Cek Status BPJS Kesehatan Paling Mudah

Cek Status BPJS Kesehatan Paling Mudah

Jobnas.com – Cek status BPJS Kesehatan aktif atau tidak penting sekali untuk diketahui karena banyak manfaatnya. Hal ini untuk tahu apakah Anda terdaftar di salah satu bantuan yang diberikan BPJS Kesehatan atau tidak. Salah satu syarat menerima BLT adalah terdaftar aktif di BPJS.

Selain itu, cek status berguna untuk mengetahui apakah Anda perlu membayar iuran BPJS Kesehatan atau tidak. Bisa juga agar Anda mendapatkan layanan BPJS Kesehatan yang pentin untuk pelayanan kesehatan. Semua alasan harus dilihat dari status keaktifannya. 

Cek Status BPJS Kesehatan Online dan Offline

Untuk mengetahui Cek Status BPJS Kesehatan, Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara. Cara tersebut dapat dilakukan secara online dan hanya melalui perangkat telepon saja sehingga lebih praktis dan dapat dilakukan dimana saja dan kapanpun.

1. Cek Status BPJS Kesehatan dengan Mobile JKN

Berikut cek status BPJS Kesehatan dengan NIK melalui Mobile JKN:

  1. Buka aplikasi Mobile JKN di Hp Anda .Jika tidak memilikinya, Anda perlu mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.
  2. Selanjutnya, login menggunakan NIK yang ada di KTP. Lalu, masukkan passwordnya dengan benar.
  3. Sebelum login, Anda akan diminta untuk memasukan captcha yang berfungsi untuk mengkonfirmasi bahwa Anda bukan robot. Masukkan sesuai dengan perintah dan gambar yang ada di aplikasi tersebut.
  4. Jika sudah selesai, klik Login.
  5. Anda akan masuk ke beranda utama dari Mobile JKN. Klik menu peserta.
  6. Di menu tersebut akan terlihat status keaktifan Anda sebagai peserta BPJS. Apakah masih bergabung dengan JKN KIS atau tidak.

Cara melalui aplikasi cek BPJS Kesehatan ini sangat mudah diterapkan. Anda cukup menyediakan jaringan internet yang stabil agar bisa menjalankan perintah.

2. Cek Status BPJS Kesehatan Lewat CHIKA

Tentang Layanan CHIKA

Metode selanjutnya yang dapat dilakukan untuk cara cek BPJS Kesehatan di Hp yaitu melalui CHIKA. CHIKA atau Chat Assistant JKN adalah layanan bot yang bisa memberikan informasi dan menjawab permasalahan Anda mengenai layanan BPJS.

CHIKA akan memproses pertanyaan Anda dan menjawab sesuai dengan sistem yang sudah disetting sebelumnya. Jadi, ini akan terlihat seperti google assistant yang memberikan Anda jawaban dari berbagai masalah atau pertanyaan yang diinginkan.

Menariknya, aplikasi ini dapat diakses melalui berbagai media sosial, contohnya seperti Facebook, Instagram, Telegram sampai dengan Whatsapp yang banyak digunakan oleh banyak orang.

Cara Cek Status BPJS Pakai CHIKA

Berikut adalah langkah-langkah cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak melalui CHIKA:

  1. Chat melalui aplikasi media sosial yang Anda miliki. Untuk Facebook Messenger: BPJSKesehatanRI, untuk telegram: @Chika_BPJSKesehatan_bot, kemudian untuk cek status BPJS Kesehatan via WA bisa menghubungi nomor berikut: 08118750400.
  2. Selanjutnya, Anda perlu memilih Cek Status Peserta.
  3. Kemudian, masukkan nomor peserta atau NIK Anda.
  4. Jangan lupa untuk memasukkan tanggal lahir yang sesuai dengan penulisan yang diminta (apakah pakai angka atau huruf).
  5. Setelah berhasil melakukan input sesuai dengan yang diminta CHIKA, bot tersebut akan secara otomatis memberikan informasi tentang status Anda di BPJS Kesehatan.

3. Melalui Care Center

Masih belum bisa mengetahui status kepesertaan Anda melalui cara diatas? Anda bisa menggunakan alternatif lainnya yaitu menggunakan Care Center BPJS Kesehatan.

Care Center adalah layanan yang berbasis telepon sehingga bisa dipakai baik untuk telepon rumah maupun Hp.

