Ingin Tahu Cara Meningkatkan Kepuasan Kerja ? Inilah 10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Google News
Ingin Tahu Cara Meningkatkan Kepuasan Kerja ? Inilah 10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui
Ingin Tahu Cara Meningkatkan Kepuasan Kerja ? Inilah 10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Jobnas.com-Dalam bekerja, bisa jadi produktivitasmu akan menurun jika tak puas dalam bekerja. Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati akan hal ini. Nah, untuk mengatasi hal demikian, kamu perlu mengetahui terkait cara meningkatkan Kepuasan Kerja agar produktivitasmu tidak menurun. 

Berkembangnya perusahaan menumbuhkan ekspektasi lebih bagi karyawannya. Tak ayal apabila kepuasan kerjamu bisa saja berkurang karena semakin banyaknya pekerjaan yang dibebankan kepadamu.  Meskipun pekerjaan tersebut adalah yang kamu impikan, tak menutup kemungkinan terdapat indikator ketidakpuasan kerja yang kamu rasakan.

Untuk itulah di artikel ini Jobnas.com akan menyajikan beberapa cara meningkatkan kepuasan kerja yang telah dikutip dari The Balance Careers, Workawesome, dan WorkIt Daily. Yuk, simak selengkapnya!

Baca Juga: Harus Menghadiri Wawancara Kelompok? Ikuti Tips Suksesnya di Sini!

1.  Lakukan hal yang kamu suka

Melakukan hal yang kamu suka merupakan cara pertama  untuk meningkatkan kepuasan kerja. Hal ini bisa berasal dari pekerjaanmu atau di luar pekerjaanmu. 

Kamu perlu menjadikan sesuatu pekerjaan yang paling kamu suka untuk agenda tiap harinya. Meskipun demikian, kamu masih bisa melakukan hal lain di luar pekerjaanmu. 

Misal, kamu adalah seorang movie-geek, tak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk menonton film selepas bekerja. Namun, tetap ingat waktu dan jangan sampai mengganggu pekerjaanmu, ya. 

2. Jalin hubungan dengan teman kerja yang positif

Kepuasan kerja bukan hanya masalah apakah kamu dapat puas terhadap pekerjaanmu, namun juga apakah kamu bisa menikmati bekerja di perusahaan dengan lingkungan tersebut. 

Baca Juga: Agar Keamanan Datamu Terjaga, Pahami Software Keylogger yang Sangat Berbahaya

Dengan demikian, membangun hubungan dengan teman kerja yang positif juga dapat memengaruhi tingkat kepuasan kerjamu. Sebab, lingkungan pertemanan dapat mempengaruhi mood-mu dalam bekerja. Dengan demikian, kamu perlu lebih intensif berkomunikasi dengan teman yang dapat membangkitkan mood-mu. 

Mereka bisa menjadi tempatmu berbagi cerita dan keluh kesah terhadap berbagai masalah yang kamu hadapi. 

3. Tingkatkan hubungan dengan atasan

Selain rekan kerja, hubungan dengan atasan juga dapat memengaruhi kepuasanmu dalam bekerja. Tentu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu karakter dari atasanmu. Kamu tentu akan dapat lebih mudah mengakrabkan diri dengan atasanmu dengan mengetahui karakternya.

Perlu dipahami bahwa ini berbeda dengan ‘cari muka’ yang dilakukan pada politik kantor. Jika cari muka adalah mendekatkan diri dengan atasan untuk tujuan tertentu, kali ini kamu menjalin hubungan baik dengan atasan agar dapat saling terbuka mengenai pekerjaan. 

Dengan demikian, kamu menjadi tidak merasa terbebani dan lebih leluasa dalam bekerja. 

4. Organisasikan pekerjaanmu

Mengorganisasikan pekerjaanmu merupakan cara selanjutnya dalam meningkatkan kepuasan kerja. Salah satunya adalah menetapkan tujuan-tujuan kecil dari tiap pekerjaan yang kamu lakukan. Dengan demikian, kamu dapat lebih fokus saat bekerja dan lebih puas kala pekerjaan itu terselesaikan.

