Cara Pindah Faskes BPJS Dan Cara Pilih Faskes Yang Tepat

Google News
Cara Pindah Faskes BPJS Dan Cara Pilih Faskes Yang Tepat
Cara Pindah Faskes BPJS Dan Cara Pilih Faskes Yang Tepat

Jobnas.com – Program pemberian pelayanan kesehatan dari Pemerintah Republik Indonesia untuk para warga negaranya dikenal dengan istilah BPJS. Saat ini dimungkinkan bagi para peserta BPJS untuk pindah faskes melalui 2 metode Cara Pindah Faskes BPJS.

Faskes BPJS sendiri dibagi menjadi 2 jenis. Yang pertama adalah FKTP yaitu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Kemudian yang kedua adalah FKTL, yaitu Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan.

Meski lokasi faskes sudah ditentukan, akan tetapi melalui berbagai persyaratan tertentu, dimungkinkan jika Anda ingin pindah lokasi faskes. Lalu bagaimana tips memilih, syarat serta cara pindah faskes BPJS? Ikutilah detail penjelasannya di bawah ini.

Alasan Lakukan Pergantian Faskes Tingkat 1

Sebenarnya penetapan lokasi faskes tingkat 1 BPJS adalah berdasarkan pilihan mandiri setiap peserta BPJS. Akan tetapi selalu saja ada aktivitas anggota yang akan melakukan penggantian alamat atau lokasi faskes yang baru. Alasan pindah faskes BPJS antara lain adalah:

  • Faskes yang telah dipilih ternyata tidak memiliki sarana kesehatan yang sesuai dengan yang dibutuhkan peserta BPJS.
  • Pada faskes pilihannya, anggota ternyata tidak mendapatkan pelayanan maksimal sesuai harapan.
  • Lokasi faskes yang terlalu jauh dari wilayah domisili anggota BPJS Kesehatan.
  • Anda harus pindah rumah sehingga terjadi keadaan yang menjadi alasan sebagaimana pada poin sebelumnya di atas.

Perlu untuk dipahami meski disediakan cara pindah faskes BPJS Kesehatan Badan Usaha atau perorangan, akan tetapi cara pindah faskes anggota BPJS Kesehatan hanya dapat dilakukan satu kali saja.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda mempergunakan tips pemilihan faskes BPJS sebagaimana yang akan diuraikan di bawah ini. Hal ini sangat penting agar cara pindah faskes di BPJS Kesehatan yang Anda lakukan dapat berguna secara maksimal.

Tips Memilih Faskes Yang Tepat

Sebelum masuk ke dalam pembahasan syarat pindah faskes BPJS antar provinsi atau antar kota berikut cara pindah faskes BPJS, silahkan simak tips memilih faskes BPJS yang tepat.

  1. Selalu utamakan untuk memilih fasilitas kesehatan yang memiliki lokasi yang berada di wilayah tempat tinggal Anda. Selain demi kenyamanan berobat, Anda juga tak perlu bingung ketika ada kejadian darurat menimpa.
  2. Tips yang kedua, carilah fasilitas kesehatan yang memiliki akses pelayanan kesehatan selama 24 jam. Mengapa? Karena tak ada yang pasti dengan masalah kesehatan, baik bagi Anda atau anggota keluarga lainnya.
  3. Pilih juga fasilitas kesehatan yang memiliki sarana untuk rawat inap. Selain menghemat waktu dan tenaga saat membutuhkan sarana tersebut, Anda juga tak perlu repot mengurus surat rujukan pindah ke faskes lainnya.
  4. Tips terakhir, pastikan juga apabila fasilitas kesehatan yang akan Anda pilih memiliki sarana kesehatan serta pengobatan yang lengkap.

Hal ini demi mencegah kerepotan saat berobat yang mengharuskan Anda dirujuk ke rumah sakit lain karena faskes pilihan ternyata sarananya tak mencukupi.

Cara Pindah Faskes Secara Online

Apabila Anda sudah menentukan fasilitas kesehatan yang akan digunakan sesuai dengan tips di atas, maka berikutnya adalah mengetahui cara daftar pindah faskes BPJS online. Langkah mudah dan sederhana yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Aplikasi Resmi Cara Pindah Faskes BPJS Online 2022

Langkah untuk melakukan pemindahan secara online adalah sebagai berikut:

  1. Masuklah ke aplikasi Google Play Store atau App Store, kemudian unduh dan install aplikasi mobile JKN sebagai aplikasi pindah faskes BPJS.
  2. Setelah aplikasi siap, maka aktifkan aplikasi lalu lakukanla pendaftaran. Pada tahap ini Anda akan diminta beberapa informasi penting dan pribadi. Informasi tersebut meliputi nomor kartu BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, password, serta beberapa info lain.
  3. Jika telah berhasil maka lakukan login.