Layanan I65 sampai jam berapa? Pelayanan Care Center ini dapat digunakan dan diakses 24 jam penuh.

Dengan demikian, jika terjadi kendala sewaktu-waktu dari BPJS, Anda bisa langsung menghubungi Care Center ini. Sampaikan keluhan sampai bertanya terkait status BPJS bisa dilakukan dengan mudah.

Berikut adalah tutorial cek status BPJS Kesehatan mandiri:

  1. Telepon ke nomor Care Center BPJS 165.
  2. Kemudian, klik layanan 1 untuk mengetahui statusnya.
  3. Kemudian, pilih opsi untuk mengetahui status kepesertaan.
  4. Tuliskan nomor peserta atau NIK di dial ketika Anda menghubunginya.
  5. Selanjutnya, masukkan tanggal lahir.
  6. Bot boice interactive yang disebut VIKA ini akan memberitahukan Anda tentang status aktif tidaknya bergabung ke JKN-KIS.

4.  Customer Service (MCS)

Cara selanjutnya adalah melalui Customer Service dari BPJS sendiri. Ini bisa dilakukan di kantor BPJS secara langsung untuk bertemu dengan CS dan menanyakan perihal status keaktifannya.

Cara ini menjadi pilihan bagi Anda yang sulit mendapatkan akses internet atau tidak terlalu paham dengan penggunaan perangkat seluler.

Oleh sebab itu, umumnya pelayanan MCS ditempatkan di beberapa daerah terpencil agar bisa mendapatkan pelayanan yang sama dengan daerah kota.

Ada pula petugas dari BPJS yang akan melakukan “jemput bola” atau langsung menemui daerah-daerah terpencil untuk memberikan pelayanannya.

Petugas tersebut dinamakan PIPP (Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan). Jika ingin mengecek status aktifnya, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • KK (Kartu Keluarga)
  • KIS (Kartu Indonesia Sehat)

Umumnya PIPP ini akan datang ke kantor pemerintahan seperti kecamatan atau kelurahan, puskesmas, pasar tradisional, pusat kota, kampus, dsb. Jadi, Anda perlu mencari informasi dimana petugas tersebut sedang memberikan pelayanan di dekat tempat tinggal Anda.

5. Petugas BPJS Satu

Selanjutnya adalah mengeceknya melalui petugas BPJS Satu. Hal ini juga merupakan pelayanan yang diberikan BPJS dengan metode tatap muka. Petugas BPJS Satu akan berada di rumah sakit yang menjadi rujukan tersebut.

Anda bisa membedakan petugas BPJS Satu dengan petugas kesehatan lain di rumah sakit yaitu dari warna bajunya. Umumnya, petugas BPJS Satu akan mengenakan rompi berwarna kuning sehingga dapat diketahui dengan mudah.

Anda cukup datangi rumah sakit dan mencari petugas BPJS Satu. Selanjutnya, tanyakan perihal status BPJS Kesehatan. Namun, sebelum itu, Anda perlu membawa berbagai dokumen penting sebagai verifikasi status BPJS. Persyaratannya adalah:

  • Fotokopi KTP atau KK
  • Fotokopi Kartu KIS

6. Cek Langsung Ke Kantor Cabang

Cek BPJS gratis yang terakhir yaitu langsung pergi ke kantor cabang dari BPJS Kesehatan. Ini menjadi cara yang mudah dan praktis karena tidak perlu mencari petugas BPJS Satu atau PPIP untuk mengetahuinya.

Cukup datangi langsung untuk mendapatkan informasi status kepesertaan BPJS Anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Datangi kantor cabang yang dekat dengan tempat tinggal Anda.
  2. Ambil nomor antrian.
  3. Jika dipanggil, maju ke cs dan beritahukan maksud kedatangan.
  4. Cek BPJS Kesehatan dengan NIK ke petugas dan nantinya akan diinformasikan statusnya oleh petugas.

Dengan datang langsung ke kantor cabang, maka proses cek bisa dilakukan dengan jelas. Namun Anda lebih baik pilih hari yang kira-kira tidak ramai dan tidak perlu mengantri.

Baca juga: E Klaim BPJS Ketenagakerjaan, Panduan dan Persyaratan

Demikian cara cek status BPJS Kesehatan yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui statusnya, Anda bisa melakukan bagaimana cara mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan atau untuk mendapatkan berbagai layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Selamat mencoba!

0
39