah  Revolusi Industri 4.0.

Cakupan profesi ini juga cukup beragam. Industri dan bidang pekerjaan yang sudah digital tentunya membutuhkan Database Administrator untuk mengakses dan mengelola informasi  perusahaan  secara profesional.

Selain manajemen basis data, administrator basis data sering dilengkapi dengan sistem keamanan yang kompeten untuk melindungi data dari risiko peretasan.

Lihat uraian di bawah untuk pemahaman yang lebih mendalam tentang profesi ini.Pengertian Database Administrator

Seorang database administrator (DBA) bertanggung jawab untuk merancang, implementasi, pemeliharaan, dan perbaikan sistem database suatu organisasi.

Selain itu DBA memastikan bahwa database teroptimalkan untuk performa, ketersediaan, dan keamanan, serta sesuai dengan kebutuhan dan tujuan organisasi tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab Database Administrator

Database administrator memegang kendali atas basis data perusahaan yang hanya dapat diakses oleh pihak yang memegang otoritas.

Admin database bekerja bersama system manager untuk menyesuaikan kapasitas database dengan kebutuhan perusahaan.

Menurut Career Explorer, tugas dan tanggung jawab database adminstrator di antaranya adalah:

  • Mengidentifikasi kebutuhan user dan mengelola database
  • Memastikan bahwa database dapat beroperasi secara efisien dan tanpa error
  • Membuat dan melakukan tes terhadap modifikasi struktur database ketika diperlukan
  • Mengelola database dan memperbarui permissions
  • Menggabungkan database lama dengan yang baru
  • Mencadangkan dan mengembalikan data untuk mencegah kehilangan data (data loss)

Kemampuan Database Administrator

Beberapa kemampuan yang mungkin diperlukan seorang DBA antara lain:

  • Keahlian dalam desain dan pemodelan database
  • Kemahiran dalam software pengelolaan database (seperti MySQL, Oracle, atau SQL Server)
  • Pengetahuan tentang praktik terbaik dalam backup, recovery, dan keamanan data
  • Kemampuan untuk mencari tahu dan menyelesaikan masalah database
  • Kemampuan komunikasi dan kerja tim yang kuat

Prospek kerja untuk database administrator umumnya bagus, karena ada permintaan yang tinggi terhadap DBA yang terampil di berbagai industri.

Menurut U.S. Bureau of Labor Statistics, proyeksi pertumbuhan pekerjaan Database Administrator adalah 9% dari tahun 2019 hingga 2029, lebih cepat dibandingkan rata-rata untuk semua pekerjaan.

Prospek Kerja

Seorang database administrator (DBA) dapat bekerja di berbagai industri dan organisasi, di antaranya:

1. Perusahaan besar

DBA mungkin bekerja di bisnis atau agensi pemerintah besar, di mana mereka bertanggung jawab atas sistem database organisasi tersebut.

2. Bisnis kecil dan menengah

DBA mungkin bekerja di perusahaan kecil, di mana mereka menangani kebutuhan database organisasi tersebut dan juga mungkin memiliki tanggung jawab IT lainnya.

3. Perusahaan konsultasi

DBA mungkin bekerja untuk perusahaan konsultasi yang menyediakan layanan database untuk klien.

4. Institusi pendidikan

DBA mungkin bekerja di universitas atau sekolah, di mana mereka mengelola sistem database yang digunakan untuk keperluan administratif dan akademik.

5. Organisasi kesehatan

DBA mungkin bekerja di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, di mana mereka mengelola sistem database yang digunakan untuk rekam medis elektronik dan data lainnya terkait kesehatan.

Secara umum, DBA dapat bekerja di industri atau organisasi apa pun yang menggunakan database untuk menyimpan dan mengelola data.

Kelebihan dan Kekurangan database administrator

Untuk itu ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari setiap profesi, dan tidak terkecuali profesi database administrator.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan seorang database administrator (DBA):

Kelebihan:

1. Memiliki kemampuan teknis yang tinggi

DBAs harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang database dan teknologi yang terkait, sehingga mereka dapat mengelola dan memperbaiki sistem database dengan efektif.

