Mengenal Berbagai Hambatan Komunikasi di Kantor, Agar Kerjamu Lebih Efektif

Mengenal Berbagai Hambatan Komonikasi di Kantor, Agar Kerjamu Lebih Efektif

Jobnas.com – Agar dapat bekerja dengan lancar, maka sangat perlu kalian untuk mengenali berbagai hambatan komunikasi yang ada di kantor.

Hal-hal ini mungkin tampak sepele di mata orang-orang, tetapi ketika menjadi kebiasaan, mereka memastikan bahwa produktivitas tidak akan berkualitas tinggi. Menurut kalian, apakah ada hambatan komunikasi dalam bentuk apa pun? Mengapa ini buruk bagi aliran komunikasi antara pekerja?

Untuk mengetahui jawabannya. Jobnas akan menjelaskan 5 hambatan saat berkomunikasi di kantor. Seproduktif apa pun kalian jika komunikasimu di kantor buruk maka tidak akan berarti lagi di mata rekan kerjamu.

Kurang Perhatian Selama Percakapan

Hambatan paling umum untuk komunikasi di kantor adalah kurangnya perhatian karyawan selama melakukan percakapan dengan rekan-rekan kerja lainnya.

Sebenarnya, ini tidak hanya terjadi dalam percakapan, tetapi karyawan mungkin tidak memperhatikan materi yang disajikan selama rapat.

Hal ini biasanya disebabkan oleh karyawan yang terganggu oleh notifikasi smartphone, sehingga sering mengganggu percakapan orang lain.

Jadi langkah terbaik untuk mengantisipasi hal ini melakukan “manajemen perhatian”. Berikut adalah dua hal yang dapat membantu kalian dalam proses “mengelola perhatian”.

  • Fokus pada satu percakapan pada satu waktu.

Saat percakapan penting, cobalah untuk tetap fokus pada percakapan dan hindari fokus bersama.

  • Cari tahu kapan Anda bisa berkonsentrasi:

Percakapan penting harus dilakukan saat konsentrasi Anda masih bagus. Coba atur waktu ketika fokus dan energi Anda segar.

Sikap dan Keadaan Emosional

Selanjutnya, hambatan komunikasi di tempat kerja adalah dipicu oleh keadaan dan sikap emosional pekerja.

Ketika karyawan berada di bawah tekanan dari masalah pribadi atau profesional, mereka terpengaruh oleh keadaan emosional mereka dan cenderung salah menafsirkan pesan dari supervisor.

Saya perlu istirahat dan mengambil cuti kerja. Dengan begitu, kalian bisa menyampaikan pesan tersebut kepada atasan atau rekan kerja kalian nantinya.

Minimnya Kemampuan Komunikasi Non-Verbal

Komunikasi non-verbal adalah salah satu faktor terpenting di tempat kerja. Kurangnya keterampilan komunikasi non-verbal dapat menjadi penghalang komunikasi di kantor.

Apa yang tidak kalian katakan sama pentingnya dengan apa yang kalian katakan. Pastikan bahasa tubuh kalain menyampaikan pesan perhatian, kebaikan, dan penerimaan.

Pertahankan kontak mata saat berbicara dan mendengarkan. Kemudian hindari gerakan seperti mengangkat alis atau menyilangkan tangan. Ekspresi wajah dan gerak tubuh yang salah juga dapat meninggalkan kesan yang buruk.

Budaya dan Bahasa

Budaya dan bahasa merupakan hambatan lain dalam komunikasi di kantor. Budaya yang berbeda memiliki kebiasaan dan praktik yang berbeda pula dalam hal komunikasi.

Bahasa juga dapat menjadi penghalang ketika pekerja berhubungan dengan orang-orang dari berbagai bahasa. Oleh karena itu, pekerja dan manajernya harus memastikan bahwa komunikasi dilakukan dengan bahasa yang sederhana untuk menghindari kesalahpahaman.

Selain itu, karyawan harus fasih berbahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang umum digunakan di dunia kerja.

Kurangnya Budaya Timbal Balik

Faktor terakhir yang menghambat komunikasi di kantor adalah kurangnya budaya timbal balik. Biasanya, karyawan hanya bisa mendapatkan timbal balik jika mereka mempresentasikannya kepada atasan mereka.

Di sisi lain, karyawan umumnya tidak bertanya ketika penjelasannya tidak jelas. Oleh karena itu, budaya timbal balik sekarang perlahan-lahan dibangun dan ditingkatkan di kantor-kantor.

Manajer perlu memberikan umpan balik. Demikian pula, karyawan harus mengajukan pertanyaan jika mereka merasa tidak puas jika ada pesan-pesan tersebut belum tersampaikan secara memadai.

Begitulah penjelas Jobnas mengenai 5 hambatan komunikasi di kantor yang perlu kalian ketahui. Pada dasarnya, hal-hal ini tidak boleh menjadi kebiasaan. Ketika komunikasi di tempat kerja terus terhambat, kualitas pekerjaan dan angka produktivitas dengan sendirinya akan menurun.

Baca juga: Mempelajari Peran dan Pentingnya Newsletter

Jika kalian masih memiliki banyak pertanyaan seputar masalah dan kendala produktivitas kerja, kunjungi Blog Jobnas. Di sana banyak sekali artikel-artikel yang membahas perihal kehidupan kantor, di sana juga disediakan kolom komentar agar soal-soal ketidakpuasan yang ada dalam diri kalian bisa tersampaikan dan mendiskusikan semuanya di sana. Jika kalian Tertarik akan hal itu. Silakan baca terus artikel jobnas. Oke!

0
68