5. Lakukan self reward

Memberikan self reward pada dirimu merupakan poin berikutnya dalam cara meningkatkan kepuasan kerja. Pada poin sebelumnya dinyatakan bahwa kamu perlu menetapkan tujuan-tujuan kecil dalam pekerjaan.

Nah, salah satu cara agar kamu lebih semangat mencapainya adalah lakukan self reward. Hal ini dinilai dapat meningkatkan kebahagiaan dan kepuasanmu dalam melakukan pekerjaan.

6. Ambil kesempatan baru

Memiliki hal baru untuk dilakukan dalam bekerja tentu merupakan tantangan tersendiri. Dengan demikian, hal ini dapat meningkatkan kepuasan kerjamu.

Pasalnya ketika seseorang berhasil melewati suatu tantangan, hal tersebut memberikan rasa bahagia dan bangga. Maka, tak perlu ragu menerima tawaran yang diberikan, atau memulai inisiatif meminta kesempatan melakukan hal lain di tempat kerjamu.

7. Mengikuti pelatihan atau kelas perkembangan skill

Salah satu faktor penting untuk meningkatkan kepuasan kerja adalah perkembangan dalam karir.

Riset dari LinkedIn, dikutip dari oleh Hubspot, menyebutkan bahwa apabila kamu memiliki perkembangan karier yang baik, kamu cenderung akan bekerja dalam jangka waktu yang lama di satu perusahaan.

Mengikuti pelatihan maupun kelas pengembangan skill adalah cara meningkatkan kepuasan kerja yang baik sekaligus kesempatan untuk terus tumbuh.

8. Utamakan kesehatan fisik dan mental

Jika pekerjaan membuatmu merasa mudah capek, baik fisik maupun mental, biasanya akan mengakibatkan ketidakpuasan, lho.

Maka, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kepuasan dalam pekerjaan adalah dengan memastikan kesehatan fisik dan mental.

Kamu bisa melakukan olahraga ringan di tengah kesibukan dan rutin minum air putih, ini akan membantu kamu menjaga kesehatan fisik.

Untuk menjaga kesehatan mental, kamu bisa mengambil jeda istirahat atau cuti dan memberi waktu untuk diri sendiri.

Baca Juga: Tingkatkan Popularitas Situsmu dengan Guest Blogging, Strategi Menulis di Situs Lain

9. Ambil waktu untuk jalan-jalan

Tingkat kepuasan kerja ternyata juga dipengaruhi oleh lingkungan kerja yang kaku, lho. Jika kamu terus-terusan berada di depan laptop dalam kamar atau kubikel kantor, misalnya, kamu akan cepat merasa lelah dan hasil pekerjaanmu akan tidak baik.

Saat hal ini terjadi, kamu bisa coba keluar sebentar, misalnya ke taman atau rooftop kantor. Istirahat sejenak dengan keluar ruangan seperti ini akan membuat kamu lebih segar juga termotivasi. Pekerjaan yang kamu hasilkan akan lebih baik dan tentunya jadi lebih puas terhadap hasilnya.

10. Minta feedback dari rekan kerja atau atasan

Dikutip dari laman Cleverism, salah satu cara memberikan efek yang baik untuk kamu adalah dengan meminta feedback dari atasan maupun pendapat rekan kerja. Dengan melakukan hal ini, kamu akan merasakan diapresiasi sekaligus bisa belajar hal-hal baru. Selain itu, mendengar dukungan dan masukan dari atasan atau rekan kerja akan membuat kamu merasa berkontribusi pada kemajuan perusahaan.

Demikianlah rangkuman Jobnas.com mengenai beberapa cara meningkatkan kepuasan kerja yang perlu kamu ketahui. Intinya, kepuasan kerja perlu ditingkatkan agar supaya kamu lebih produktif ke depannya. Oleh karena itu, jangan lupakan cara-cara di atas, ya !