Hindari 5 Kesalahan Virtual Networking Biar Usahamu Tidak Sia-sia

Hindari 5 Kesalahan Virtual Networking Biar Usahamu Tidak Sia-sia

Jobnas.com – Di era yang serba digital seperti sekarang ini tentunya sangat mudah dalam mencari relasi. Namun perlu kalian ketahui ada kesalahan dalam jaringan virtual yang sering kita buat secara tidak sengaja yang bisa sangat merugikan.

Jika kalian membiarkanya secara terus menerus, kalian tidak akan dapat memperoleh manfaat yang penuh dari networking tersebut.

Jika kalian sudah menjalin hubungan baik dengan kenalan baru, tapi kalian tidak bisa membuka peluang sama sekali karena melakukan kesalahan. Tentu kalian tidak menginginkan itu, bukan?

Oleh karena itu, Jobnas telah menyediakan daftar hal-hal yang harus dihindari saat terhubung ke jaringan virtual.

1. Kirim Permintaan di LinkedIn Tanpa Pesan

Di bagian pertama ini saya kan menjelaskan kesalahan paling umum saat menjalankan jaringan virtual. Yaitu, mengirim permintaan ke LinkedIn, tetapi tidak mengirim pesan sama sekali.

Bisa kalian bayangkan, orang-orang yang cukup terkenal di dunia profesional pasti memiliki puluhan, bahkan ratusan permintaan koneksi setiap harinya.

Jika kalian tidak menambahkan pesan atau notifikasi, apa yang membedakan kalian dari pengguna yang lain?

Sedangkan, LinkedIn di sini merupakan platform yang bisa menjembatani kalian untuk bertemu orang-orang dari berbagai bidang keahlian.

2. Setelah “berteman” Memutus Koneksi

Kesalahan yang kedua, ialah kalian harus tahu bagaimana menjaga hubungan jaringan lebih dari sekadar membangun hubungan baru.

Lohikny begini, Apa gunanya mencari teman baru, dan hubungan yang baru, akan tetapi tidak pernah berbicara atau setidaknya mendiskusikan sesuatu?

Kalau memang berat untuk melanjutkan pembicaraan, coba saja ikuti topik yang dibahas tadi. Selain itu, pastikan kalian memiliki dialog dan bukan monolog yang membuat lawan bicara merasa malas.

3. Terlalu Banyak Meminta Bantuan

Kesalahan jaringan virtual yang ketiga, ialah meminta terlalu banyak bantuan, biasanya kalian dengan tanpa disengaja tidak mengetahui bahwa hal tersebut adalah sebuah kesahalan yang telah diperbuuat.

Perlu kalian ingat setiap kalian menginginkan hubungan atau jalinan yang profesional, percakapan perlu kalian ubah, jangan samakan saat berbicara ketika kalian berbicara dengan kenalan barunya.

Jika kalian merasa tertarik dengan sebuah perusahaan dan kemudian ingin mempelajari pengalaman kerja para karyawannya? Jika itu pertanyaannya maka tidak masalah. Permintaan bantuan yang harus dihindari antara lain meminta data perusahaan, mewawancarai seluruh karyawan, dan hal-hal lain yang dapat menimbulkan masalah.

4. Ambil Pendekatan Paling Umum

Kesalahan yang keempat saat berjejaring adalah mengirimkan pesan yang terlalu generik atau umum, baik melalui email, LinkedIn, atau sarana lainnya.

Pesan umum yang disebutkan di sini bisa seperti boilerplate dan dikirim ke banyak orang, hanya mengubah namanya.

Jika saya mengutip pernyataan Lital Marom, pendiri UNFOLD Media Group, di Forbes, pertama-tama penting untuk melihat profil orang tersebut, mempelajari lebih lanjut tentang mereka, dan kemudian mengirim pesan.

Mungkin ada hal-hal menarik yang menjadi ketertarikan bersama, sehingga perbincangan menjadi semakin menarik. Pengirimnya pasti akan lebih senang jika pesannya lebih personal dan tidak seperti stereotype, lho.

5. Tidak Memperhatikan Penampilannya Selama Acara Berlangsung

Jika kita berbicara tentang berkirim pesan lagi, kali ini kesalahan sering dilakukan di acara jejaring virtual. Semua orang menyalakan kamera, mendengarkan orang lain dan menunggu giliran mereka.

Yang sering menjadi permasalahan, banyak orang yang menyepelekan cara pandang mereka di depan kamera, “Ah, itu hanya virtual.” Dengan begitu maka hasilnya adalah bentuk yang tidak rapi, background yang berantakan, dan tampilan yang tidak profesional.

Ini adalah lima kesalahan paling umum saat menghubungkan ke jaringan virtual. Setelah kalian mengetahuinya lewat artikel ini, usahakan untuk menghindarinya. Usahakan untuk selalu berusaha profesional, tapi jangan terlalu kaku juga.

Baca juga: Ethical Leadership, Sikap Seorang Pemimpin yang Amanah

Jika kalian ingin mendapatkan beberapa saran karir yang bermanfaat, kalian dapat mencoba mendaftar di blog Jobnas. Kalian bisa mendaftarkan langsung alamat email yang kalian punya, maka secara otomatis tips tentang jaringan, branding, dan lainnya akan dikirimkan langsung ke kotak masuk kalian.

Jika kalian merasa tertarik? Segera daftarkan email kalian sekarang juga. Gratis!

0
3531