Ingin Karier Lebih Maju! Begini Gaya Belajar yang Sempurna

Ingin Karier Lebih Maju! Begini Gaya Belajar yang Sempurna

Jobnas.com – Kenyataannya, tidak ada cara sempurna untuk belajar apapun. Orang yang mau belajar pasti memiliki caranya masing-masing. Sebagai comtoh, ada orang yang hanya bisa belajar dengan membaca, ada orang yang hanya bisa belajar dengan mendengarkan penjelasan.

Sadar atau tidak, cara kita belajar ternyata dapat mempengaruhi perkembangan karir kita. Misalnya kita dengan selalu mendengarkan atau membaca sesuatu yang belum pernag kita kehaui sebelumnya. Maka secara otomatis tanpa kita sadari karir kita semakin meningkat.

Lalu pengaruh seperti apa itu? Untuk bisa mengetahui apa pengaruhnya kalian bisa langsung membaca artikel ini sampai akhir.

Hubungan antara Gaya Belajar dan Karir

Memang, gaya belajar benar-benar dapat memengaruhi kehidupan kerja. Apapun pekerjaannya, tidak peduli tinggi atau rendahnya, tentu akan selalu ada hal baru untuk dipelajari, keterampilan untuk diasah dan lainnya.

Dengan mengetahui gaya belajar mana yang paling cocok untuk kalian, kalian dapat mengoptimalkannya saat kalian perlu mempelajari sesuatu yang baru. Informasi baru masuk ke efisiensi, produktivitas kerja tetap terjaga.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa memberi tahu atasan atau orang lain yang bertanggung jawab atas kemajuan kalian di kantor. Dengan cara ini, mereka dapat menyesuaikan dengan lebih baik bagaimana dokumen didistribusikan kepada karyawan mereka.

Jenis-jenis Gaya Belajar

Mengutip Walter Burke Beard, seorang psikolog, dan rekannya mengusulkan gaya belajar VAK. Penglihatan, pendengaran dan gerak. Menurutnya, jika digabungkan, ketiga metode pembelajaran ini akan sangat efektif.

Berikut penjelasan dan beberapa jenis metode pembelajaran di antara sebagai berikut:

1. Intuitif

Yang pertama, Apa itu gaya belajar Intuitif? Ialah orang dengan gaya belajar ini sering kali menggunakan insting mereka untuk memasukkan semua informasi yang telah mereka pelajari. Pada dasarnya, mereka mencoba untuk “mendapatkan” semua yang terlintas dalam pikiran agar pas.

Siswa yang intuitif dapat berlatih dengan mempertanyakan dasar-dasar suatu teori dan tidak mudah menyepakati segala sesuatu. kalian tidak hanya akan mempercepat proses pembelajaran, tetapi kalian juga akan secara otomatis meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

2. Visual

Yang kedua, adalah Gambar. Orang yang pandai dalam hal ini sering disebut pembelajar spasial. Pembelajaran mereka akan lebih optimal jika terdapat gambaran visual, baik itu gambar pada tabel, diagram atau bagan lainnya. Pada dasarnya pembelajar visual akan lebih fokus pada gambar sebelum mengolah teks.

Jika kalian seorang pembelajar visual, cobalah menulis atau menggambar informasi yang kalian terima. Misalnya, memiliki waktu pertemuan yang hanya bersifat lisan. Biasakan untuk menyimpannya atau langsung menggambarnya.

Dengan cara ini, informasi yang dikomunikasikan selama pertemuan akan lebih diingat.

3. Kinetik

Jenis yang ketiga, bagi mereka dengan gaya belajar kinestetik, ini berarti segera memulai. Intinya begini, ada orang yang menjelaskan hukum gravitasi. Alih-alih menjelaskan, kalian hanya ingin mempraktikkannya.

Jika tidak memungkinkan untuk mempelajari cara menggunakan metode ini secara langsung, coba gabungkan dengan metode sebelumnya yaitu auditori. Rekam ketika orang sedang menjelaskan, kemudian ketika kalian sendirian atau di tempat dengan lebih banyak kemungkinan, kalian langsung berlatih dan berlatih.

4. Pendengaran

Yang terakhir, Auditory adalah gaya belajar yang menitikberatkan pada suara (baik mendengar maupun berbicara). Orang-orang yang kuat di sini biasanya adalah mereka yang memiliki kemampuan mempelajari hal-hal terkini melalui presentasi atau pembelajaran langsung.

Untuk ingatan yang lebih baik, pembelajar auditori akan sering mengulangi apa yang telah didengar. Jika kalian ingin mengoptimalkan proses pembelajaran, kalian dapat mencoba merekam semua yang ingin kalian pelajari dengan lebih baik.

Ketika kalian memiliki pertemuan dengan klien dan kalian khawatir akan kehilangan poin jika kalian hanya membuat catatan? Jangan khawatir, kalian dapat menyimpannya untuk berjaga-jaga.

Jenis kemampuan yang empat yang telah disebutkan di atas akan sangat berguna untuk karir kalian nantinya. Mungkin kalian terbiasa menggunakan satu gaya belajar, mungkin juga kalian bisa mencampur semuanya. Pada dasarnya, temukan gaya yang paling cocok untuk kalian, agar proses belajar lebih efektif dan karir kalian terpengaruh untuk selamanya.

Baca juga: Ingin Bekerja di Perusahaan Luar Negeri? Offshore Outsourcing Solusinya

Jika kalian minta dengan informasi semacam ini. Kalian dapat mencoba berlangganan dan membaca terus artikel yang terbit di blog Jobnas.

0
2747