Gunakan 4 Research Panel Provider Ini Jika Butuh Responden Cepat untuk Riset Pasar 

Google News
Gunakan 4 Research Panel Provider Ini Jika Butuh Responden Cepat untuk Riset Pasar 
Gunakan 4 Research Panel Provider Ini Jika Butuh Responden Cepat untuk Riset Pasar 
Daftar Isi

Gunakan 4 Research Panel Provider Ini Jika Butuh Responden Cepat untuk Riset Pasar 

Jobnas.com – Research panel provider dapat menjadi alternatif saat kamu kesulitan mendapatkan responden untuk riset pasar di Indonesia.  Untuk mendapatkan responden, tentu saja dengan memanfaatkan panel provider akan memangkas waktu yang dibutuhkan. Di samping efisiensi waktu, kamu juga tidak perlu repot-repot mencari responden sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan.

Pasalnya, penyedia layanan akan menyesuaikan kriteria yang kamu butuhkan dengan database responden mereka. Sepertinya, penyedia layanan seperti ini tidak terlalu terkenal. Meski demikian, beberapa research panel provider berikut dapat menjadi alternatif untuk database responden riset pasarmu.

Baca Juga: Optimalkan Local SEO, Agar Kamu Menguasai Bisnis di Area Lokal

1. Jakpat

Bisa dikatakan, salah satu research panel provider terbesar di Indonesia adalah Jakpat. Dikutip dari situs resminya, Jakpat telah mempunyai klien hingga lebih dari 383 perusahaan di seluruh dunia.

Jakpat telah menyelesaikan lebih dari 10.138 proyek riset pasar dengan database yang mencapai lebih dari 738.536 responden. Di samping itu, Jakpat juga menyediakan layanan translasi dari bahasa Indonesia ke berbagai bahasa untuk meningkatkan layanan dan memudahkan periset menjangkau pasar asing.

Layanan translasi yang disediakan mulai dari bahasa Inggris, Korea, Jepang, Mandarin, India, Vietnam, dan Thailand.

2. Populix

Selain Jakpat,salah satu  research panel provider lainnya yang banyak digunakan di Indonesia adalah  Populix. Research panel provider ini berfungsi untuk membantumu melakukan riset pasar baik dengan metode kuantitatif maupun kualitatif.

Di lebih dari 350 kota yang ada di Indonesia, kamu bisa menggunakan layanan Populix untuk menjangkau target pasar. Menurut laman resminya, saat ini Populix telah memiliki lebih dari 100 ribu responden yang dapat membantu riset pasarmu.

Kamu dapat memilih responden yang tepat sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan. Selama proses riset berlangsung, kamu juga bisa memantau progres dan hasilnya secara real-time.

3. Nusa Research

Nusa Research bisa dikatakan menawarkan layanan yang cukup lengkap di antara berbagai research panel provider yang ada di Indonesia. Beberapa layanan yang ditawarkan Nusa Research adalah sebagai berikut: .

  • Riset kuantitatif, meliputi riset online, survey omnibus, CLT, wawancara face-to-face, dan survey melalui telepon (CATI)
  • Riset kualitatif, seperti focus group discussion dan mystery shopping
  • Layanan analisis yang meliputi analisis korespondensi, analisis konjoin (ACBC), analisis cluster, dan analisis jawaban terbuka.

Baca Juga: Hal yang Mengasyikkan dan Menguntungkan dari Instagram Story Template

Nusa Research juga menawarkan layanan yang berkaitan dengan B2B, selain layanan di atas. Dikutip dari situs resminya, Nusa Research menyebut bahwa kualitas responden dalam database mereka disusun berdasarkan 25 atribut. Atribut-atribut tersebut meliputi sebagai berikut.

-Faktor dasar, termasuk usia, gender, status penduduk, status pernikahan, dan pendapatan pribadi per bulan.

-Pekerjaan

-Tingkat pendidikan

-Struktur keluarga, meliputi status anak, pendapatan keluarga per bulan, jumlah anggota keluarga, dan tipe rumah.

-Properti yang dimiliki seperti rumah, mobil, gadget, dan sebagainya.

-Penggunaan internet

-Faktor pendukung lainnya seperti hobi, media sosial, dan lainnya.

4. TGM Research

TGM Research merupakan research panel provider di Indonesia yang bisa menjadi alternatif selanjutnya. Untuk menjadi perwakilan nasional dan bebas bias,  TGM Research memiliki panel online opt-in ganda di Indonesia yang direkrut dari berbagai sumber.

Panel riset pasar yang mereka miliki adalah para responden yang sudah setuju untuk ikut serta dalam proyek riset pasar. Termasuk riset kuantitatif atau kualitatif seperti in-depth interview, survei online, FGD, atau board discussion.

Saat ini, di seluruh Indonesia TGM Research memiliki 66.700 responden aktif yang tersebar. Hanya dalam hitungan jam, kamu bisa menjangkau para responden tersebut dan mendapatkan data yang dibutuhkan.

Baca Juga: Dampak Perppu Cipta Kerja bagi Pekerja

Demikianlah penjelasan Jobnas.com mengenai beberapa hal terkait empat research panel provider yang berguna untuk meriset responden. Meski belum populer, empat research panel provider yang tersedia di Indonesia saat ini dapat cukup membantu dalam menyelesaikan riset pasar yang kamu lakukan.