2. Lakukan Perubahan Data

Setelah aplikasi siap, maka lanjutkan dengan beberapa langkah berikut ini:

  1. Di dalam menu utama aplikasi ambil pilihan berupa Ubah Data Peserta. Pada menu ini nantinya Anda akan dapat melakukan penggantian data sebagai berikut: nomor telepon seluler, email, Kelas BPJS, Faskes.
  2. Langkah berikutnya pada cara pindah klinik berobat BPJS adalah menekan pilihan Faskes 1. Lalu lakukan penggantian data provinsi, kabupaten, dan faskes sesuai dengan data terbaru yang telah Anda tentukan. Jika sudah, maka tekan tombol simpan.
  3. Selanjutnya Anda akan menerima kode verifikasi yang masuk ke dalam alamat email atau nomor telepon seluler yang telah Anda input pada tahap pendaftaran di awal tadi.
  4. Input kode verifikasi yang Anda terima pada bagian kotak yang telah disediakan, lantas tekan tombol verifikasi.
  5. Ketika proses verifikasi telah selesai, maka selanjutnya Anda akan menerima notifikasi mengenai konfirmasi perubahan faskes tingkat satu yang baru. Di dalamnya juga akan tertera kapan perpindahan faskes baru dapat mulai Anda pergunakan.

Cara Pindah Faskes Secara Offline

Selain cara pindah faskes BPJS online, kepindahan faskes Anda juga dapat dilakukan secara offline. Langkahnya hanya dengan mendatangi secara langsung kantor BPJS terdekat. Agar tak salah langkah, silahkan ikuti tahapannya sebagai berikut:

  1. Carilah kantor pelayanan administrasi BPJS Kesehatan terdekat yang berada di sekitar tempat tinggal Anda.
  2. Jika sudah menemukannya, segera lakukan kunjungan ke kantor BPJS Kesehatan tersebut.
  3. Di sana, lakukan pengisian formulir yang disediakan untuk melakukan penggantian faskes. Formulir ini dapat Anda peroleh pada loket pendaftaran kantor BPJS Kesehatan.
  4. Setelah formulir Anda isi dengan data yang lengkap dan sesuai, maka lakukan cek data sekali lagi.
  5. Jika sudah segera serahkan formulir berikut dokumen persyaratan pendukung lainnya ke petugas BPJS Kesehatan yang sedang bertugas.

Syarat Pindah Fasilitas Kesehatan

Ada beberapa syarat pindah faskes BPJS gratis yang harus Anda penuhi untuk melakukannya. Syarat pindah faskes BPJS antar kota atau di dalam kota, baik bagi badan usaha ataupun perorangan, yang utama adalah Anda telah menjadi peserta minimal tiga bulan.

Oleh karena itu permintaan cara pindah faskes bpjs sebelum 3 bulan sudah pasti akan ditolak jika usia kepesertaan Anda kurang dari tiga bulan. Selain itu ada beberapa syarat lain yang juga harus Anda penuhi, antara Lain adalah:

  • Identitas diri berupa E KTP yang masih berlaku.
  • Kemudian tentu saja Kartu Peserta BPJS Kesehatan.
  • Sertakan juga Kartu Keluarga Anda.
  • Daftar kolektif gaji. Syarat ini berlaku bagi para PNS, anggota TNI dan Polri serta PPNPN.
  • Lampirkan bukti pembayaran bulanan hingga bulan pelaporan jika Anda berniat untuk melakukan pindah kelas juga.
  • Salinan buku tabungan pribadi selama 3 bulan terakhir, bagi perubahan kelas 3 menjadi kelas 1 atau  kelas 2.
  • Syarat yang terakhir, lampirkanlah Surat keterangan domisili, kuliah, atau kerja bagi anggota yang berasal dari luar kota.

Baca juga: Kompetensi Kerja, dari Pengertian, Manfaat, Tujuan Hingga 8 Cara Melakukannya

Itulah uraian serta tutorial singkat tentang cara pindah faskes BPJS. Sekali lagi ingatlah jika cara pindah ini hanya dapat dilakukan sekali saja, jadi pertimbangkan masak-masak ya!