2. Bisa meningkatkan performa database

DBAs dapat memastikan bahwa database bekerja dengan optimal dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi, sehingga meningkatkan performa database secara keseluruhan.

3. Dapat membantu menyelamatkan data

DBAs memiliki pengetahuan tentang cara melakukan backup dan recovery data, sehingga mereka dapat membantu menyelamatkan data jika terjadi masalah dengan database.

Baca Juga: SecOps: Gabungan Security dan Operations yang Penting bagi Data Perusahaan

Kekurangan

1. Bisa menjadi pekerjaan yang menuntut waktu

DBAs harus siap untuk bekerja di waktu yang tidak terduga, terutama jika terjadi masalah dengan database.

2. Bisa menjadi pekerjaan yang membosankan

DBAs harus berurusan dengan database yang sama setiap hari, sehingga bisa menjadi pekerjaan yang membosankan bagi beberapa orang.

3. Bisa menjadi tekanan tinggi

DBAs harus bertanggung jawab atas ketersediaan dan keamanan database, sehingga bisa menjadi pekerjaan yang menuntut tingkat stres yang tinggi.

Skill yang Harus Dimiliki

Selain memenuhi syarat pendidikan, seorang DBA juga dituntut untuk mengetahui bahasa pemrograman database.

Pelaporan Komputer, Anda perlu menyempurnakan sejumlah keterampilan manajemen basis data, termasuk:

1. SQL

SQL adalah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk mengatur seluruh sistem manajemen data.

Anda harus menguasai setidaknya tiga bahasa basis data, termasuk Microsoft SQL, Oracle Database, dan DB2 IBM.

2. UNIX

Ditulis dalam bahasa pemrograman C, UNIX mendukung banyak sistem  dari Mac, Android, Chrome hingga PlayStation.

Oleh karena itu, mahir dalam UNIX dapat memberi Anda keunggulan atas kandidat lain sebagai DBA.

3. Linux

Sistem operasi open source Linux secara fleksibel  mengontrol berbagai sistem komputer seperti smartphone dan superkomputer.

Linux dapat diinstal secara gratis. Anda dapat memecahkan masalah untuk  membuat platform lengkap bagi pelanggan dan bisnis.

4. Oracle

Oracle adalah framework database relasional yang menggunakan SQL untuk mengelola database. Oracle juga umumnya dipahami sebagai sistem manajemen basis data relasional.

Seperti SQL, Oracle dapat berjalan pada platform utama seperti Windows, UNIX, Linux dan Mac OS.

5. Sistem operasi Windows

Tidak seperti sistem Linux dan UNIX, sistem operasi Windows tidak dapat digunakan secara bebas dan umum.

Database administrator perlu menguasai Windows OS karena sistem ini merupakan salah satu operating system yang paling dominan di seluruh dunia.

6. Kemampuan Analitis

Kemampuan menganalisis data dan statistik dapat membantu DBA memenuhi kebutuhan manajemen data suatu perusahaan.

Selain itu, mereka sering menganalisis database yang diperlukan untuk memperoleh pengetahuan tertentu dan menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

7. Keterampilan Pemecahan Masalah

Kebanyakan pekerjaan database administrator adalah troubleshooting atau pemecahan masalah.

Anda harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, menguji dan mengatasi masalah ini.

Anda dapat menyempurnakan soft skill  ini saat Anda memperoleh keterampilan pemecahan masalah.

8. Keterampilan Komunikasi

Secara umum, DBA harus membimbing personel TI dalam menjalankan tugasnya. Oleh karena itu, keterampilan komunikasi ini dapat membantu meningkatkan kinerja tim.

Selain itu, DBA harus berhubungan dengan manajemen, vendor, dan personel TI lainnya untuk melakukan tugasnya dengan baik.

Itulah dia pengertian, tugas, tanggung jawab, dan juga kekurangan dan kelebihan dari Database Administrator.